Kompas.com - 19/06/2021, 19:09 WIB
Ilustrasi kamar dengan warna dinding biru. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi kamar dengan warna dinding biru.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam dunia desain interior, ragam warna cat mampu menghasilkan pencahayaan dan estetika pada sebuah ruangan, baik itu warna yang cerah maupun gelap.

Tapi, warna cat gelap biasanya tidak disarankan untuk diaplikasikan pada dinding rumah, karena bisa memberi kesan suram dan membuat ruang jadi tampak sempit.

Meski begitu, mengecat dinding rumah dengan warna cat gelap bukan berarti dilarang, asal kamu bisa mengaturnya dengan baik agar tampak elegan dan indah.

Baca juga: 5 Warna Cat untuk Kamar Tidur Sempit agar Terasa Lebih Luas

Dilansir dari Decor Tips, Sabtu (19/6/2021), berikut ini ada hal-hal yang perlu diketahui sebelum menerapkan warna cat gelap di rumahmu.

Penerapan warna gelap di rumah: mengapa memilih warna gelap?

Pada dasarnya, warna gelap memberi seseorang perasaan mendalam, stabilitas, dan ketenangan.

Beberapa warna gelap seperti abu-abu dan hitam cocok dengan semua ruang. Premis ini juga kerap diterapkan di dunia mode.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi jelas, kamu tidak boleh salah dalam pengaplikasian cat warna gelap. Tidak ada gunanya mengisi ruangan sepenuhnya dengan warna-warna gelap, karena hal itu menghadirkan persepsi ruangan yang terlalu penuh.

Baca juga: 7 Inspirasi Kamar Tidur Warna Ungu

Jadi, kamu tidak perlu mengaplikasikan warna cat gelap di dinding rumahmu secara berlebihan, untuk menghindari estetika yang bertolak belakang.

Nuansa gelap di rumah: kualitas warna gelap

Sebelum memilih cat berwarna gelap, penting untuk menilai kualitas apa yang ditawarkan kepadamu, juga secara umum.

- Warna-warna cat gelap bisa membantu menghasilkan kontras, terutama jika kamu memiliki warna-warna cat terang yang tersebar di ruangan rumah.

Warna cat gelap bisa bertujuan agar kamu mendapatkan penampilan yang menyenangkan dan, tentu saja, daya tarik. Kamu harus ingat bahwa warna gelap memengaruhi emosimu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Decortips
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X