Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Membuat Kamar Tidur Tampak Mewah, Mudah Dilakukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Nuansa kamar tidur mewah adalah impian bagi banyak orang. Jika ingin menciptakan kamar tidur tampak mewah, Anda tidak selalu harus memiliki anggaran besar, sebab kadang perubahan desain terkecil dan sederhana bisa memberikan dampak yang luar biasa.

Mulai dari karya seni yang indah, hingga pemilihan seprai dan skema warna yang tepat, ada begitu banyak tren dekorasi kamar tidur yang kreatif dan mudah yang dapat kamar tidur terlihat lebih mewah.

Dikutip dari Homes & Gardens, Jumat (3/11/2023), berikut beberapa cara membuat kamar tidur tampak mewah yang mudah dilakukan.

1. Pertimbangkan skema warna kamar tidur

Memilih warna kamar tidur yang memberi Anda kegembiraan dan kenyamanan akan membuat kamar tidur terasa lebih menarik, pribadi, dan mewah.

Gaelle Dudley, spesialis warna dan pendiri GLDESIGN mengatakan, hal pertama yang diperhatikannya saat memasuki kamar tidur atau ruangan mana pun adalah warna cat.

"Bagi saya, ide cat kamar tidur memerlukan warna netral yang damai, warna putih, dan palet lembut. Warna matahari terbenam juga merupakan cara yang indah untuk menambahkan sentuhan kemewahan dan perasaan bahwa Anda sedang berlibur sepanjang tahun," ujar dia.

2. Gunakan wallpaper untuk sentuhan unik

Ide wallpaper kamar tidur akan selalu berfungsi untuk menghadirkan daya tarik visual yang menarik dan karakter unik pada ruangan dan dapat menjadi cara yang bagus untuk memberikan kehidupan dan gaya baru ke dalam ruangan.

"Baik Anda memilih pola yang lebih tradisional atau tampilan mural yang sedang tren, jangan ragu untuk menghadirkan warna dan pola ke dalam kamar tidur dengan wallpaper," ujar desainer interior Matthew Williamson.

Menurut dia, wallpaper detail yang digambar tangan tidak hanya akan memberikan kesan unik, elegan, dan mewah pada ruangan, namun juga akan selalu meningkatkan semangat Anda.

Williamson menyarankan untuk memilih warna dari desain kamar tidur dan gunakan ini untuk memilih soft furnishing dan aksesoris. Anda juga dapat menganggap wallpaper sebagai karya seni.

Agar mudah diperbarui, gunakan ide wallpaper di satu area ruangan, misalnya di belakang tempat tidur atau di langit-langit, untuk menciptakan aksen dinding kamar tidur yang menarik perhatian, daripada melapisi seluruh ruangan dengan wallpaper.

3. Pencahayaan berlapis

Skema pencahayaan berlapis tidak hanya berarti memiliki beberapa kumpulan cahaya yang tersebar di sekitar ruangan untuk ide pencahayaan kamar tidur, namun juga dapat berarti menggabungkan perpaduan desain yang lebih mewah, mulai dari lampu sorot fungsional hingga lampu dinding dan lampu gantung yang lebih artistik.

Ini adalah perpaduan yang indah yang praktis dan indah akan selalu berhasil membuat ruangan terasa lebih nyaman, berguna dan bergaya.

"Pencahayaan adalah perhiasan untuk rumah. Tampilan suatu ruangan dapat langsung ditingkatkan dengan perlengkapan pencahayaan yang Anda pilih, sehingga menjadi bagian pernyataan ruangan," jelas desainer interior Gaelle Dudley.

Menurut dia, lampu gantung berukuran besar yang indah misalnya dapat menambah efek dramatis dan keanggunan yang indah pada ruangan.

Dudley mengatakan, tempat tidur biasanya menjadi titik fokus utama kamar tidur sehingga Anda pasti ingin tempat tidur terlihat mewah, dengan bantal mewah, sandaran kepala yang indah, dan satu atau dua bantal dekoratif bagus yang menyatukan ruangan.

"Saya suka seprai putih bersih, membuat saya merasa seperti sedang dalam liburan tanpa akhir," ucap dia.

Desainer interior Kristina Khersonsky dari Studio Keeta juga mengatakan bagaimana pilihan headboard Anda dapat membuat perbedaan dalam membuat kamar tidur terlihat lebih mewah.

"Headboard berlapis kain dan rangka tempat tidur merupakan hal klasik di kamar tidur, tetapi memilih bahan bertekstur khusus seperti mohair atau beludru bertumpuk tinggi dapat menciptakan pengalaman sensorik dan sentuhan," terang dia.

Seprai terbaik dan rangka tempat tidur atau kepala tempat tidur yang bergaya dapat membuat perbedaan besar dalam membuat tempat tidur terlihat lebih mahal dan mewah.

5. Jangan lupakan meja samping tempat tidur

Kamar tidur yang tidak tertata dan berantakan tidak hanya berdampak pada tampilan dan nuansa ruangan, tetapi juga dapat memengaruhi tidur juga.

Barang-barang yang berserakan di meja samping tempat tidur sering kali merupakan salah satu zona yang paling tidak rapi.

Untuk tampilan yang lebih mewah yang mendorong tidur dan relaksasi, cobalah membuat meja samping tempat tidur yang rapi, ramping, dan tidak berantakan.

Dudley mengatakan, dalam hal desain kamar tidur, memilih meja samping tempat tidur yang tepat sangatlah penting. Pikirkan tentang rutinitas waktu tidur Anda saat memilih meja yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

"Apakah Anda seorang pembaca yang mungkin memerlukan penyimpanan lebih dari dua atau tiga buku? Apakah Anda memerlukan pengisi daya telepon atau jam alarm? Yang terpenting, pastikan semuanya menarik secara visual," saran dia.

Sembunyikan barang-barang yang tidak perlu di laci dan pajang barang-barang kecil di nampan yang indah. Menjaga segala sesuatunya tetap teratur dan rapi adalah cara terbaik untuk membuat ruangan terlihat lebih mewah, bersih, dan mengundang.

6. Tambahkan aksen dekoratif yang menarik

Mulai dari dekorasi dengan karya seni, hingga menghadirkan tanaman dalam ruangan, ornamen, dan permadani kamar tidur terbaik, aksen dekoratif ini dapat membuat perbedaan besar dalam membuat kamar tidur terasa lebih mewah dan terhubung dengan gaya pribadi Anda.

"Barang-barang sederhana seperti tanaman berbentuk unik atau seikat bunga dalam vas warna-warni di meja samping tempat tidur dapat memberikan kesan kamar tidur bergaya desainer," sebut Khersonsky.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/03/080000076/6-cara-membuat-kamar-tidur-tampak-mewah-mudah-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke