Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Bau Apak di Rumah dan Cara Menghilangkannya

Adanya bau apak di rumah biasanya menandakan masalah jamur atau lumut. Untungnya, dengan sedikit penyelidikan, pembersihan menyeluruh, dan ketekunan untuk mencegah pertumbuhan lebih lanjut, Anda dapat dengan mudah mengendalikan bau apak di rumah. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Rabu (3/1/2024), berikut penyebab bau apak dan cara menghilangkannya. 

Hal ini dapat menyebabkan penumpukan kelembapan yang menimbulkan bau apask. Kelembapan di celah-celah gelap di sekitar rumah juga bisa menciptakan lingkungan yang ramah bagi tumbuhnya jamur dan lumut.

Ketika spora mulai berkembang biak, spora mengeluarkan gas yang dapat dideteksi hidung kita. Sayangnya, spora jamur berkembang biak dengan cepat dan tidak memerlukan koloni yang besar untuk menimbulkan bau.

Segera bersihkan area kecil dari jamur (jamur yang tampak rata di permukaan) dan pantau lokasi tersebut untuk mencegah pertumbuhan kembali. 

Jika luas koloni jamur lebih besar dari satu meter persegi, Anda perlu memanggasi jasa pembasmi jamur profesional.

Untuk koloni kecil jamur pada kain atau dinding, Anda bisa membersihkannya sendiri. Selalu kenakan pakaian pelindung, termasuk sarung tangan panjang, kacamata pelindung, dan alat bantu pernapasan atas masker untuk menghindari menghirup jamur atau spora jamur.

Saat membersihkan, kantongi dan buang semua kain lap dan spons yang mengandung spora jamur ke tempat sampah luar ruangan untuk mencegah penyebarannya di dalam rumah. 

Masalah ini masih dapat menyebabkan gejala pernafasan dan gejala lainnya, termasuk:

Cara menghilangkan bau apak di rumah 

Untuk menghilangkan bau apak di rumah, paling penting adalah memperbaiki kebocoran dan menghilangkan jamur.

Di area dengan kelembapan berlebihan, pasang kipas ventilasi, letakkan penghalang kelembapan di atas tanah lembap, atau arahkan aliran air ke bagian luar rumah. Nah, berikut sejumlah cara menghilangkan bau apak di rumah. 

Buka jendela dan pintu, nyalakan kipas plafon dan loteng, atau tambahkan kipas angin ke setiap ruangan.

Memulai sistem HVAC  juga dapat membantu menghilangkan bau dan menangkap spora jamur di filter. Pastikan sistem memiliki filter yang bersih dan sering-seringlah menggantinya untuk membantu menghilangkan bau apak. 

Selain itu, membeli alat pembersih udara atau air purifier jika masalah ini terus berlanjut atau jika ada orang di rumah yang memiliki alergi dan kepekaan yang lebih kuat terhadap jamur.

Alat pembersih udara dapat memberikan perbedaan besar dalam mengurangi bau dan penyebaran spora. 

  • Pasang dehumidifier

Selanjutnya, cara menghilangkan bau apak di rumah adalah memasang dehumidifier. Karena jamur dan lumut membutuhkan kelembapan untuk berkembang, mengurangi tingkat kelembapan di rumah dapat membantu mengendalikan jamur.

Usahakan menjaga kelembapan interio tidak lebih tinggi dari 50 persen. Untuk mengukur tingkat kelembapan di rumah, dapatkan higrometer atau sensor kelembapan.

Beberapa sistem HVAC memiliki penurun kelembapan sebagai bagian dari unitnya atau Anda bisa mendapatkan penurun kelembapan yang berdiri sendiri. Jaga kebersihan dehumidifier serta kosongkan tempat penampung air secara teratur. 

Untuk satu atau dua titik kecil jamur, Anda tidak perlu menggunakan pemutih dan  menggunakan seember air hangat dan sedikit detergen untuk menghilangkan spora jamur.

Untuk area koloni jamur yang lebih luas, gunakan pemutih untuk membersihkannya. Dalam ember berukuran 3,7 liter air, encerkan 236 mililiter pemutih klorin. 

Solusi ini efektif membunuh jamur pada permukaan seperti ubin keramik dan nat, dinding semen, dan kain yang bisa dicuci.  

Saat menggunakan pemutih untuk membersihkan jamur, jangan mencampurnya (walaupun sudah diencerkan) dengan larutan pembersih lain yang mengandung amonia karena akan menimbulkan asap beracun.

Anda juga dapat menggunakan pendekatan yang lebih alami dengan menyemprot area berjamut  dengan cuka putih suling. Biarkan cuka bekerja selama satu jam, lalu bersihkan jamur dengan spons atau kain mikrofiber yang dicelupkan ke dalam baking soda. 

Anda harus membersihkan kain yang dapat dicuci dan mengandung jamur dengan air terpanas yang sesuai untuk bahan tersebut, detergen yang kuat, dan pemutih klorin.

https://www.kompas.com/homey/read/2024/01/03/103009276/penyebab-bau-apak-di-rumah-dan-cara-menghilangkannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke