Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kucing Tersedak Bola Bulu? Ini Penyebab dan Solusinya

Kompas.com - 09/04/2021, 17:11 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah bola bulu pada hewan peliharaan terutama kucing memang sulit ditangani oleh pemilik hewan. Namun, di sisi lain melihat kucing tersedak, dan batuk karena bola bulu ini menjadi hal yang mengerikan.

Seperti yang dilansir dari Pet Helpful, Jumat (9/4/2021), sekitar 25 persen, kucing menghabiskan waktu untuk merawat tubuhnya, seperti menjilati seluruh tubuhnya.

Tindakan kucing menjilati tubuhnya ini menjadikan bulu termakan oleh kucing. Semakin bertambah usia kucing, mereka semakin merawat diri dan bola bulu ini menumpuk di saluran pencernaan.

Baca juga: Kucing Betina Bisa Hamil Lagi Saat Masih Menyusui?

Penumpukan bola bulu ini terjadi pada kucing dari semua jenis dan bulu panjang. Bahayanya, bola bulu yang menumpuk di dalam tubuh kucing, akan menyebabkan penyumbatan usus dan masalah kesehatan yang lebih serius.

Ada beberapa tanda, jika kucing tersedak bola bulu mulai dari tersedak, muntah, kelesuan, sembelit, kehilangan selera makan, penurunan berat badan, diare, dan perut bengkak.

Apa Penyebab Bola Bulu pada Kucing?

Bola bulu sering kali merupakan hasil dari perawatan kucing. Lidah kucing itu seperti velcro, papillanya miring dan secara harfiah "mengait" benda.

Seiring bertambahnya usia, lidah kucing menangkap bulu yang rontok dan kemudian tertelan. Semakin banyak bulu yang tertelan, semakin banyak bulu yang menumpuk hingga akhirnya terbentuklah bola bulu, dan bulu ini sulit untuk dicerna.

Baca juga: Mengapa Kucing Tiba-tiba Batuk? Ini Penyebabnya

Akhirnya, bergantung pada ukurannya, ia dipaksa keluar dari perut dan dimuntahkan melalui kerongkongan.

Inilah mengapa Anda mendengar bunyi retakan, muntah, dan tersedak tepat sebelum keluar. Untuk mengatasi bola bulu yang termakan oleh kucing ada beberapa langkah, sebagai berikut:

Menyikat Biasa: Menyisir atau menyikat secara teratur sangat penting untuk semua jenis bulu kucing, tetapi sikat jenis karet sangat berguna. Cobalah menyikat kucing Anda sekali sehari. Dan bawalah kucing ke pet shop untuk perawatan yang lebih khusus.

Nutrisi yang Tepat: Beberapa produsen makanan kucing menyediakan formula untuk membantu bola bulu ini melewati saluran pencernaan kucing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com