Kompas.com - 18/10/2021, 21:28 WIB
Ilustrasi tempat tidur hotel, kasur hotel. FREEPIK/MRSIRAPHOLIlustrasi tempat tidur hotel, kasur hotel.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nyeri punggung adalah suatu kondisi menyakitkan yang dikaitkan dengan berbagai alasan. Salah satunya, kasur yang digunakan untuk tidur. 

Hal ini karena adanya tekanan pada tulang belakang, yang diakibatkan oleh posisi duduk atau berbaring yang tidak wajar dalam waktu lama. 

Baca juga: 5 Pilihan Kasur Ekstra untuk Tamu yang Menginap

Dilansir dari Times of India, Senin (18/10/2021), menurut UCLA Medical Center, kasur yang tak sesuai dengan goldilocks zone (zona layak pakai) dari kekerasan dan keempukan dapat menyebabkan ketidaknyamanan serta nyeri punggung kronis.

Jika merasakan nyeri punggung setelah bangun tidur atau dalam 10-30 menit setelah bangun tidur, kasur bisa jadi penyebabnya, terlebih bila merasa punggung lebih baik setelah berjalan-jalan dan meregangkan tubuh.

Apabila terus-menerus merasa gelisah saat tidur dan terus berguling-guling sepanjang malam bersama dengan tekanan yang meningkat pada persendian, kamu mungkin perlu mengganti kasur. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Kasur Tanpa Perlu Dicuci

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kasur yang sesuai dengan goldilocks zone sangat penting dalam memerangi nyeri punggung. Kasur yang memiliki tekstur sedang hingga keras dapat mengurangi kemungkinan nyeri punggung dibanding kasur yang lebih empuk dan lebih keras.

Kasur yang keras akan menambah tekanan pada tulang belakang. Sebaliknya, kasur yang empuk tidak akan menopang tulang belakang.

Kasur harus mampu menopang seluruh tubuh, terutama keselarasan tulang belakang dan lengkungan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Urine Hewan Peliharaan pada Kasur

Membeli kasur baru 

Ketika beralih ke kasur baru, punggung akan melewati fase transisi karena tubuh terbiasa dengan kasur yang digunakan tidur sebelumnya.

Jadi, jika kasur baru lebih mendukung, itu dapat menyebabkan nyeri punggung karena butuh waktu untuk menyelaraskan kembali tulang belakang ke posisi netral. 

Baca juga: Kenapa Kasur Hotel Sangat Nyaman? Ternyata Ini 6 Penyebabnya

Ini juga membutuhkan waktu karena pada awalnya pegas dan busa kasur secara bertahap melunak serta sejajar dengan posisi tulang belakang.

Masa transisi bisa memakan waktu hingga 21 hari dan kamu akhirnya mulai merasa lebih baik tidur di kasur baru. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.