Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Jenis Semangka yang Bisa Ditanam di Rumah, Jadi Simbol Dukungan Palestina

Buah berukuran besar ini tumbuh subur di negara tropis, seperti Indonesia, Thailand, dan Palestina. Di Palestina, buah semangka tumbuh subur di seluruh wilayah, dari Jenin hingga Gaza. 

Saat ini, emoji semangka ramai berseliweran di berbagai platform media sosial, dari Twitter, Instagram, TikTok, hingga Facebook, sebagai bentuk dukungan kepada Palestina yang terus mendapat gempuran senjata dari Israel. 

Selain itu, emoji Semangka ini juga menggantikan lambang bendera Palestina yang dilarang berkibar oleh Israel. Semangka dipilih lantaran memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina, yakni merah, hijau, putih, dan hitam.

Saat menanam semangka, pilih tempat dengan sinar matahari penuh dan tanah lempung yang dikeringkan dengan baik, lalu pilih varietas yang akan mencapai kematangan sebelum embun beku pertama

Semangka memiliki ragam varietas, dari berukuran besar, berukuran lebih kecil, hingga semangka mini.

Dikutip dari The Spruce, Jumat (3/11/2023), setidaknya ada beberapa jenis semangka yang bisa ditanam di kebun rumah untuk mendapatkan buah yang pasti Anda sukai. 

Tanaman semangka iini tahan terhadap penyakit layu fusarium dan antraknosa serta membutuhkan masa pertumbuhan yang panjang dan panas.

Belmont

Selanjutnya, jenis semangka yang bisa ditanam di kebun rumah adalah belmont. Ini adalah semangka bulat tanpa biji dengan berat 2,7-4,5 kilogrm.

Jenis semangka belmont memiliki kulit berwarna hijau tua sangat kontras dengan daging buahnya yang berwarna merah tua.

Meski memiliki tanggal jatuh tempo yang panjang, tanaman merambatnya kuat dan menghasilkan hasil yang tinggi. 

Jenis semangka ini harus ditanam dengan varietas semangka berbiji di kebun untuk menyediakan serbuk sari agar buahnya bisa matang. 

Kulitnya tebal dan berwarna hijau tua tanpa garis-garis, sementara daging buahnya berwarna merah cerah dan renyah.

Bush sugar baby

Bush sugar baby menjadi jenis semangka yang bisa ditanam di kebun rumah. Ini menjadi semangka yang sempurna untuk kebun kecil di daerah dengan musim tanam yang pendek.

Bush sugar baby memiliki tanaman merambat pendek setinggi 91 sentimeter yang dapat menghasilkan dua buah semangka seberat 5,4 kilogram per tanaman.

Jenis semangka ini merupakan buah yang tahan retak pada awal musim dengan daging buah berwarna merah cerah. 

Kulit semangka ini berwarna hijau muda dengan garis-garis hijau tua dan tahan terhadap benturan atau kerusakan, sementara daging buahnya segar serta berwarna merah cerah.   

Congo 

Jenis semangka yang bisa ditanam di kebun lainnya adalah congo. Semangka jenis ini memiliki berat 50 kilogram atau lebih. Daging buah semangka ini berwarna merah cerah, memiliki biji hitam, serta garis-garis hijau muda dan hijau tua yang khas.

Tanaman semangka inni membutuhkan musim tanam yang panjang dan banyak ruang untuk tanaman merambat yang panjang. Semangka Congo menjadi pemenang All-American Selection (AAS)—sebuahkontes tanaman—pada 1950. 

Meski memiliki biji, jumlahnya sangat sedikit dan daging buahnya yang berwarna merah tua memiliki kandungan gula yang tinggi.

Tanaman semangka ini tahan terhadap penyakit layu fusarium dan antraknosa. Crimson sweet adalah pemenang AAS pada 1964.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/03/213800976/7-jenis-semangka-yang-bisa-ditanam-di-rumah-jadi-simbol-dukungan-palestina

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke