Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mencerahkan Kamar Tidur yang Gelap, Bikin Lebih Nyaman

Namun, pencahayaan kamar tidur berbeda dengan ruang keluarga dan ruangan lainnya di rumah. Lantaran digunakan untuk tidur, beristirahat, dan relaksasi, biasanya pencahayaan kamar tidur lebih redup atau gelap. 

Bahkan, semakin gelap pencahayaan di kamar tidur, semakin baik untuk tidur. Sebab, cahaya dapat mengganggu produksi melatonin di otak, hormon yang bertanggung jawab mengatur siklus tidur.

Namun, bagaimana jika kamar tidur gelap bahkan pada siang hari?

Ini adalah masalah yang sering terjadi, tetapi sulit dipecahkan karena penyebabnya yang umum, seperti sedikit jendela, jendela yang menghadap ke utara, jendela yang dinaungi pohon atau bangunan di luar. 

Semua hal ini tidak mudah diperbaiki tanpa renovasi besar-besaran. Namun, Anda tak perlu berputus asa serta tinggal di kamar tidur yang menyerupai gua, bahkan menghabiskan anggaran untuk merenovasinya. 

Pasalnya, ada beberapa cara sederhana membuat kamar tidur gelap tampak terang. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Senin (4/12/2023), berikut sejumlah cara mencerahkan kamar tidur yang gelap.  

Namun, jangan meletakkan satu lampu di meja samping tempat tidur dan menyebutnya selesai. Hanya memiliki satu sumber cahaya akan menciptakan banyak bayangan, membuat kamar tidur terasa menyeramkan dan membuat ruangan di luar lingkaran cahaya lampu menjadi gelap seperti biasanya.

Sebagai gantinya, terangi kamar tidur dengan setidaknya dua sumber pencahayaan atau lebih. 

Anda membutuhkan lampu di meja samping tempat tidur atau dipasang di dinding dekat tempat tidur. Jika berbagi tempat tidur, Anda membutuhkan lampu di setiap sisi.

Tambahkan juga lampu di plafon jika memungkinkan. Pilih kipas angin plafon dan dapatkan manfaat dua kali lipat. 

Pilih warna cat dinding dengan bijak

Selanjutnya, cara mencerahkan kamar tidur yang gelap adalah memilih warna cat dinding dengan bijak.

Tampaknya berlawanan dengan intuisi, tapi jika kamar tidur gelap, dinding putih bukan solusi terbaik. Meski warna-warna terang dapat membantu ruangan kecil terlihat lebih besar, warna-warna ini tidak begitu bagus untuk membuat ruangan gelap terasa lebih terang.

Putih dan warna terang lainnya terlihat cerah serta ceria saat memantulkan cahaya. Namun, di ruangan tanpa pencahayaan yang cukup, tidak ada cukup cahaya untuk dipantulkan.

Hal ini menyebabkan dinding putih terlihat abu-abu dan berbayang sehingga kamar tidur terasa redup serta tidak menarik.

Sebagai gantinya, pilih warna cat yang kaya dengan warna tengah untuk dinding, bahkan bisa menggunakan warna sedikit cerah jika mau.

Di kamar tidur gelap, warna cerah akan kehilangan intensitasnya dan warna mid-tone akan terlihat sedikit lebih gelap.

Warna yang lebih pekat tidak bergantung pada pantulan cahaya untuk tampil maksimal seperti warna lebih terang. Sebaliknya, warna-warna ini menyerap bayangan sehingga dinding yang kuat akan menambah warna dan kehangatan pada kamar tidur gelap. 

Warna hijau, biru, abu-abu, bahkan ungu yang sejuk adalah pilihan terbaik untuk menciptakan suasana santai di kamar tidur gelap.  

Cermin berfungsi memantulkan cahaya apa pun di ruangan, menambah kilau, dan menghilangkan beberapa kesuraman.

Jika memungkinkan, gantungkan cermin di seberang jendela untuk memungkinkan masuknya cahaya alami serta memantulkan cahaya di sekitar kamar tidur gelap.  

Gunakan tirai tipis

Kamar tidur gelap bukan tempat tepat untuk menggunakan gorden tebal atau penutup jendela yang menghalangi cahaya alami untuk masuk ke ruangan.

Sebagai gantinya, gunakan gorden tipis di atas tirai yang dapat diturunkan untuk privasi pada malam hari atau gunakan tirai sendiri untuk gaya lebih informal.

Pilih gorden berwarna terang untuk menambahkan kontras pada dinding yang kuat di kamar tidur gelap. 

Apabila mengecat dinding dengan warna pertengahan jenuh atau warna cerah, tambahkan kontras dengan furnitur yang dilengkapi efek pencerahan dengan tempat tidur dan aksesori berwarna putih atau warna terang lainnya.

Hal ini memanfaatkan cahaya ruangan yang terbatas dan memberikan kontras cukup untuk membuat segala sesuatunya tetap menarik.

Kamar tidur gelap atau menerima sedikit cahaya alami tidak harus menjadi hal buruk. Kamar tidur ini tetap sejuk pada musim panas dan tidak membangunkan Anda dengan sinar matahari yang menyilaukan pada pagi hari di akhir pekan ketika ingin tidur larut malam. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/12/04/072700376/5-cara-mencerahkan-kamar-tidur-yang-gelap-bikin-lebih-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke