Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aturan Memilih Warna Cat Eksterior Rumah Menurut Ahli

Warna cat eksterior tidak hanya mempercantik dan memberikan nuansa pada rumah, tapi juga mempengaruhi nilai jual rumah.

Hal tersebut karena warna cat eksterior menjadi salah satu daya tarik rumah yang dapat mempengaruhi pembeli untuk melihat serta mulai menjelajah rumah.

Karena itu, memilih warna cat eksterior rumah tidak boleh dilakukan asal. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar warna cat eksterior dan elemen rumah lainnya dapat berpadu baik.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (23/4/2024), berikut beberapa aturan memilih warna cat eksterior rumah menurut para ahli.

Hannah Yeo, Manajer Pemasaran Warna untuk Benjamin Moore, menyarankan melakukan penilaian visual menyeluruh terhadap permukaan yang tidak direncanakan untuk dicat, seperti atap dan beberapa bagian rumah yang terbuat dari batu bata.

Pemilihan warna juga harus selaras dengan bagian-bagian tersebut. Dalam hal ini, Yeo merekomendasikan mencoba cat putih untuk dinding eksterior dan hijau untuk trim jendela. 

Hal ini dapat menonjolkan warna atap dan nuansa tanah secara elegan. 

Buat pintu depan rumah terlihat besar

Selanjutnya, aturan memilih warna cat eksterior rumah adalah buat pintu depan rumah terlihat besar.

Menurut Sue Kim, Manajer Pemasaran Valspar, perusahaan cat di Amerika Serikat, pintu berwarna sering kali menjadi daftar keinginan pemilik rumah yang ingin memasukkan warna-warna ceria ke ruang eksteriornya tanpa membebani keseimbangan warna rumah.

Untuk estetika yang membangkitkan semangat, Kim merekomendasikan Renew Blue 8003-37D dari Valspar karena menambahkan pesona ramah pada eksterior apa pun.

"Tambahkan sentuhan warna berani atau tidak konvensional pada pintu depan. Pastikan saja rona tersebut berbagi atau melengkapi rona warna lain yang digunakan pada eksterior," ucap Yeo. 

Sebagai alternatif, Anda dapat menerapkan warna yang tidak terduga pada daun jendela jika rumah memilikinya. 

Warna abu-abu melampaui tren dan periode waktu serta melengkapi berbagai bahan bangunan.

Meski tidak ada yang salah denganputih, Kim menyarankan mencoba putih cream dengan warna dasar lebih hangat untuk mendapatkan alternatif lebih lembut dan ramah dibanding putih mencolok. “Ini adalah gaya modern yang tak lekang waktu,” ujar Kim. 

Ashley Banbury, Manajer Pemasaran Warna di HGTV Home, menjelaskan warna-warna netral yang hangat menghadirkan tingkat kecanggihan yang nyaman dan memiliki daya tahan selama bertahun-tahun mendatang. 

Hadirkan nuansa hangat dan nyaman

Aturan memilih warna cat eksterior rumahadalah menghadirkan nuansa hangat dan nyaman. 

Karen Frome, pendiri Rise Project--sebuah firma jasa desain interior dan arsitektur asal New York, Amerika Serikat--menunjukkan dua tren yang kemungkinan besar tidak akan ketinggalan zaman dalam waktu dekat, yakni eksterior putih dengan trim gelap dan coklat dengan karamel. 

Kedua warna cat ini jika dipadukan dapat menciptakan estetika segar serta bersih. 

Frome menjelaskan bagaimana peralihan ke gaya ini mencerminkan perasaan masyarakat yang lebih besar terhadap kejernihan dan kehangatan pada masa yang tidak menentu ini. 

Sesuaikan dengan konteks

Terakhir, aturan memilih warna cat eksterior rumah adalah menyesuaikannya dengan konteks. 

Pastikan mempertimbangkan konteks lingkungan saat membangun rumah baru. Misalnya, konstruksi minimalis yang mencolok dapat dianggap merusak pemandangan atau merupakan inovasi berani di lingkungan bersejarah yang penuh dengan rumah-rumah dari zaman pergantian abad.

Pendekatan yang sama berlaku saat mengecat ulang rumah. Namun, pikirkan lebih dari sekadar bangunan di sekitarnya dan lihatlah lanskap serta alam sekitarnya.

“Baik itu tanaman hijau, garis pantai yang biru, atau warna rumah di sekitar, amati sekeliling Anda serta perhatikan warna yang menyelimuti rumah,”imbuh Yeo.

Yeo merekomendasikan memilih warna cat yang akan menyatu baik dengan warna dasar yang mirip dengan lingkungan sekitar.

“Pilih warna pelengkap yang berlawanan pada roda warna untuk membuat rumah menonjol,” ujar Yeo.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/23/110900676/5-aturan-memilih-warna-cat-eksterior-rumah-menurut-ahli

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke