Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Cara Memoles Ulang Lantai Kayu agar Tampak Baru

Hal ini lantaran lantai kayu keras memiliki sejumlah keunggulan, seperti membuat rumah tampak lebih mewah, memberikan kesan hangat, cocok dengan berbagai gaya interior, serta permukaannya jauh lebih mudah dibersihkan daripada permukaan kain, seperti karpet. 

Anda dapat memilih dari lantai kayu berwarna coklat muda, abu-abu pucat, coklat kemerahan, hingga coklat gelap tua. 

Bahkan menggunakan lantai kayu keras dapat meningkatkan nilai rumah. Tidak heran, jika banyak orang memilih lantai kayu keras sebagai pilihan untuk lantai.

Namun, seiring waktu, warna lantai kayu keras dapat memudar yang membuat penampilannya kurang menarik. 

Untungnya, lantai kayu keras memiliki kelebihan yang membuatnya unik dari jenis lantai lainnya, yakni kemampuan untuk memolesnya kembali.

Anda dapat memoles kembali lantai kayu keras agar tampak baru lagi daripada menggantinya. Cara memolose lantai kayu juga bagus untuk keberlanjutan serta menghemat anggaran.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum mulai memoles lantai kayu.

Nah, dilansir dari House Digest, Selasa (19/3/2024), berikut cara mengecat ulang lantai kayu agar tampak baru. 

Namun, satu hal yang kebanyakan pemilik rumah lupa lakukan sebelum mengecat lantai kayu adalah menutup ventilasi dan pintu.

Disarankan menutup penutup ventilasi udara dan pintu dengan terpal plastik untuk mencegah debu menyebar ke seluruh rumah.

Setelah selesai, periksa apakah ada papan lantai yang longgar, yang harus diamankan dengan paku akhir untuk mencegah kecelakaan atau kejutan? 

Pilih peralatan pengamplasan yang ramah DIY 

Selanjutnya, cara memoles ulang lantai kayu agar tampak baru adalah menggunakan peralatan pengamplasan yang ramah untuk seorang DIY atau amatiran. 

Para profesional terlatih kemungkinan besar akan menggunakan drum sander saat memoles lantai kayu keras, tetapi sander adalah bencana jika Anda seorang amatir.

Drum sander bisa sangat sulit dikuasai pemula dan memiliki persyaratan ketat. Misalnya, The Spruce menulis bahwa Anda harus mengikuti serat kayu untuk hasil terbaik.

Jadi, meskimemerlukan waktu lebih lama, disarankan menggunakan orbital sander, karena kecil kemungkinannya Anda akan merusak lantai kayu. 

Demi keselamatan Anda, Flooring First merekomendasikan membeli dan menggunakan semua alat pelindung diri (APD) yang diperlukan dengan benar.

Ini termasuk penutup telinga, sarung tangan, pelindung mata seperti kacamata, dan respirator untuk menangani partikel di udara. 

Perbaiki kerusakan besar terlebih dulu

Cara memoles ulang lantai kayu agar tampak baru berikutnya adalah memperbaiki kerusakan besar terlebih dulu.

Lakukan mengevaluasi atau mengecek lantai kayu. Ada kemungkinan Anda perlu melakukan beberapa langkah tambahan sebelum memulai proses pengamplasan.

Jika lantai kayu rusak parah, Anda perlu menggunakan pengisi kayu untuk menambal retakan, lubang kecil, atau goresan besar. 

Ketidaksempurnaan kecil tidak masalah, tetapi sebaiknya mulai mengampelas setelah  memiliki permukaan yang relatif halus untuk dikerjakan. 

Hapus setiap setitik debu

Bersihkan semua debu yang menempel pada lantai kayu. Gunakan vacuum cleaner atau penyedot debu dan kain untuk memastikan setiap titik debu.

Hal itu karena Anda akan menjebak sisa debu, rambut, atau kotoran pada hasil akhir. 

Putuskan apakah menggunakan pewarna atau tidak

Jika menyukai warna alami kayu, Anda tidak perlu khawatir tentang langkah pewarnaan tambahan.

Namun, apabila juga ingin menyegarkan warna lantai kayu, Anda harus memutuskan  warna mana yang akan digunakan.

Satu hal yang perlu diperhatikan, Anda harus berhati-hati saat memilih warna yang lebih gelap. Meski menakjubkan, sebenarnya membuat kotoran dan debu lebih terlihat. 

Oleskan pewarna sedikit demi sedikit, mengikuti serat kayu

Meski noda mungkin lebih mudah ditoleransi dibandingkan cat, masih ada beberapa aturan yang perlu diikuti saat mengaplikasikannya.

Pertama, jangan terlalu ambisius. HGTV merekomendasikan membatasi diri Anda bekerja dengan bagian lantai setinggi 9-121sentimeter sekaligus untuk pengaplikasian yang merata.

Kedua, pastikan pewarna diaplikasikan searah dengan serat kayu. Terakhir, dari segi aplikatornya, singkirkan kuas dan roller-nya. Anda memerlukan spons pewarna atau aplikator bulu domba untuk pekerjaan khusus ini. 

Tentukan jenis hasil akhir yang diinginkan

Menentukan jenis hasil akhir yang dinginkan juga menjadi cara memoles ulang lantai kayu agar tampak baru.

Menurut Pro Floor Tips, tiga hasil akhir utama adalah pengawetan asam, berbahan dasar air, dan poliuretan.

Semuanya memiliki pro dan kontra, tetapi pilihan terbaik bagi pengrajin DIY kemungkinan besar adalah poliuretan.

Ini lebih tahan lama dibanding pelapis berbahan dasar air dan lebih mudah diaplikasikan daripada pelapis yang diawetkan dengan asam.

Anda juga harus menentukan tingkat kilau yang diinginkan, seperti matte, satin, semi-gloss, atau glossy. Satin sering kali disukai karena menawarkan kilau tanpa perlu mempertahankan pilihan yang lebih mengkilap. 

Berikan waktu lantai untuk mengering

Terakhir, cara memoles ulang lantai kayu agar tampak baru adalah memberikan waktu pengeringan.

Jika  telah menyelesaikan lantai kayu dengan poliuretan berbahan dasar minyak, yang merupakan pilihan populer, Anda harus menunggu sebentar hingga bahan tersebut mengering, setidaknya 24 jam sebelum berjalan di lantai dengan kaus kaki serta sekitar empat hari sebelum Anda mengembalikan furnitur.

Selain itu, dua hingga empat minggu sebelum Anda mulai membentangkan kembali karpet di lantai. Kesabaran akan memberikan hasil sempurna pada lantai kayu. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/03/19/160800476/9-cara-memoles-ulang-lantai-kayu-agar-tampak-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke