Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Membunuh Rumput Liar di Celah Konblok dan Halaman Rumah

Kompas.com - 30/03/2021, 08:02 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumput liar dan gulma yang tumbuh dari retakan trotoar, jalan masuk, dan teras adalah gangguan yang umum terjadi.

Seringkali, tanaman tampak tumbuh lebih baik di celah-celah kecil ini daripada di halaman dan taman. Ini menentang semua logika karena permukaan trotoar adalah tempat yang sangat panas dan kering di mana Anda mungkin berpikir tidak ada yang bisa bertahan.

Namun, dilansir dari The Spruce, Selasa (30/3/2021), rumput liar dan gulma yang kuat ini tidak hanya bertahan hidup, tetapi juga tampaknya tumbuh subur secara positif di tanah tak bertuan dengan trotoar panas terik ini.

Baca juga: Apakah Cuka Dapat Membubuh Gulma? Ini Penjelasannya

Selain itu, rumput liar yang tumbuh melalui celah-celah di trotoar sangat sulit dikendalikan. Cukup mudah untuk memetik bagian atas rumput di permukaan jalan, tetapi tanpa mengekstraksi seluruh akar, tanaman sering bertunas kembali.

Mengapa rumput liar menyukai celah ini? 

Retakan di jalan masuk dan trotoar mengandung banyak sekali tanah dan bahan organik, tempat tidur yang sempurna untuk rumput dan benih gulma.

Kelembaban yang merembes ke jalan masuk dan retakan trotoar mungkin bertahan lebih lama daripada di bagian lanskap lainnya.

Jalan masuk menahan kelembaban di bawah permukaan, seperti halnya mulsa, dan tanaman apa pun yang mengirim akarnya ke bawah lempengan memiliki akses ke kelembaban yang terperangkap ini.

Baca juga: Cara Membuat Herbisida di Rumah, untuk Membasmi Gulma

Beberapa rerumputan dan gulma tumbuh subur dalam cuaca panas. Crabgrass, misalnya, merupakan rumput tahunan musim hangat yang tumbuh subur di jalan masuk dan retakan halaman atau konblok. Bijinya sangat kecil dan dapat menembus celah terkecil.

Quackgrass bahkan lebih kejam karena merupakan gulma abadi yang dapat bertahan meskipun hanya potongan kecil akar yang tertinggal di bawah lempengan. Jika bagian rumput yang terbuka dihilangkan, tunas baru akan muncul dalam waktu singkat.

Membasmi gulma di halaman rumah atau celah konblok

Ada beberapa cara untuk mengatasi gulma atau rumput liar yang tumbuh di halaman atau celah-celah conblock sebagai berikut:

Air mendidih: Jika rumput yang tidak diinginkan ada di dekat pintu dapur, tuangkan sisa air mendidih dari kompor ke rumput liar, bukan ke saluran pembuangan.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com