Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Abai, Ini 8 Tips Merawat Gigi Kucing yang Perlu Diterapkan

Selain itu, dengan merawat gigi dan mulut, maka kucing akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa mengancam nyawa kucing.

Maka dari itu, sebagai pemilik kucing peliharaan, Anda harus mengetahui cara merawat gigi kucing dengan benar.

Dilansir dari PetMD, Rabu (1/11/2023), berikut tips merawat gigi kucing yang perlu dilakukan dengan rutin.

Bersikap proaktif terhadap kesehatan gigi kucing

Kucing tidak bisa memberi tahu kita saat merasa sakit gigi atau tidak nyaman dengan mulutnya. Mereka bisa menyembunyikan rasa sakit, sehingga kita menganggap kondisinya baik-baik saja.

Maka dari itu, sebagai pemilik Anda harus bersikap proaktif terhadap kondisi kesehatan gigi kucing. Anda perlu mengetahui tanda atau ciri kucing sedang sakit gigi.

Selalu lakukan pengecekan kesehatan gigi secara berkala. Langkah ini bisa mendeteksi gangguan pada gigi dan mulut kucing sedini mungkin. Dengan demikian, pencegahan dan penanganan bisa dilakukan dengan tepat dan cepat.

Jangan abaikan bau mulut

Napas kucing yang bau amis seringkali dianggap normal. Padahal, kondisi ini bisa menjadi indikator adanya masalah pada gigi kucing.


Apabila tidak segera ditangani, napas kucing akan semakin bau. Tak hanya dari aroma napasnya, masalah gigi juga bisa dilihat saat kucing terus menerus mengeluarkan air liur.

Kondisi tersebut biasanya terjadi karena kucing mengidap penyakit gusi atau kerusakan pada gigi. Selain itu, saat Anda melihat gusi kucing berdarah ditambah dengan bau mulut dan air liur yang terus keluar dari mulut kucing, maka sebaiknya segera untuk membersihkan mulut kucing atau bahkan mencabut gigi kucing.

Bawa kucing untuk periksa gigi setiap tahun

Tips merawat gigi kucing selanjutnya yaitu dengan membawa kucing untuk cek gigi setiap tahun. Langkah ini diperlukan agar kita bisa mengetahui kondisi kesehatan gigi kucing.

Dengan melakukan pemeriksaan rutin, maka saat terjadi masalah kesehatan pada gigi dan mulut kucing, dokter bisa menangani dengan cepat dan tepat.

Membersihkan gigi kucing setiap hari

Aktivitas membersihkan gigi kucing setiap hari terdengar sangat merepotkan. Namun, langkah ini bisa membuat gigi dan mulut kucing tetap sehat.

Anda perlu membiasakan kucing untuk membersihkan gigi sejak kecill. Saat masih kecil, Anda bisa menggunakan kain aksa dan pasta gigi khusus kucing untuk membersihkan gigi dan mulut kucing.

Anda juga bisa mencoba mencelupkan jari dalam tuna kaleng atau ayam sebelum mengoleskannya ke gusi kucing. Tujuannya agar kucing tidak berontak saat giginya dibersihkan.

Setelah kucing mulai terbiasa dengan aktivitas gosok gigi, maka Anda sudah bisa menggunakan sikat jari berbulu halus atau sikat gigi khucuc kucing.

Gunakan pasta gigi khusus kucing dan jangan pernah gunakan pasta gigi manusia karena berbahaya untuk kucing.


Pijat gusi kucing

Kerusakan gigi kucing bisa diakibatkan oleh gusi yang iritasi atau meradang. Maka dari itu, saat membersihkan gigi, jangan lupa untuk memijat gusi kucing.

Dengan memijat gusi kucing, maka gusi menjadi lebih kuat dan menurunkan risiko kucing mengalami masalah pada gusi. Selain itu, cara ini juga bisa membantu mengurangi gejala gusi yang meradang atau memerah.

Berikan camilan yang bisa mengurangi karang gigi

Mengunyah camilan tertentu bisa membantu membersihkan gigi kucing. Maka dari itu, Anda bisa memberikan camilan khusus yang bisa mengurangi karang pada gigi kucing.

Namun, tetap perhatikan porsi camilan tersebut. Cara ini bisa dilakukan bersama dengan aktivitas menyikat gigi setiap hari

Berikan mainan keras

Secara alami, kucing merupakan predator yang memakan tulang keras. Namun, saat dipelihara kucing tidak diberi makanan keras atau memangsa hewan lain.

Maka dari itu, dokter hewan menyarankan untuk memberikan mainan yang keras agar kucing bisa mengunyahnya. Namun mainan tersebut tidak boleh lebih keras dari kuku manusia.

Sebab, mainan yang terlalu keras justru bisa menyebabkan gigi patah. Carilah mainan yang dibuat khusus untuk kucing.

Mengatur pola makan

Tips merawat gigi kucing lainnya yaitu dengan mengatur pola makan kucing. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan tentang makanan terbaik yang bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut kucing.

Untuk kucing yang sedang sakit gigi atau terdapat masalah pada mulut, pola makan perlu dirancang dengan khusus agar proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/01/124900376/jangan-abai-ini-8-tips-merawat-gigi-kucing-yang-perlu-diterapkan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke