Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Asal, Ini 5 Cara Memilih Sofa Berdasarkan Kebutuhan

Maka itu, penting mempertimbangkan kebutuhan Anda sebelum memilih atau membeli sofa guna memaksimalkan fungsinya. 

Lantas, hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli sofa? 

Dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (16/11/2023), berikut lima cara memilih sofa berdasarkan kebutuhan.

Misalnya, sofa linen merupakan bahan yang lembut dan bertekstur, tapi perlu dirawat secara teratur untuk mencegahnya pudar.

Ada juga sofa velvet yang lembut dan dapat memberikan kesan mewah, tetapi sulit dibersihkan serta rentan terhadap tumpahan.

Jika mencari bahan yang dapat bertahan lama dan mudah dibersihkan, pilih bahan kulit walau harganya lebih mahal dibanding bahan lainnya. 

Gaya dan warna

Selanjutnya, cara memilih sofa berdasarkan kebutuhan adalah gaya serta warna. Pilih gaya dan warna sofa yang sesuai dengan dekorasi ruangan serta selera pribadi Anda.

Sofa harus melengkapi gaya dekorasi ruangan di rumah. Untuk ruangan berdesain modern, pilih sofa bergaya modern yang berwarna netral agar menciptakan tampilan bersih dan minimalis.

Sofa gaya tradisional dengan warna-warna berani, seperti merah atau biru, dapat menciptakan tampilan elegan dan berkelas.

Namun, penting memilih warna sofa yang tidak dapat meninggalkan bekas noda terlihat jelas. 

Sesuaikan kedalaman sofa dengan postur tubuh Anda untuk memberi kenyamanan saat duduk. 

Ketinggian

Cara memilih sofa berdasarkan kebutuhan adalah ketinggian. Sofa perlu memiliki ketinggian yang proporsional dengan skala ruangan dan furnitur lainnya.

Selain itu, sofa perlu memiliki ketinggian yang nyaman bagi Anda untuk duduk dan bersandar.

Cara terbaik memastikan sofa memiliki ketinggian tepat adalah mencobanya secara langsung sebelum membelinya di toko. Dengan begitu, dapat membantu Anda memilih sofa yang tepat sesuai dengan kebutuhan. 

Bentuk dan orientasi

Terakhir, cara memilih sofa berdasarkan kebutuhan adalah memperhatikan bentuk dan orientasi. Memilih bentuk dan orientasi sofa yang tepat dapat menggunakan sofa secara nyaman serta fungsional.

Gunakan sofa yang berbentuk L atau U di ruangan yang lebih besar, sedangkan sofa dua tempat duduk standar cocok untuk tata ruang ruang tamu kecil.

Dari segi orientasi tampilan, sofa berbentuk L atau U dapat memberikan tampilan modern dan dinamis, sedangkan sofa dua tempat duduk standar memberikan tampilan lebih tradisional serta klasik.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/16/135402276/jangan-asal-ini-5-cara-memilih-sofa-berdasarkan-kebutuhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke