Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Menjaga Kebersihan Rumah yang Memiliki Hewan Peliharaan

Namun, adanya hewan peliharaan juga dapat menjadi tantangan, salah satunya menjaga kebersihan rumah. Pasalnya, bulu hewan peliharaan dapat rontok dan mengotori lantai.  

Selain itu, hewan peliharaan dapat membawa berbagai macam penyakit, seperti parasit, bakteri, dan virus, jika tidak dijaga kebersihan dan kesehatannya. Penyakit-penyakit ini dapat menular ke manusia.

Maka itu, perlu membersihkan rumah secara rutin demi melindungi Anda dan anggota keluarga. 

Dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (25/10/2023), berikut enam cara menjaga kebersihan rumah yang memiliki hewan peliharaan.

Lakukan rutinitas pembersihan sehari-hari, seperti menyapu atau menyedot bulu hewan peliharaan serta mengepel lantai. 

Anda juga perlu melakukan pembersihan secara mendalam dan menyeluruh setiap minggu untuk membersihkan area hewan peliharaan. 

Segera bersihkan noda

Selanjutnya, cara menjaga kebersihan rumah yang memiliki hewan peliharaan adalah membersihkan noda segera.

Hewan peliharaan dapat menyebabkan noda di berbagai permukaan di rumah, termasuk karpet, sofa, dan lantai. Noda ini meliputi muntah, buang air besar, atau urine dari hewan peliharaan.

Untuk membersihkan noda tersebut, perlu dilakukan tindakan secepat mungkin. Semakin cepat membersihkan noda, semakin mudah menghilangkan noda. 

Gunakan produk pembersih khusus

Hewan peliharaan dapat menghasilkan banyak kotoran dan bau sehingga penting  menggunakan produk pembersih yang dirancang khusus untuk hewan peliharaan.

Produk pembersih khusus hewan peliharaan diformulasikan untuk menghilangkan noda dan bau hewan peliharaan secara efektif serta aman.

Bacalah label produk pembersih dengan cermat untuk memastikan produk tersebut terjamin aman digunakan di sekitar hewan peliharaan.

Perawatan hewan peliharaan

Perawatan hewan peliharaan, seperti memandikan dan menyisir bulu, secara teratur menjadi salah satu cara menjaga kebersihan rumah yang memiliki hewan peliharaan.

Menyisir bulu hewan peliharaan dapat menghilangkan bulu mati dan kotoran. Perawatan hewan peliharaan juga membantu mengurangi jumlah bulu yang rontok di sekitar rumah.

Untuk mencegah kerontokan, penting memilih sampo hewan peliharaan yang sesuai dengan jenis bulu hewan peliharaan. 

Air purifier juga dapat membantu meningkatkan kualitas udara, mengurangi alergi, dan meningkatkan kesehatan.

Gunakan air purifier yang memiliki filter HEPA untuk menghilangkan partikel kecil dari udara, termasuk bulu hewan peliharaan. 

Setelah itu, tempatkan air purifier di area yang sering dilalui atau tempat hewan peliharaan berada. Bersihkan filter air purifier secara teratur. Filter yang kotor tidak dapat membuat air purifier bekerja efektif. 

Gunakan throw di sofa

Terakhir, cara menjaga kebersihan rumah yang memiliki hewan peliharaan adalah menggunakan throw di sofa.

Throw merupakan selimut atau kain yang diletakkan di atas sofa untuk menambah keindahan atau kenyamanan.Throw juga dapat melindungi sofa dari bulu hewan peliharaan, kotoran, dan bau.

Throw dapat diletakkan di berbagai furnitur lainnya untuk membantu mencegah hewan peliharaan merusak furnitur.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/25/110000876/6-cara-menjaga-kebersihan-rumah-yang-memiliki-hewan-peliharaan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke