Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2020, 10:25 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi kamu yang sudah lama memelihara kucing kesayanganmu di rumah, mungkin akan merasa bersedih kalau ternyata usia kucingmu sudah tua dan bisa saja mereka akan meninggalkanmu selamanya lebih cepat.

Namun, karena kucing tidak memiliki garis halus dan kerutan seperti layaknya manusia, tanda-tanda usia tua pada kucing tidak bisa selalu terlihat jelas.

Perubahan pada kucing peliharaanmu kemungkinan besar dimulai dari dalam saat mendekati tahun keemasannya, dan secara bertahap akan menua seperti manusia.

Baca juga: Kuning Telur Dianjurkan untuk Makanan Kucing, Ini Penjelasannya

Tetapi ada beberapa tanda yang harus kamu waspadai. Dalam artikel kali ini kita akan menjelajah mengenai usia kucing yang dianggap sudah tua, dilansir dari beberapa sumber, Selasa (1/12/2020).

Pada usia berapa kucing dianggap tua?

Kebanyakan kucing mulai dianggap tua ketika mencapai usia 7-10 tahun, pada usia ini mereka mungkin mulai kehilangan gigi, tapi ini tidak bisa menjadi tanda pasti.

Meskipun kucing dianggap sudah tua sejak mereka mencapai usia 7 tahun, beberapa kucing akan memamerkan kejenakaan mereka yang seperti anak kucing hingga masa dewasanya.

Karena tidak ada usia yang pasti kapan hewan peliharaan berubah menjadi kucing tua, kamu harus memerhatikan tanda-tanda tertentu.

Baca juga: Mengapa Kucing Peliharaan Kerap Menatap Kita?

Wajar untuk bertanya-tanya apa yang diharapkan ketika hewan peliharaan kesayanganmu menjadi tua dan apakah momen itu belum benar-benar tiba.

Kucing tua sangat mirip dengan manusia di masa tua dan akan mengalami perubahan pada kemampuan fisik dan mental mereka seiring berjalannya waktu.

Berikut adalah beberapa tanda yang paling umum bahwa kucing peliharaanmu yang sudah berusia lanjut.

Kehilangan ketangkasan

Salah satu hal pertama yang akan kamu perhatikan adalah tingkat energi yang lebih rendah dari biasanya.

 

Baca juga: Kenali Penyebab Kucing Peliharaan Tidak Mau Makan

Tentu saja, hal ini juga bisa disebabkan oleh masalah medis, jadi sebaiknya tanyakan kepada dokter hewan setiap kali kamu melihat perubahan besar pada perilaku kucingmu.

Tetapi perkirakan kucingmu bisa menikmati kehidupan di jalur lambat saat mereka semakin dekat dengan status lanjut usia.

Perubahan dalam rutinitas waktu bermain

Waktu bermain untuk kucing tua kemungkinan terdiri dari sesi yang lebih pendek, pengejaran yang kurang energik dan lebih banyak berjalan di sekitar rumah atau memanjat pohon kucing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com