Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Warna Cat Musim Hujan yang Dapat Menghangatkan Rumah

Hal ini juga menjadi kesempatan untuk memberikan perubahan yang nyaman pada ruangan dan menyelesaikan beberapa proyek perbaikan rumah yang sudah lama tertunda. 

Lapisan cat baru adalah cara mudah mengisi rumah dengan kehangatan dan kenyamanan ekstra pada musim hujan. Ada ratusan warna cat yang terinspirasi dari musim hujan. 

Hannah Yeo, Manajer Pemasaran dan Pengembangan Warna di Benjamin Moore, mengatakan ada banyak warna cat musim dingin dan cara memakainya. 

Misalnya, menggunakan cat putih yang sejuk dan bersih untuk trim atau membuat palet musim dingin yang dalam. Bisa pula mengambil inspirasi dari lingkungan sekitar untuk membawa warna-warna tersebut ke dalam ruangan. 

"Warna-warna cat musim dingin setajam bayangan di salju atau selembut selimut kasmir, apa pun yang Anda sukai," ucap Hannah. 

Nah, dikutip dari HGTV, Selasa (28/11/2023), berikut warna cat musim hujan yang dapat menghangatkan rumah menurut para ahli desain. 

Sinar matahari menjadi cara terbaik menghangatkan diri dan mengubah mood. Untuk mengganti sinar matahari, gunakan warna kuning. 

Amy Kartheiser, desainer interior di Amy Kartheiser Design di Wilmette, Amerika Serikat (AS), mengatakan kuning diasosiasikan dengan kehangatan, seperti matahari.

Kuning membangkitkan perasaan menyenangkan dan memiliki kemampuan membuat orang merasa lebih bahagia, terutama saat cuaca di luar sedang suram.

Dia menyarankan menggunakan warna kuning untuk bantal, lampu, aksesori, atau karya seni. 

Abu-abu arang

Selanjutnya, warna cat musim hujan yang dapat menghangatkan rumah adalah abu-abu arang atau charcoals. Palet monokromatik warna arang yang pekat dan dalam membuat ruangan terasa seperti mimpi di pertengahan musim dingin yang nyaman.

Desainer interior, Jenn Feldman, mengatakan penting memperhatikan semua elemen desain saat bekerja dengan palet warna gelap seperti ini.

"Ini semua tentang perpaduan sempurna antara lapisan dan tekstur yang bekerja bersama serta bermain dengan cahaya di dalam ruangan untuk membuatnya bekerja dari siang hingga malam," ucap Feldman. 

Pencahayaan aksen dengan lampu yang indah dan bola lampu putih yang lembut dapat mengubah ruangan apa pun dari yang baik menjadi luar biasa. 

Hijau zamrud sangat cocok untuk cuaca dingin karena kedalamannya, sementara warna hijau lainnya menunjukkan musim panas. 

"Meski hijau adalah warna yang segar dan cerah, khusus hijau zamrud ini sangat kuat dan dalam," kata Maureen.

Maureen menyarankan memadukan warna cat hijau zamrud dengan warna emas dan abu-abu tua untuk memberikan kesan mewah. 

Navy blue 

Maureen mengatakan navy blue atau biru tua dapat membuat ruangan terasa akrab dan mengundang, sempurna untuk musim dingin.

Navy blue juga menjadi warna yang serbaguna dan dapat digunakan untuk berbagai ruangan. "Warna ini dapat terlihat anggun dan klasik di satu sisi, tapi juga serbaguna dan trendi di sisi lain," ucapnya. 

Maureen menyarankan menggunakan warna cat ini sebagai dasar dinding galeri. "Latar belakang yang gelap sangat bagus untuk karya seni," ujarnya.   

"Meski warna cat ini lebih cerah, Anda dapat membuatnya nyaman dengan menambahkan selimut putih hangat dan detail lembut lainnya," imbuh Maureen.

Exuberant pink sangat meriah dengan caranya sendiri dan sempurna untuk musim dingin serta liburan. "Ini adalah sebuah perubahan dari warna vanila dan cream dan saya sangat menyukainya," kata Maureen. 

Biru langit

Terakhir, warna cat musim hujan yang dapat menghangatkan rumah adalah biru langit. Urbanology Designs mengatakan semua tentang kontras.

"Saat menggunakan warna, menciptakan kesan kontras adalah salah satu alat paling ampuh untuk menyoroti dan melengkapi warna-warna berbeda yang sedang dimainkan," jelasnya.

Dalam desain ini, ia memilih mengkontraskan nuansa halus warna pink di kamar dengan warna biru langit. "Seprai biru langit membuat tampilan ini menjadi lebih lengkap," katanya.

Bahkan pada musim dingin ketika kita tertarik pada warna yang lebih gelap dan jenuh, ruang terang dengan warna-warna kontras dapat terasa sama nyamannya.

Untuk menciptakan ruang yang membuat Anda ingin berpelukan, gunakan kontras dan tekstur yang bervariasi di seluruh ruangan. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/28/081800776/6-warna-cat-musim-hujan-yang-dapat-menghangatkan-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke