Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 6 Cara Memperbaiki Engsel Pintu yang Berderit

Engsel pintu yang berderit menunjukkan bahwa pintu dipasang miring pada kusen sehingga rangka tidak sejajar.

Sementara itu, pada pintu kayu, engsel pintu yang berbunyi bisa disebabkan kayu yang lapuk atau lunak. Pintu kayu yang busuk bisa menimbulkan suara berdecit saat kayu bergesekan dengan kusen pintu kayu.

Jika tidak diatasi, engsel pintu berderit akan mengganggu, membuat berisik, serta menyebabkan pintu semakin sulit dibuka. Maka itu, penting segera memperbaiki engsel pintu yang berderit.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (16/12/2023), berikut cara memperbaiki engsel pintu yang berderit.

Gunakan semprotan pelumas pada engsel

Langkah awal yang perlu dilakukan saat memperbaiki engsel pintu berderit adalah menyemprotkan pelumas.

Biasanya, pelumas semprot dilengkapi dengan sedotan atau tabung kecil yang membuat aplikasi pelumas lebih mudah dan bisa menjangkau celah kecil.

Lepaskan pin engsel

Selanjutnya, cara memperbaiki engsel pintu yang berderit adalah melepaskan pin engsel. Gunalan pelumas semprot untuk melepaskannya.

Jika pelumas semprot tidak bisa menyelesaikan masalah, perlu lakukan perbaikan lanjutan.

Ambil palu dan paku kecil, kemudian sejajarkan paku di bagian bawah salah satu engsel pintu agar menempel pada pin engsel.

Ketuk paku perlahan untuk melonggarkannya. Jika melihat pin menonjol dari bagian atas engsel, tarik keluar pin tersebut menggunakan tang runcing.

Beberapa engsel pintu memiliki tutup bawah yang mudah dilepas dengan tang sebelum mengakses pin engsel.

Pegang erat kedua sisi tutup dengan tang dan gerakkan perlahan ke depan dan belakang sambil menariknya ke bawah untuk melepaskan engsel pintu. Sekarang, pin engsel dengan paku dan palu agar bisa terlepas dengan mudah.

Cek dan bersihkan pin engsel

Jika kondisi pin engsel masih bagus, pin masih bisa digunakan dan cukup membersihkannya saja. Gunakan sisa cat yang telah diencerkan untuk menghilangkan kotoran yang membandel atau noda karat.

Sebaiknya, tidak menggunakan pembersih rumah tangga karena bisa menyebabkan engsel pintu menempel atau membuat pin engsel tidak bisa berputar bebas.

Lapisi pin engsel dengan pelumas antikarat

Cara memperbaiki engsel pintu yang berderit berikutnya adalah melapisi pin engsel dengan pelumas antikarat. Oleskan pelumas antikarat sebelum memasang kembali pin engsel yang sudah dibersihkan. 

Pelumas antikarat akan membuat pin terlapis dan mencegah karat pada logam tersebut. Pelumas ini bisa bertahan lebih lama pada engsel pintu dibanding pelumas lainnya.

Setelah itu, geser kembali pin ke dalam engsel dan ketuk perlahan dengan palu sampai pin kembali ke tempatnya.

Ulangi langkah-langkah di atas untuk setiap pin engsel berikutnya, lalu buka dan tutup pintu untuk memastikan bunyi berderit hilang dan pintu kembali berfungsi baik.

Jangan lupa memasang kembali penutup bawah yang sebelumnya dilepas.

Bersihkan sisa minyak berlebih

Terakhir, cara memperbaiki engsel pintu yang berderit adalah membersihkan sisa minyak berlebih pada engsel pintu menggunakan lap atau handuk bekas.

Cek juga kondisi kusen pintu, pintu, dan lantai untuk memastikan tidak ada minyak yang berceceran. Jika ada minyak menetes, segera membersihkan dengan lap.

Itulah cara memperbaiki engsel pintu yang berderit dengan mudah. Perbaiki tersebut akan membuat pintu kembali berfungsi baik dan tidak menghilangkan suara yang mengganggu pendengaran.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/16/195200676/simak-6-cara-memperbaiki-engsel-pintu-yang-berderit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke