Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Hewan Peliharaan Eksotis yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Ruang yang terbatas ini sulit menciptakan lingkungan terbaik untuk hewan peliharaan umum, seperti anjing dan kucing.  

Namun, tak perlu khawatir dan buru-buru mengurungkan keinginan baik tersebut. Sebagai solusi, Anda bisa memelihara hewan eksotis. 

Hewan eksotis bisa menjadi hewan peliharaan yang sempurna untuk mereka yang tinggal di apartemen.  

Hewan eksotis adalah hewan yang tak lazim dipelihara di rumah manusia, tapi kini menjadi hewan peliharaan yang sempurna. 

Hewan peliharaan eksotis cenderung ringkas, tenang, dan sering kali tidak membutuhkan ruang terbuka.

Hal ini berarti tidak hanya akan tumbuh subur di lingkungan apartemen yang kecil, tetapi juga tidak akan menyebabkan kerusakan pada rumah serta mengganggu tetangga.

Hewan peliharaan eksotis juga menjadi pilihan ideal ketika pengelola apartemen tidak mengizinkan hewan peliharaan tradisional, seperti anjing atau kucing. 

Nah, dikutip dari The Spruce Pets, Jumat (2/2/2024), berikut hewan peliharaan eksotis yang cocok dipelihara di apartemen, kondominium, dan hunian kecil lainnya.  

Kelinci adalah hewan peliharaan eksotis yang cocok dipelihara di apartemen karena dapat dilatih untuk membuang kotoran, merawat diri sendiri, dan relatif tenang.

Banyak orang membiarkan kelinci mereka berkeliaran bebas di rumah, yang merupakan cara baik untuk berolahraga.

Salah satu kekurangan memelihara kelinci adalah suka mengunyah dan menggali. Maka itu, Anda harus membuat rumah antikelinci dengan memastikan tidak ada kabel yang terbuka dan hanya mengizinkan kelinci berkeliaran di ruangan bebas karpet.  

Musang

Selanjutnya, hewan peliharaan eksotis yang cocok dipelihara di apartemen adalah musang. Musang senang bermain dengan manusia dan satu sama lain.

Untuk mengakomodasi sifat suka bermain musang, sediakan kandang besar. Musang adalah penghuni apartemen yang sangat baik karena mereka tidur hampir sepanjang hari saat pemiliknya pergi.

Selain itu, hewan peliharaan eksotis ini adalah makhluk pendiam, tetapi juga suka bersembunyi dan berbuat onar. Anda harus memastikan rumah kedap musang untuk mencegahnya kabur atau tempat persembunyian yang tidak aman, seperti di dalam oven. 

Hamster tidak berisik, bersih, tidak membutuhkan banyak perawatan, serta tidak berantakan. Sebagian besar penderita alergi dapat hidup nyaman dengan hamster di dalam rumah.

Hamster juga mudah dijinakkan dengan penanganan yang teratur. Hal yang dibutuhkan hewan peliharaan eksotis ini adalah kandang berukuran 2 kaki kubik yang dilengkapi dengan roda latihan, benda-benda untuk dikunyah, tempat tidur yang dapat menyerap air, tempat persembunyian, serta makanan dan air.  

Reptil

Reptil, seperti kadal dan ular yang lebih kecil, tidak bersifat sosial, seperti mamalia, tetapi bisa menjadi pilihan hewan peliharaan eksotis yang cocok dipelihara di apartemen.

Reptil tidak bersuara dan relatif mudah dirawat. Spesies kadal yang bagus untuk pemula, termasuk tokek macan tutul, tokek jambul, tokek rumah, naga berjenggot, dan anole.

Hewan peliharaan eksotis ini mengeluarkan suara "wheek" sebagai vokalisasi, tetapi tidak cukup keras untuk mengganggu tetangga di lingkungan apartemen.

Kandang marmut juga memiliki ukuran yang mudah diatur. Minimal, hewan pengerat ini membutuhkan kandang dengan luas sekitar satu meter persegi.

Tinggi kandang tidak terlalu penting karena marmut tidak cenderung memanjat, jadi tidak perlu lebih tinggi dari 30 sentimeter. 

Marmut menyukai waktu di luar kandang untuk bersosialisasi, menjelajah, dan bermain. Seperti hewan peliharaan lain yang diizinkan berkeliaran di rumah, pastikan tidak ada kabel yang terbuka atau tanaman beracun dan lindungi perabotan kayu. 

Landak

Landak tidak membutuhkan kandang yang luas. Ukuran yang baik untuk kandang setidaknya 60x90 sentimeter. 

Landak aktif pada malam hari, jadi tidak akan keberatan jika Anda pergi pada siang hari. Landak adalah hewan peliharaan eksotis yang tenang dan hanya menghasilkan sedikit bulu, menjadikannya hewan peliharaan yang tepat untuk mereka yang memiliki alergi.

Selain itu, hewan peliharaan eksotis yang cocok dipelihara di apartemen ini biasanya memiliki kepribadian yang lembut dan umumnya menyendiri. 

Ukuran tangki yang ideal untuk sebagian besar katak adalah tangki berukuran 37 liter atau 75 liter. Jika Anda mencari hewan peliharaan untuk dilihat dan dipajang, maka katak adalah pilihan tepat.  

Hewan peliharaan eksotis ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan, hanya makan beberapa kali dalam seminggu.

Ada beberapa jenis katak yang bisa menjadi hewan peliharaan, di antarany katak air (katak cakar Afrika), katak semi-akuatik (kodok perut api oriental), katak pohon (katak pohon hijau Amerika), dan katak besar, tapi tidak banyak bergerak (katak Pacman).

Beberapa katak jantan bernyanyi, jadi mereka bukan hewan peliharaan yang sepenuhnya pendiam, tetapi suaranya tidak cukup keras untuk menyinggung perasaan tetangga.  

Nah, itu dia sejumlah hewan peliharaan eksotis yang cocok dipelihara di apartemen. Anda tertarik memiliharanya? 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/02/02/094258376/7-hewan-peliharaan-eksotis-yang-cocok-dipelihara-di-apartemen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke