Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Ini Cara dan Waktu Terbaik Menjemur Aglonema

Kompas.com - 02/08/2021, 12:47 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain disiram dan diberikan pupuk, tanaman aglonema juga perlu dijemur untuk mendapatkan paparan sinar matahari.

Menjemur aglonema perlu dilakukan untuk membuatnya sehat, subur, serta memiliki tampilan yang cantik. Akan tetapi, ada banyak hal yang perlu diperhatikan saat menjemur aglonema, baik dari waktu penjemuran maupun durasinya. 

Dikutip dari kanal YouTube Shanz Berkebun, Senin (2/8/2021), berikut ini cara menjemur aglonema dan waktu terbaik menjemurnya. 

Baca juga: Paket Lengkap Perawatan Aglonema agar Sehat, Subur, dan Bebas Jamur

Bersihkan daun aglonema sebelum dijemur

Sebelum melakukan penjemuran, tanaman aglonema perlu dibersihkan terlebih dahulu dengan cara disemprot dan dilap menggunakan kain serta tisu bersih.

Hal ini bertujuan agar debu yang menempel pada daun bisa hilang sehingga sinar matahari yang diserap daun aglonema bisa lebih maksimal. 

Baca juga: Ciri-ciri Aglonema Mengalami Stres dan Cara Mengatasinya

Jemur pada pagi hari untuk proses fotosintesis

Waktu terbaik menjemur aglonema adalah pada pagi hari sekitar pukul 06.00-09.00, tergantung waktu muncul matahari.

Penjemuran aglonema bisa membantu proses fotosintesis dan pengolahan makanan pada daun sehingga membantu pertumbuhan serta perkembangan tanaman aglonema. 

Baca juga: 4 Penyebab Daun Aglonema Mengecil dan Cara Mengatasinya

Jemur pada sore hari untuk mencegah jamur, bakteri, dan virus

Waktu penjemuran aglonema juga bisa dilakukan pada sore hari sekitar pukul 15.00-17.00. Penjemuran pada sore hari membantu tanaman aglonema terhindar dari jamur, bakteri, dan virus yang merusak aglonema.

Durasi penjemuran

Durasi waktu penjemuran tanaman aglonema bisa berbeda-beda, tergantung jenis dan ukurannya. Namun, baik anakan maupun aglonema dewasa, jangan dijemur terlalu lama karena bisa membuat daunnya menjadi gosong atau terbakar.

Baca juga: Tips Sederhana dan Efektif Membuat Aglonema Tumbuh Subur dengan Cepat 

Durasi waktu untuk menjemur anakan aglonema diusahakan hanya selama lima sampai 10 menit saja. Berbeda dengan anakan aglonema, tanaman aglonema dewasa perlu dijemur selama 15-20 menit.

Awasi proses penjemuran

Proses penjemuran harus rutin dilakukan agar pertumbuhan aglonema semakin baik dan daunnya semakin lebar serta rimbun.

Namun, jangan tinggalkan tanaman aglonema yang sedang dijemur karena bisa saja kamu lupa dan membuat tanaman aglonema terlalu lama dijemur sehingga membuat daunnya layu hingga gosong. Jadi, awasi proses penjemuran aglonema di bawah sinar matahari.  

Baca juga: Manfaat Bawang Putih untuk Aglonema dan Cara Pengaplikasiannya

Letakkan aglonema ke tempat rendah cahaya setelah dijemur

Setelah selesai menjemur tanaman aglonema, kamu perlu meletakkannya ke tempat yang rendah cahaya agar tanaman "beristirahat" sementara waktu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com