Kompas.com - 12/07/2021, 22:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Apakah gelas minum masih berbau tidak sedap bahkan setelah dicuci? Hal ini mungkin akan membuat kita merasa jijik saat harus minum air putih dari gelas.

Bau yang timbul bisa amis, atau berbau busuk dan lembap. Rupanya hal ini terjadi karena beberapa penyebab.

Berikut adalah beberapa penyebab gelas masih berbau tak sedap meski sudah dicuci seperti dilansir dari Housewife How To's Do Home Better, Senin (12/7/2021).

Baca juga: 3 Bahan yang Dapat Membersihkan Noda Teh pada Gelas

1. Pemilihan sabun cuci piring 

Salah memilih sabun cuci piring tak hanya membuat gelas menjadi berbau tidak sedap, tapi juga bisa meninggalkan kabut berawan yang membuat peralatan makan tampak tidak bersih meski sudah dicuci.

Seiring waktu, kotoran ini akan menumpuk, dan gelas minum yang dulu bening terlihat tergores dan buram. Jika kamu tidak melakukan apa-apa, hal ini bisa menjadi permanen.

Adanya kabut pada gelas juga menjadi salah satu sumber baunya. Tidak seperti kaca yang sangat halus, bekas yang ditinggalkan oleh sabun pencuci piring justru bisa menahan bakteri. Dan di mana bakteri berkembang biak, bau pun berkembang biak.

Baca juga: Cara Membersihkan Gelas Kaca Bening yang Tampak Keruh

2. Cara mengeringkan yang salah

Lap pengering yang memiliki bahan yang tidak bisa menyerap air dengan baik bisa meninggalkan lapisan tipis pada gelas, peralatan makan, dan piring.

Lapisan licin ini menimbulkan bekas titik-titik air yang mengering di permukaan peralatan makan kita.

Lapisan tipis ini juga dapat menjebak bakteri di antara lapisan itu dan permukaan gelas atau piring. Dan, seperti dijelaskan di atas, di mana bakteri berkembang biak, bau akan terjadi.

3. Akan lebih bau saat lembap

Udara yang lebih hangat dan lembab akan menjadi tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri penyebab masalah.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.