Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal di Dalam Rumah yang Membuat Anda Bersin

Kompas.com - 12/03/2021, 17:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun terlihat lebih aman dan bersih, namun berada bahkan beraktifitas di dalam rumah juga memiliki risiko untuk sakit.

Terlebih lagi jika keadaan rumah yang berantakan dan jarang dibersihkan, hal ini akan membuat rumah memiliki debu di beberapa areanya. Dampaknya adalah pemilik rumah akan mengalami gangguan kesehatan seperti bersin-bersin, hingga alergi.

Seperti yang dilansir dari Good Housekeeping, Jumat (12/3/2021), ada beberapa benda di dalam rumah yang membuat Anda selalu bersih, sebagai berikut. 

Baca juga: 10 Hal di Kamar Tidur yang Memicu Penyakit

Jendela

Tindakan sederhana menghirup udara dingin bisa membuat Anda bersin. Mengapa?

Refleks bersin Anda dimulai ketika ada sesuatu yang mengiritasi saluran hidung Anda atau ketika Anda merangsang saraf yang mengalir melalui hidung Anda (saraf trigeminal, tepatnya).

Udara dingin diketahui dapat melakukan keduanya. Keadaan jendela yang berdebu juga akan memicu Anda bersin, sehingga pembersihan secara berkala dibutuhkan.

Bunga

Memiliki tanaman hias atau bunga di dalam rumah memberikan efek yang bagus, mulai dari lebih sejuk hingga menambah dekorasi di dalam ruangan.

 

Baca juga: 9 Bunga yang Dapat Memicu Alergi

Namun, yang harus diperhatikan adalah beberapa bunga yang diletakkan di dalam vas menghasilkan serbuk sari yang terbawa angin dan cenderung menyebabkan alergi. Aroma kuat yang dihasilkan oleh bunga juga dapat memuci Anda bersin.

Boneka

Mainan lunak seperti boneka berbulu terkenal karena menyimpan tungau. Jika boneka binatang dapat dicuci (periksa label perawatannya), Anda dapat memasukkannya ke dalam mesin setiap beberapa bulan.

Letakkan boneka di sarung bantal terlebih dahulu saat mencucinya untuk melindunginya.

Keset

Jamur menyukai tumbuh di keset, dan saat spora menyebar di udara, mereka dapat menyebabkan Anda bersin. Faktanya, lebih dari 80 spesies diketahui menyebabkan alergi pernapasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com