Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Merambat Bunga yang Dapat Mempercantik Halaman Rumah

Tanaman merambat bunga tersedia dalam berbagai warna dan ukuran serta dapat mempercantik rumah. 

Tanaman merambat bunga ini dapat ditanam di taman dan halaman rumah. Namun, tanaman merambat bunga juga dapat tumbuh di teralis, pergola, pagar, dan dinding.

Selain mempercantik hunian, tanaman merambat bunga dapat memberikan privasi dan membantu menutupi dinding yang tidak sedap dipandang.

Namun, pastikan tempat yang Anda pilih untuk menanam memiliki kondisi ideal bagi tanaman merambat untuk tumbuh dan berbunga.

Latihlah tanaman bunga muda pada penyangganya dengan ikatan yang longgar untuk membantu tanaman memanjat dengan mudah. Jangan biarkan tanaman merambat bunga mengering selama musim mekar.

Jika Anda tertarik menanamnya, berikut lima tanaman merambat bunga yang dapat mempercantik halaman rumah dilansir dari Den Garden, Selasa (6/2/2024). 

Tanaman merambat bunga ini dapat tumbuh hingga setinggi 12 meter dengan penyangga. Bunga bugenvil mekar dalam warna merah muda cerah yang indah, merah, ungu, oranye, dan kuning, tergantung varietasnya.

Bugenvil tumbuh cepat dan menampilkan pertunjukan yang spektakuler sepanjang tahun. Namun, bunga ini bukanlah bunga yang sebenarnya.

Bugenvil adalah daun yang dimodifikasi, yang disebut bracts yang menyembunyikan bunga bugenvil yang sebenarnya, yang merupakan bunga kecil berbentuk terompet berwarna putih dan kuning.

Bugenvil membutuhkan banyak sinar matahari, setidaknya enam jam setiap hari, dengan tanah yang dikeringkan dengan baik untuk tumbuh subur.

Setelah ditanam, siram bunga bugenvul setiap minggu sampai tanaman tumbuh subur. 

Morning glory

Selanjutnya, tanaman merambat bunga yang dapat mempercantik halaman rumah adalah morning glory (Ipomoea purpurea).

Ini adalah tanaman merambat yang tumbuh cepat dengan bunga berbentuk terompet yang cerah dan beraroma lembut.

Sebagian besar tanaman bunga morning glory tumbuh sebagai tanaman semusim di kebun, tetapi ada juga beberapa varietas yang tahan lama.

Tergantung pada varietasnya, morning glory mekar dalam berbagai warna, termasuk merah, merah muda (pink), biru, ungu, dan putih, serta beberapa tanaman memiliki mekar dua warna.

Bunganya mekar pada pagi hari dan menutup pada sore hari. Karena itu, dinamakan "morning glory".

Bunganya memiliki lebar lima sampai tujuh sentimeter serta mekar terus menerus dari awal musim panas hingga musim gugur.

Tanaman merambat bunga ini sangat bagus untuk tumbuh di dinding, layar privasi, atau kisi-kisi, menarik penyerbuk seperti lebah dan kolibri.

Morning glory tumbuh subur di tanah yang cukup subur serta memiliki drainase yang baik di bawah sinar matahari penuh hingga teduh parsial. 

Tanaman ini tahan kekeringan yang dapat tumbuh hampir di mana saja.

Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau tua hingga biru serta bunga berbentuk terompet panjang yang beraroma harum.

Bunganya mekar dalam warna pink, oranye, kuning, atau putih cerah, dan beberapa varietas memiliki bunga dua warna. Tanaman ini menarik lebah, kupu-kupu, dan burung kolibri.

Tanam honeysuckle pada awal musim semi setelah embun beku berlalu. Pilih lokasi cerah dengan tanah lembap dan berdrainase baik.

Tanaman bunga honeysuckle tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, tetapi dapat mentoleransi naungan parsial. 

Tanaman merambat honeysuckle mungkin tidak akan mekar banyak di tempat teduh parsial dan bisa kehilangan daunnya. Dibutuhkan struktur pendukung untuk tumbuh, seperti teralis, tiang, atau struktur yang kokoh. 

Sebagian besar varietas mekar dengan bunga ganda atau berbentuk lonceng dan menarik kupu-kupu.

Beberapa varietas clematis mekar pada musim semi, yang lainnya pada musim panas, dan sebagian lagi adalah mekar berulang yang berbunga sepanjang musim tanam.

Tanaman merambat clematis tumbuh setinggi 3,6 meter dan merupakan pilihan tepat untuk menyamarkan pagar atau dinding yang jelek.

Clematis tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dengan tanah lembap dan memiliki drainase baik.

Tanam bunga clematis di tempat teduh. Salah satu cara untuk menaungi akarnya adalah membuat mulsa tanah dan menempatkan tanaman keras lainnya di pangkal tanaman merambat. 

Tanaman merambat Nasturtium (Tropaeolum spp.) adalah tanaman tahunan musim panas yang mudah tumbuh dengan daun melingkar berwarna hijau tua dengan urat-urat tipis yang memancar dari bagian tengah tangkai daun.

Daunnya bisa berukuran besar hingga 10 sentimeter pada beberapa tanaman. Beberapa memiliki daun bulat pipih.

Nasturtium berbunga tanpa henti dari pertengahan musim panas hingga beku. Daun dan bunga nasturtium dapat dimakan serta memiliki rasa pedas. 

Tanam nasturtium di samping brokoli, kubis, dan kembang kol untuk mengusir hama. Tanaman merambat bunga ini tumbuh subur di tanah berdrainase baik dan perlu menyiramnya secara mingguan. 

Bunganya berbentuk corong dan mekar dalam warna merah, oranye, merah muda, kuning, dan putih, serta beberapa di antaranya memiliki dua warna.

Jika tanahnya terlalu subur, tanaman merambat bunga ini menumbuhkan daun yang melimpah dan menghasilkan sedikit bunga. Nasturtium bagus untuk tumbuh di pagar, teralis, dan lengkungan.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/06/104704076/5-tanaman-merambat-bunga-yang-dapat-mempercantik-halaman-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke