Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cukup 30 Menit, Ini Cara Membersihkan Mesin Cuci

Padahal, mesin cuci bisa kotor, bau, bahkan menjadi tempat berkembang biak kuman dan jamur. 

Mesin cuci bekerja keras menjaga rumah tetap rapi. Barang-barang sehari-hari, dari pakaian yang penuh keringat dan noda, seprai, hingga handuk, dapat menyebabkan mesin cuci menjadi kotor, terlebih jika tidak memeliharanya.

Alessandro Gazzo, Manajer Konten di Emily's Maids—sebuah layanan pembersihan rumah dan pembantu rumah tangga di Dallas, Amerika Serikat—mengatakan banyak orang yang masih belum mengetahui bahwa perlu membersihkan mesin cuci secara teratur. 

"Mereka mengasosiasikan mesin cuci dengan 'pembersihan otomatis', padahal tidak demikian," ucapnya dilansir dari Architectural Digest, Selasa (15/11/2023). 

Penting membersihkan mesin cuci secara teratur karena peralatan dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. "Apa pun, dari buih sabun, detergen, pelembut kain, residu serat, hingga air sadah, dapat menyumbat saluran pembuangan," tambahnya.

Terlebih lagi, jika tidak tahu cara membersihkan mesin cuci dengan tepat, jamur dapat menumpuk seiring waktu yang tidak hanya menjijikkan, tetapi juga menyebabkan mesin cuci bau. 

Gazzo merekomendasikan membersihkan mesin cuci secara teratur dan menyeluruh setiap tiga hingga empat bulan.

Untungnya, membersihkan mesin cuci tidak memakan waktu lebih dari 30 menit. Jadi, tambahkan metode pembersihan ini ke dalam daftar tugas setiap empat bulan sekali. 

Cuka putih bersifat sangat asam sehingga dapat membunuh akumulasi berlendir yang tidak diinginkan yang cenderung tumbuh di lingkungan yang basah. Di sisi lain, pemutih adalah agen oksidatif atau dapat mencerahkan kain putih.

Dalam hal membersihkan mesin cuci, solusi pembersihan Anda tergantung pada masalah yang dihadapi.

"Jika memiliki jamur atau lumut, cuka dan pemutih sama-sama efektif, tetapi pemutih lebih efektif," kata Gazzo. 

Namun, beberapa orang lebih memilih cuka putih karena tidak sekeras pemutih. Namun, jika mesin cuci benar-benar terabaikan dan telah menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman, Anda perlu menggunakan pembersih listrik.

Dalam hal ini, atur mesin cuci ke siklus pencucian normal dengan air panas dan menambahkan 59 mililiter pemutih. Jika menggunakan pemutih, periksa buku petunjuk mesin cuci untuk memastikan kompatibilitasnya.  

Seka seluruh bagian drum mesin cuci dengan kain mikrofiber, jangan biarkan ada permukaan yang tidak tersentuh.

Selanjutnya, seka gasket karet, yang juga diikenal sebagai segel di sekitar pintu. Saat  menyekanya, Anda akan menemukan kotoran, lumut, serat, dan rambut.

Untuk membersihkan mesin cuci bukaan depan secara teratur, gunakan kain mikrofiber putih dan pemutih yang dicampur dengan sabun cuci piring, terutama di sekitar segel karet.

"Atur mesin cuci ke pengaturan air dan suhu tertinggi lalu jalankan satu siklus penuh dengan 236 mililiter cuka putih dan sekitar lima tetes minyak esensial lavender," saran Gazzo.

Untuk membersihkan mesin cuci bukaan depan setiap tiga bulan sekali, ikuti proses yang sama. Namun, selain menggunakan cuka dan minyak esensial, Anda dapat memakai 473 mililiter baking soda dan 473 mililiter boraks.

Diamkan selama satu jam, kemudian jalankan satu siklus penuh. "Selama satu jam itu, baking soda dan boraks akan melunakkan mineral serta residu yang cukup untuk membersihkan saluran pembuangan dan drum mesin cuci," ujar Gazzo. 

Cara membersihkan mesin cuci bukaan atas 

Atur mesin cuci ke pengaturan air tertinggi dan terpanas. Tambahkan 946 mililiter cuka putih, dan mulailah siklus pencucian.

Setelah mesin cuci terisi penuh dan baru saja dinyalakan, hentikan sejenak dan biarkan air serta cuka putih merendam drum selama satu jam.

Setelah siklus pembilasan pertama selesai, tuangkan 236 mililiter baking soda, kemudian nyalakan kembali mesin cuci untuk satu siklus yang lebih kuat dengan pengaturan terpanas. Setelah selesai, biarkan pintu mesin cuci terbuka untuk mengeringkannya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/15/080800476/cukup-30-menit-ini-cara-membersihkan-mesin-cuci

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke