Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Menanam Bunga Mawar di Dalam Pot

Mawar memiliki tampilan indah dengan kelopak lembut dan warna menawan yang dapat membuat taman lebih berwarna. 

Biasanya, menanam mawar di tanah langsung di kebun. Namun, tidak semua rumah memiliki halaman yang besar dan cara ini dapat menghabiskan banyak ruang.

Untungnya, menanam bunga mawar dapat dilakukan di dalam pot jika tidak memiliki ruang cukup. Cara ini dapat menciptakan taman mawar kecil di sekitar balkon, teras, atau ambang jendela.

Menanam bunga mawar di dalam pot juga dapat memudahkan untuk mengontrol kondisi pertumbuhan tanaman dan menikmati keindahan bunga cantik ini dari dekat.

Pemeriksaan kelembapan, kondisi tanah, serta sistem drainase pada bunga mawar akan lebih mudah dilakukan. 

Menanam bunga mawar di dalam pot terbilang cukup mudah. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tanaman tetap sehat dan berbunga tanpa henti.

Dilansir dariGarden Design, Kamis (18/4/2024), berikut beberapa cara menanam bunga mawar di dalam pot. 

Jenis mawar yang cocok ditanam di dalam pot biasanya memiliki ukuran kecil sampai sedang, seperti mawar mini, poliantha, miniflora, dan small-shrub-roses.

Bahkan jenis mawar groundcover akan tampak cantik di dalam pot, terutama keranjang gantung dan kotak jendela, yang dapat tumpah ke teras atau ruang tamu luar ruangan lainnya.

Untuk tampilan bunga terbaik, pilih varietas mawar yang berbunga berulang dibanding jenis yang hanya mekar sekali per musim.

Banyak kultivar mawar baru yang berbunga terus-menerus dari awal musim panas hingga musim gugur. 

Pilih pot yang tepat

Selanjutnya, cara menanam bunga mawar di dalam pot adalah memilih pot yang tepat. Pilih pot yang proporsional sesuai dengan ukuran bunga mawar, yang dapat menampung bola akar sekaligus memberikan ruang cukup untuk tumbuh.

Umumnya, semakin besar pot, semakin baik karena akar dapat masuk lebih dalam, suhu tanah akan tetap dingin, dan tanah akan mengering lebih lambat.

Namun, pot ukuran besar sangat berat sehingga sulit dipindahkan. Jadi, yang terbaik adalah menempatkannya di tempat yang akan disimpannya selama musim tertentu atau di dudukan beroda yang agar mudah dipindahkan.

Untuk membantu menjaga akar tanaman mawar tetap sejuk dan nyaman, hindari pot berwarna gelap karena menyerap lebih banyak panas.

Ada beberapa jenis pot yang dapat dijadikan pilihan, dari tong wiski bekas, wadah fiberglass, atau resin ringan.

Apa pun jenis pot yang dipilih, pastikan pot emiliki lubang drainase atau buat sendiri beberapa lubang dengan bor. Pot tanpa drainase yang cukup dapat menyebabkan busuk akar. 

Anda juga bisa mencampurkan sedikit perlit ke dalam tanah untuk meningkatkan drainase.

Jangan pernah menggunakan tanah kebun atau tanah lapisan atas dalam wadah. Tanah ini cocok untuk bedengan taman, tetapi terlalu padat dan berat untuk tanaman pot serta tidak memungkinkan sirkulasi udara dan aliran air yang diperlukan untuk pertumbuhan akar yang sehat.

Pastikan tanaman mendapatkan cahaya matahari cukup

Cara menanam bunga mawar di dalam pot lainnya adalah memastikan tanaman mendapatkan cahaya matahari  cukup.

Untuk mekar terbaik, letakkan pot tanaman bunga mawar di lokasi yang menerima setidaknya enam jam sinar matahari setiap hari.

Meski lebih banyak sinar matahari biasanya lebih baik, terlalu banyak sinar matahari dapat membuat pot menjadi terlalu panas dan akar stres, terutama saat cuaca panas atau iklim hangat. 

Perhatikan penyiraman

Sangat penting menjaga tanaman mawar mendapat penyiraman baik karena tanahnya cenderung cepat kering.

Siram tanaman setiap kali tanah bagian atas terasa kering saat disentuh, biarkan tanah menjadi lembap hingga air mengalir dari lubang drainase dan media tanah tidak lagi menggelembung.

Penyiraman setiap hari mungkin diperlukan selama musim panas meski pot tanaman berukuran besar.

Denise Kelly, ahli hortikultura asal California, Amerika Serikat, yang bekerja untuk Variegata Studio, mengatakan terlambat menyiram tanaman mawar dapat membuat air langsung habis karena bola akar sangat kering sehingga mengeluarkan air.

"Namun, tak lama kemudian, air akan terserap ke dalam bola akar dan mulai menggelembung, menandakan udara tersebut ruang-ruang terisi air," ucap Kelly.

Jika rutinitas Anda tidak memungkinkan menyiram mawar di dalam pot setiap hari, cobalah menanamnya di pot yang dapat menyiram sendiri. 

Pupuk dengan benar

Pemupukan juga menjadi cara menanam bunga mawar di dalam pot. Tanaman mawar membutuhkan banyak nutrisi untuk mempertahankan mekarnya, termasuk di dalam pot. 

Menanam bunga mawar di dalam pot memerlukan pemupukan lebih sering dibanding mawar yang ditanam di kebun.

Untuk memupuk tanaman, masukkan pupuk mawar granula ke dalam tanah pot saat menanamnya, bersama dengan segenggam tepung tulang untuk perkembangan akar yang sehat.

Karena seringnya penyiraman menghilangkan nutrisi dari pot, pupuk mawar cair yang diberikan setiap empat hingga enam minggu akan membantu menjaga tanaman tetap berbunga sepanjang musim.  

Pangkas tanaman jika diperlukan

Kebanyakan mawar mini dan kompak memerlukan sedikit pemangkasan. Namun, banyak varietas mawar baru yang dapat membersihkan sendiri sehingga tidak perlu dilakukan pemangkasan. 

Memahami kapan waktu tepat mengganti pot tanaman 

Terakhir, cara menanam bunga mawar di dalam pot adalah mengganti pot tanaman. 

Seiring waktu, tanaman mawar perlu dipindahkan ke pot yang lebih besar agar akar memiliki lebih banyak ruang untuk tumbuh.

Meski ukurannya tidak melebihi potnya, tanah harus kembali diisi setiap beberapa tahun agar tanaman mawar tetap sehat. Sebab, mawar termasuk tanaman yang cepat menyerap unsur hara pada tanah.

Waktu terbaik merepotting atau memindahkan tanaman mawar ke pot baru adalah setelah setahun penanaman pada cuaca dingin saat tanaman tidak aktif.

Waktu ini juga tepat untuk memangkas akar mawar jika sudah terikat akar.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/04/18/194758776/8-cara-menanam-bunga-mawar-di-dalam-pot

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke