Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Warna Cat yang Sebaiknya Tidak Digunakan di Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat dapur dengan warna yang tepat bisa membuat dapur terasa lebih nyaman. Warna cat yang tepat juga membuat dapur terlihat lebih menarik. 

Sebaliknya, apabila salah dalam memilih warna cat, maka dapur akan terlihat kurang menarik dan membosankan. 

Maka dari itu, saat memilih warna cat untuk dapur harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak suasana di ruangan tersebut. 

Menurut ahli, ada beberapa warna cat yang kurang cocok untuk dapur. Dilansir dari Southern Living, Minggu (17/3/2024), berikut warna cat yang sebaiknya tidak digunakan di dapur. 

Salah satu warna yang sebaiknya digunakan untuk menghias dapur yaitu warna neon. Amy Switzer, pendiri Amy Switzer Design mengatakan bahwa warna neon sulit dipadukan dengan ornamen dekorasi lain.

Selain itu, warna neon juga tergolong sebagai warna yang trendi, sehingga tidak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

Warna yang sangat gelap

Warna cat yang sebaiknya tidak digunakan di dapur yaitu warna yang sangat gelap. Switzer mengatakan warna gelap bisa membuat dapur terasa lebih kecil dan kurang menarik. 

Tak hanya itu, warna gelap juga bisa membuat goresan atau retakan pada dinding terlihat semakin jelas. 

Sementara itu, Margie Kaercher, pendiri Hearth & Honey Homes, mengatakan bahwa warna abu-abu gelap dan hitam bisa membuat dapur terasa suram, terutama jika dapur tidak mendapatkan cahaya alami. 

Cokelat

Warna cokelat juga kurang cocok untuk dapur. Jika ingin tetap menggunakan warna cokelat, Andrea Seymour, mitra pendiri Springdale Custom Builders, menyarankan untuk menampilkan warna cokelat pada kayu alami. 

Material kayu alami bisa digunakan pada meja dapur, lemari dapur, lantai, hingga langit-langit dapur yang dipadukan dengan dekorasi lain. 

Putih cerah

Warna putih cerah ternyata tidak disarankan untuk mendekorasi dapur. Warna ini membuat kotoran di dapur mudah terlihat, sehingga dapur harus selalu dibersihkan. 

Jennifer McKissick, pendiri Jennifer McKissick Interior Design, menyarankan untuk menggunakan warna putih yang sedikit pucat. Warna ini bisa membuat dapur terlihat klasik dan halus, namun tetap terasa hangat dan ramah. 

Warna bernuansa dingin seperti biru sejuk dan abu-abu ternyata kurang cocok digunakan di dapur. Warna-warna tersebut bisa membuat dapur terasa dingin dan kurang nyaman. 

Erica Volkmer, pendiri Evenson Design, menyarankan untuk memilih warna yang lebih hangat agar jantung terasa lebih nyaman dan hangat. 

Merah terang

Terakhir, warna cat yang sebaiknya tidak digunakan di dapur yaitu merah terang. Bethany Adams, pendiri Bethany Adams Interiors, mengatakan bahwa warna merah yang terlalu pekat membuat ruangan terasa ramai. 

Sementara itu, Alisa Popelka pendiri Alisa Cristine Interiors, mengatakan bahwa warna merah bisa mengganggu kenyamanan di dapur dan membuat dapur menjadi kurang nyaman. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/03/17/081216876/6-warna-cat-yang-sebaiknya-tidak-digunakan-di-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke