Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Merawat Bunga Melati Rambat dan di Dalam Ruangan

Kompas.com - 21/04/2021, 16:51 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkenal dengan wanginya yang khas, membuat bunga melati menjadi salah satu bunga yang banyak berada di halaman para pencintanya. Bunga melati merupakan sumber wewangian eksotis di iklim yang lebih hangat.

Dilansir dari Gardening Know How, Rabu (21/4/2021), bunga melati mungkin bisa berupa tanaman merambat atau bisa diletakkan di pot atau tanah.

Sebagian besar tanaman melati ditemukan di daerah beriklim tropis hingga sub tropis, meskipun beberapa dapat tumbuh subur di daerah beriklim sedang.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Melati Putih

Perlindungan dari suhu dingin adalah salah satu aspek terpenting dalam perawatan bunga melati. Tanaman merambat melati yang tumbuh dapat menciptakan perisai wangi di atas teralis, dan pagar.

Sedangkan jenis semak atau yang ditanam di tanah adalah spesimen lanskap yang sangat baik dengan bunga beraroma merah muda, putih, gading atau bahkan kuning.

Perawatan tanaman melati mungkin membutuhkan sedikit usaha, tetapi hasilnya sepadan dengan pekerjaannya. Tidak semua tanaman melati harum, tetapi yang paling umum dan kuat menghasilkan harum yang manis.

Bunga melati biasa adalah tanaman merambat dan memiliki daun hijau mengilap yang lebih besar dari Melati Royal. 

Baca juga: Simak, Cara Merawat Tanaman Bunga Melati di dalam Ruangan

Sedangkan melati Arab atau star jasmine adalah semak kecil dengan daun hijau sepanjang tahun. Keduanya dapat bertahan hidup di iklim sedang jika ditanam di tempat yang terlindung.

Ada banyak varietas tanaman melati lainnya yang paling cocok untuk iklim sub tropis.

Mempelajari cara menanam melati akan menambah sentuhan visual dan penciuman yang mencolok pada taman.

Lokasi hangat terlindungi

Agar melati bisa tumbuh subur, pilih lokasi yang hangat dan terlindungi. Varietas vining atau merambat membutuhkan struktur pendukung karena beberapa bisa mencapai tinggi 15 kaki atau 4,5 meter. Semua tanaman melati lebih menyukai matahari daripada tempat teduh terang dengan tanah yang cukup subur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com