Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2020, 11:02 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing telah menjadi salah satu hewan yang kerap dijadikan peliharaan oleh manusia karena tingkah laku dan bentuknya yang menggemaskan.

Terdapat banyak pilihan jenis atau ras kucing yang bisa dipelihara oleh manusia, mulai dari kucing domestik, persia, sphynx, hingga savannah dan masih banyak lagi.

Terkait kucing savannah, kamu perlu mengetahui lebih dalam tentang kucing satu ini, yang mana dianggap menjadi salah satu kucing peliharaan termahal di dunia.

Baca juga: 6 Langkah Membersihkan Kandang Kucing

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu, (25/11/2020), kucing savannah atau kucing sabana merupakan salah satu ras kucing hibrida hasil persilangan dari kucing liar serval dari Afrika dengan kucing domestik ras siam, bengal, dan mau mesir yang mulai muncul pada tahun 1980-an.

Kucing satu ini memiliki penampilan layaknya seekor anak macan tutul atau cheetah dengan bola mata ekspresif yang tajam, warna bulu cerah, bintik-bintik hitam kontras yang solid pada bulunya serta telinga besar.

Pencipta kucing savannah adalah seorang peternak kucing ras bengal dari Amerika Serikat yang bernama Judee Frank, yang ingin menciptakan ras kucing baru.

Pada akhirnya, Judee melakukan persilangan ras siam betina dengan serval jantan milik seseorang bernama Suzi Woods.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Mengendus Benda di Sekitarnya?

Karena merupakan hasil persilangan, kucing savannah memiliki beberapa generasi. Generasi persilangan ras savannah pertama disebut dengan F1 yang memiliki 50 persen genetik kucing serval.

Lalu ada generasi kedua yang disebut F2 yang memiliki 25 persen genetik kucing serval. Selanjutnya generasi ketiga yakni F3 yang memiliki 12,5 persen genetik kucing serval.

Generasi keempat disebut dengan F4 yang memiliki 6,25 persen genetik kucing serval. Dan yang terakhir adalah generasi kelima yang disebut dengan F5 yang memiliki 3,12 persen genetik kucing serval.

Sejak tahun 2006, kucing Savannah memegang rekor dunia Guinness Book World Record untuk kucing domestik terpanjang di dunia. Bisa dikatakan kucing savannah adalah hewan yang tidak butuh perawatan kesehatan khusus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com