Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Selimut Bulu Halus agar Tidak Menjadi Kasar

Selimut bulu halus juga tahan lama, tapi memerlukan perawatan lebih untuk mencegah bulu-bulu halusnya menjadi kasar dan kusut. 

Selimut bulu halus terbuat dari serat poliester, sering kali serat mikro. Teksturnya terbuat dari tenunan kain dengan simpul-simpul kecil dan longgar di satu sisi yang dipotong untuk menciptakan hasil akhir yang lembut. 

Namun, selimut bulu halus yang tidak dicuci dengan benar dapat membuat serat-serat kecilnya memerangkap serat dan menjadi kusut.

Untuk menghindari masalah, pilah cucian dengan benar dan hindari panas dan gesekan yang berlebihan saat mencuci serta mengeringkan fleece blanket. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Kamis (7/12/2023), berikut cara mencuci selimut bulu halus dengan baik. 

Hampir semua selimut bulu halus dapat dicuci dengan tangan atau mesin cuci, kecuali jika memiliki bahan atau hiasan yang hanya membutuhkan dry-cleaning. 

  • Mengatasi noda

Gunakan penghilang noda berbasis enzim atau sedikit detergen untuk membersihkan noda sebelum mencuci selimut bulu halus. 

Noda berbahan dasar minyak dapat sulit dihilangkan dari selimut bulu halus. Oleskan penghilang noda dan gosokkan ke serat-seratnya dengan sikat berbulu lembut atau kain mikrofiber. Biarkan penghilang noda bekerja selama 10 menit sebelum mencuci selimut bulu halus.

  • Pilih suhu air dan siklus mesin cuci

Gunakan siklus lembut untuk mencegah keausan berlebihan pada serat jika selimut tidak terlalu kotor.

Jika selimut bulu halus sangat kotor, pilih siklus tekan permanen, yang memiliki pembilasan dingin dan kecepatan putaran lebih rendah untuk mencegah kerutan.

Selalu gunakan air dingin atau hangat. Jangan pernah menggunakan air panas untuk mencuci selimut bulu halus karena bisa merusak serat kainnya menjadi kasar. 

Detergen lembut paling lembut untuk serat selimut bulu halus. 

  • Sortir cucian sebelum mencuci selimut bulu halus 

Cara mencuci selimut bulu halus berikutnya adalah menyortir cuci sebelum mencucinya. Jangan mencuci selimut bulu halus bersama handuk, seprai, atau pakaian katun. Ikuti tips untuk mengurangi dan menghilangkan serat dari cucian.

Selimut bulu halus apat menjadi magnet bagi serat dari kain penghasil serat, seperti kain flanel katun atau handuk kain terry. 

  • Jemur selimut

Lewati pengering otomatis jika memungkinkan dan gantung selimut di rak pengering dalam ruangan atau jemuran di luar ruangan.

Hal ini untuk mencegah statis dan gesekan yang dapat menyebabkan selimut bulu halus menjadi kusut. Jika membutuhkan selimut dengan cepat, jemurlah dengan api kecil di bawahnya dan tambahkan beberapa bola pengering wol ke mesin cuci agar seratnya tetap mengembang. 

Bak mandi, wastafel cuci, atau bak penyimpanan plastik yang besar biasanya bisa digunakan.

  • Ikuti panduan pencucian

Ikuti panduan yang sama dengan yang direkomendasikan untuk mencuci selimut bulu halus dengan mesin cuci. Bersihkan noda, gunakan detergen lembut, dan air dingin. 

  • Rendam selimut 

Selajutnya, cara mencuci selimut bulu halus dengan tangan adalah merendamnya. Isi bak mandi dengan air dingin dan tambahkan detergen. Masukkan selimut bulu halus hingga terendam air. 

Biarkan terendam selama sekitar 20 menit, kemudian peras selimut dengan lembut untuk membantu menghilangkan tanah. Tiriskan air cucian.

  • Bilas dengan baik

Isi ulang bak mandi dengan air bersih, peras selimut dan angkat secara perlahan untuk membilas serat-seratnya.

Anda mungkin perlu menguras air dan mengulanginya dengan pembilasan kedua jika masih ada busa yang terlihat. Jangan peras selimut bulu halus untuk menghilangkan kelebihan air, cukup peras dengan lembut. 

Menyetrika selimut bulu halus 

Selimut bulu halus tidak boleh disetrika karena seratnya dapat kusut atau terbakar jika setrika terlalu panas.

Jika terdapat kerutan berlebihan, basahi selimut dan gantung hingga kering. Anda juga dapat menggunakan pengukus pakaian dengan api kecil untuk menghilangkan kerutan pada selimut bulu halus. 

Menyimpan selimut bulu halus 

Selimut bulu halus harus selalu dicuci dan dikeringkan sepenuhnya sebelum disimpan. Gulung selimut untuk mencegah kusut serta simpan di tempat sejuk dan kering. 

Nah, itu dia sejumlah cara mencuci selimut bulu halus. Ikuti langkah di atas sepuya selimut tetap lembut dan tidak kusut. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/07/083500976/cara-mencuci-selimut-bulu-halus-agar-tidak-menjadi-kasar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke