Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat dan Cocok di Kamar Kos

Cara mudah dan cepat mendekorasi kamar kos adalag menambahkan tanaman hias. Tanaman hias tidak hanya bagus mempercantik dekorasi, tetapi juga dapat memberi warna dan kehidupan pada ruangan serta meningkatkan produktivitas dan menurunkan stres. 

Namun, tidak semua tanaman hias cocok diletakkan di kamar kos. Kehidupan kampus yang sibuk berarti tanaman hias dengan perawatan rendah biasanya merupakan pilihan terbaik. 

Nah, untuk membantu Anda, dilansir dari The Spruce, Kamis (18/1/2024) berikut sembilan tanaman hias yang mudah dirawat dan cocok di kamar kos mana pun 

Tempatkan tanaman bambu keberuntungan di lokasi yang menerima cahaya terang hingga sedang serta ganti air setiap minggu untuk mencegah pertumbuhan alga. 

Hoya (Hoya spp.)

Selanjutnya, tanaman hias yang mudah dirawat dan cocok di kamar kos adalah hoya. Ini adalah genus tumbuhan besar yang memiliki ciri daun seperti lilin dan bunga aromatik.

Meski membutuhkan cukup cahaya untuk tumbuh subur, hoya adalah tanaman kuat yang tahan jika diabaikan. Sebagian besar spesies hoya dikenal toleran terhadap kekeringan.

Sukulen

Jika mencari tanaman kecil yang menarik dan hanya membutuhkan sedikit perawatan, sukulen adalah pilihan tepat.

Untuk menanam sukulen yang sehat di kamar kos, Anda memerlukan jendela yang menerima sinar matahari penuh atau dapat memasang lampu kecil.

Kalau tidak, tanaman sukulen tidak membutuhkan banyak air dan harus memiliki drainase yang baik. 

Ditambah lagi, tanaman hias yang mudah dirawat dan cocok di kamar kos ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran sehingga bisa menemukan yang sesuai dengan gaya pribadi Anda. 

Tanaman ZZ (Zamioculcas zamiifolia)

Tanaman ZZ tumbuh baik dalam cahaya redup sehingga cocok untuk kamar kos yang gelap. Tanaman ZZ juga hanya membutuhkan sedikit air karena tumbuh dari rimpang yang menyimpan air dan nutrisi di bawah tanah selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Tanaman ZZ dewasa bisa mencapai tinggi 1,5 meter, tetapi biasanya tingginya sekitar 60-90 sentimeter di dalam ruangan. Selain itu, pertumbuhannya lambat dan tidak perlu direpoting atau memindahkan ke pot baru dalam waktu dekat. 

Walau secara teknis dapat berbunga, sulit membuat tanaman pothis berbunga di dalam ruangan. Jadi, pothos hanya dinikmati karena tanaman merambatnya yang menarik.

Philodendron (Philodendron spp.)

Philodendron adalah genus besar tanaman dedaunan berbunga yang populer sebagai tanaman hias karena perawatannya yang rendah.

Tanaman philodendron tumbuh subur di lokasi dengan cahaya redup dan tahan kekeringan. Varietas seperti Philodendron melanochrysum dengan daunnya yang gelap dan lembut serta Philodendron scandens dengan daunnya berbentuk hati adalah pilihan yang populer. 

Tanaman menarik ini tumbuh subur dengan sedikit perawatan serta cukup toleran terhadap kekeringan. Faktanya, penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan busuk akar pada tanaman. Pastikan saja lidah buaya memiliki tanah dengan drainase baik dan cahaya yang cukup. 

Money tree (Pachira Aquatica)

Terakhir, tanaman hias yang mudah dirawat dan cocok di kamar kos adalah money tree atau pohon uang. Ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang ingin tanaman pernyataan berukuran besar.

Di dalam ruangan, tinggi money tree sekitar 1,8 - 2,4 meter dan sering kali dijual dengan truk yang dikepang untuk menambah daya tarik visual.

Selain itu, tanaman ini dapat bertahan atau mengatasi dengan baik jika rentan terhadap penyiraman yang berlebihan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2024/01/18/103900976/9-tanaman-hias-yang-mudah-dirawat-dan-cocok-di-kamar-kos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke