Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Membakar Sampah Daun yang Berguguran, Ini Sebabnya

Kompas.com - 03/02/2021, 13:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membakar daun mungkin merupakan cara paling nyaman dan mudah untuk menyingkirkan daun-daun yang berguguran dari halaman rumah Anda.

Kadang-kadang daun-daun yang berguguran di halaman rumah bisa sangat banyak. Sehingga, ide yang terpikirkan adalah mengumpulkan semua sampah daun tersebut menjadi tumpukan dan membakarnya.

Meski demikian, membakar sampah daun bukanlah hal yang baik dan benar. Ada beberapa alasan mengapa membakar daun adalah ide yang sangat buruk.

Baca juga: Kenapa Ujung Daun Tanaman Kering dan Berwarna Cokelat? Ini Penyebabnya

Daun yang terbakar bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda, berpotensi menyebar, dan menimbulkan asap yang tidak hanya mengganggu tetangga di sekitar, namun juga mencemarkan udara.

Dikutip dari Taste of Home, Rabu (3/2/2021), berikut penjelasan mengenai risiko dan dampak membakar sampah daun di halaman rumah.

Risiko kesehatan

Daun yang terbakar melepaskan zat pengiritasi ke udara yang dapat menyebabkan masalah pernapasan dan masalah kesehatan lainnya. Menurut EPA, membakar daun di area terbuka menghasilkan materi partikulat dan hidrokarbon yang mengandung sejumlah senyawa racun, iritan, dan karsinogenik penyebab kanker.

Partikel mikroskopis dalam asap daun dapat masuk ke bagian terdalam paru-paru Anda dan menyebabkan kerusakan pernapasan, merusak paru-paru, dan bahkan mengurangi jumlah udara yang dapat Anda hirup.

Baca juga: Kenapa Daun Aglonema Layu? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tumpukan daun yang terbakar juga dapat melepaskan karbon monoksida ke udara, yang berbahaya bagi semua orang, terutama bagi bayi baru lahir dan lansia.

Bahaya kebakaran

Sebagian daun yang terbakar di tumpukan daun berpotensi terjebak dalam embusan angin dan terbang menjauh, membawa bara api yang membara bersamanya.

Jika Anda tinggal di daerah yang sangat kering, yang diperlukan hanyalah satu percikan kecil untuk menyalakan api yang bisa berubah menjadi bencana.

Daun yang terbakar bukan hanya risiko kebakaran bagi Anda, tetapi juga berbahaya bagi seluruh lingkungan Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com