Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dishwasher

Kompas.com - 04/06/2021, 08:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi kini semakin memudahkan seseorang dalam menjalakan aktivitas sehari-hari, salah satunya dalam membersihkan area dapur seperti mencuci piring kotor.

Saat ini, beberapa produsen perlengkapan rumah tangga menawarkan dishwasher atau alat pencuci piring.

Faktanya, kini beberapa masyarakat Indonesia menggunakan perlengkapan ini. Hal ini pun dipaparkan oleh Esther Theresia Tika, Marketing Manager PT Bloomfils International, distributor resmi Meile di Indonesia.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Piring

“Saat ini cukup banyak orang yang menggunakan dishwasher ini. Kelebihannya adalah bisa mencuci piring, gelas, bahkan panci sekaligus dan untuk waktu pencuciannya tergantung siklusnya mulai dari satu hingga 2,5 jam,” ungkapnya dalam acara peluncuran produk terbaru Miele di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Namun, apakah benar jika menggunakan dishwasher ini lebih efektif dalam mencuci piring? Dilansir dari Hunker, ada beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan dishwasher ini, sebagai berikut.

Kelebihan dishwasher

Ada beberapa kelebihan yang didapatkan seseorang saat mereka menggunakan dishwasher seperti berikut ini.

1. Kenyamanan

Mungkin keuntungan terbesar menggunakan mesin pencuci piring adalah kenyamanan dan penghematan waktu.

Baca juga: Tak Hanya untuk Mencuci Piring, Ini Beragam Manfaat Spons

Alih-alih berdiri di atas wastafel menggosok dan membilas piring dengan tangan, cukup masukkan piring dan gelas kotor ke dalam mesin, tekan tombol dan biarkan mesin pencuci piring melakukan pekerjaannya.

Faktanya, Departemen Energi AS memperkirakan bahwa menggunakan mesin pencuci piring dapat menghemat waktu pribadi hingga 230 jam setiap tahun. Adapun mesin pencuci piring tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga membuat piring Anda lebih bersih.

Pencuci piring umumnya memanaskan air hingga 140 derajat, yang jauh lebih panas daripada yang bisa ditoleransi kebanyakan orang, dan itu membersihkan dan mensanitasi piring dengan lebih efektif.

2. Penghematan Energi

Tak hanya dapat menghemat waktu dan tenaga saja, menggunakan dishwasher juga dapat menghemat penggunaan air dan listrik.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com