Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Melindungi Tanaman Tomat dari Cuaca Dingin

Benih tomat tidak akan berkecambah jika suhu tanah di bawah 10 derajat Celsius dan bibit tomat akan mengalami kerusakan akibat suhu dingin di bawah 15 derajat Celsius.  

Tanaman tomat dewasa lebih tahan terhadap perubahan suhu. Saat musim gugur pertama kali tiba dan suhu termometer turun di bawah 33 derajat Celsius, tanaman tomat di kebun tidak akan memiliki buah yang matang atau sebagian buah tomat yang matang akan mati. 

Maka itu, penting melindungi tanaman tomat di kebun atau luar ruangan saat cuaca dingin. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Jumat (10/11/2023), berikut cara melindungi tanaman tomat dari cuaca dingin. 

Apabila memulainya terlalu dini, akan terlalu dingin bagi tanaman tomat untuk dipindahkan ke luar. Rekomendasi yang umum adalah memulai menanam tomat dari biji enam hingga delapan minggu sebelum tanggal embun beku terakhir di daerah Anda. 

Jangan biarkan tanaman tomat muda terpapar suhu dingin

Selanjutnya, cara melindungi tanaman tomat dari cuaca dingin adalah menjaga tanaman tomat muda agar tidak terpapar suhu dingin.

Bibit tomat sangat sensitif terhadap suhu dingin. Suhu di bawah 15 derajat Celsius dapat menyebabkan tanaman tomat mengalami cedera dingin.

Mungkin tidak akan langsung terlihat bahwa tanaman muda rusak karena cuaca dingin. Untuk keamanan, tunggulah menanam tomat hingga suhu malam hari tetap konsisten di atas 15 derajat Celsius. 

Pastikan meluangkan waktu untuk mengeraskan tanaman tomat sebelum menanamnya di luar ruangan atau di dalam wadah. 

Varietas awal musim matang dalam 52-70 hari dan tomat pertengahan musim dalam waktu sekitar 70-80 hari. Ada banyak varietas tomat yang berbeda, baik tomat hibrida maupun tomat pusaka. Varietas yang populer termasuk Early Girl (52 hari) dan Better Boy (75 hari). 

Mematangkan tomat hijau di dalam ruangan

Terakhir, cara melindungi tanaman tomat dari cuaca dingin adalah mematangkan tomat hijau di dalam ruangan. 

Jika ramalan cuaca menyebutkan akan terjadi cuaca beku dan Anda masih memiliki tomat yang masih mentah di tanaman, mungkin lebih baik memetik semuanya serta mematangkannya di dalam ruangan.

Hal ini akan menghemat waktu dan tenaga untuk melindungi tanaman tomat, terutama jika cuaca lebih dari dingin dan suhu malam hari terus turun di bawah titik beku. 

Anda baru akan menyadari kerusakannya setelah beberapa hari atau beberapa minggu kemudian. Berikut beberapa tanda tanaman tomat terlalu dingin meliputi:

1. Bintik-bintik coklat muda atau abu-abu pada daun tanaman muda pada musim semi.

2. Menggelapnya jaringan daun atau batang yang kemudian layu dan berubah menjadi coklat.

3. Daun melengkung. 

Tanda-tanda kerusakan akibat suhu dingin yang muncul pada tanaman tomat pada kemudian hari meliputi: 

1. Set buah tomat yang buruk.

2. Pertumbuhan tanaman terhambat secara keseluruhan.

3. Tomat yang cacat dengan celah atau lubang yang dalam dan jaringan parut di ujung bunga (catfacing), sebagian besar mempengaruhi varietas tomat berbuah besar.

4. Buah yang terdistorsi dan cacat. Biasanya, pada tomat yang pertama kali matang (tomat ini paling mungkin rusak karena hawa dingin pada musim semi).

5. Bekas luka kering berwarna coklat yang terlihat, seperti ritsleting, membentang dari batang hingga ujung bunga tomat. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/10/210000576/4-cara-melindungi-tanaman-tomat-dari-cuaca-dingin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke