Kompas.com - 03/03/2021, 07:18 WIB
Ilustrasi furnitur kayu. ShutterstockIlustrasi furnitur kayu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang mungkin dihadapi saat kamu memiliki atau mengoleksi furnitur antik di rumahmu adalah serangan rayap.

Furnitur antik yang kuno memang menjadi sasaran empuk untuk rayap. Hama satu ini biasanya memakan dan hidup di kayu yang sudah tua, yang memiliki sedikit atau tidak ada kelembapan di dalamnya.

Seperti rayap yang menyerang bahan lainnya, rayap dapat hidup di furnitur kayu untuk waktu yang lama, sehingga menimbulkan malapetaka bagimu.

Baca juga: 5 Tanda Kayu di Rumah Dimakan Rayap

Saat kamu menyadari bahwa furnitur antik milikmu terdapat rayap, maka kamu harus segera bertindak untuk menyingkirkannya.

Tapi, mengingat yang diserang oleh rayap adalah furnitur antik, maka kamu tidak bisa menggunakan bahan-bahan kimia yang keras dan berbahaya yang bisa merusak bahan kayu furnitur antik.

Oleh karena itu, singkirkan rayap yang menyerang furnitur antik dengan cara yang lebih ramah dan tidak berbahaya.

Berikut ini 5 cara alami untuk menyingkirkan dan membunuh rayap, seperti yang dilansir dari beberapa sumber, Rabu (3/3/2021). 

Baca juga: 7 Tanaman Ini Mampu Mengusir Rayap dari Rumah

1. Jemur di matahari

Saat ada serangan rayap di furnitur antik milikmu, kamu harus membawanya keluar dan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Meletakkan furnitur antik di bawah sinar matahari selama maksimal 4 jam akan membantu menyingkirkan masalah rayap.

2. Gunakan obat pembasmi rayap alami

Ada obat-obatan alami yang akan membantumu untuk membasmi rayap pada furnitur antik milikmu di rumah.

Daun mimba misalnya, yang merupakan salah satu obat alami terbaik yang baik untuk membunuh rayap.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X