Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Menghilangkan Cat dari Ubin, Mudah dan Cepat

Menghilangkan cat dari lantai bisa menjadi tugas membosankan dan memakan waktu, tetapi hanya membutuhkan sedikit usaha. 

Pendekatan terbaik akan tergantung pada apakah Anda mencoba menghilangkan cipratan kecil atau lapisan cat yang tebal.

Ada beberapa metode berbeda untuk menghilangkan cat dari lantai. Apa pun cara yang dipilih, tips ini akan membantu Anda mengembalikan ubin yang telah dicat ke kondisi semula.

Cara terbaik menjaga lantai bebas cat adalah segera membersihkan tumpahan cat basah, berhati-hatilah tidak menyebarkan cat ke seluruh nat saat melakukannya.

Jika noda cat masih menempel di lantai meski Anda telah berusaha sebaik mungkin, ada beberapa cara menghilangkan cat dari lantai. 

Sebelum memulai proses pembersihan, tentukan pendekatan mana yang paling masuk akal untuk ukuran dan cakupan proyek pembersihan Anda.

Tumpahan cat yang keras dan membandel mungkin membutuhkan pengupas cat komersial, yang juga dikenal sebagai penghapus cat.

Namun, untuk cipratan kecil cat kering pada ubin, Anda dapat mengikisnya dengan lembut menggunakan pisau serbaguna.

Nah, dilansir dari The Spruce, Kamis (19/10/2023), berikut sejumlah cara menghilangkan cat dari lantai.  

  • Bersihkan area

Isi ember bersih dengan larutan pembersih 50-50 antara cuka putih dan air. Rendam kain atau lap bersih ke dalam larutan tersebut, lalu seka area tersebut untuk menetralkan permukaannya.

  • Uji penghilang cat di area kecil

Sebelum mengoleskan penghilang cat ke seluruh permukaan yang akan dihilangkan catnya, ujilah di area yang tidak terlalu mencolok pada ubin.

Dengan menggunakan kain lap bersih, aplikasikan penghilang cat sesuai anjuran kemasan dan diamkan selama waktu yang disarankan-antara 15 menit hingga beberapa jam. 

Gunakan kain lap bersih untuk mengoleskan produk ke ubin, kemudian diamkan selama waktu yang disarankan pada kemasan.

  • Kikis cat dari ubin

Setelah mendiamkan penghilang cat, gunakan pengikis plastik untuk mengikis cat yang sudah mengendur dari ubin, peganglah pada sudut 45 derajat. Lanjutkan hingga semua cat telah dibersihkan dari ubin.

  • Bersihkan area

Setelah semua cat dibersihkan dari ubin, bersihkan area tersebut. Isi ember bersih dengan air sabun hangat, gunakan lap bersih untuk membersihkan ubin dengan larutan pembersih.  

Cara menghilangkan cat dari lantai dengan uap 

Jika jumlah cat yang perlu bersihkan dari ubin cukup banyak (terlalu besar untuk dikikis), tetapi tidak ingin menggunakan bahan kimia, Anda dapat menggunakan pengering rambut untuk melonggarkan cat. Berikut cara menghilangkan cat dari lantai dengan uap. 

1. Kenakan sarung tangan pelindung, kacamata, dan masker debu.

2. Kerjakan satu area kecil pada satu waktu, panaskan ubin dengan pengering rambut sambil terus menggerakkan alat tersebut untuk menghindari titik yang gosong. Lanjutkan hingga cat mulai terangkat dan terasa lembut.

3. Gunakan pengikis plastik yang dipegang dengan sudut 45 derajat untuk mengikis cat dari ubin, dari tepi luar dan bergerak ke tengah ubin.

4. Seka ubin dengan kain yang dibasahi air. Ulangi langkah-langkah di atas sampai semua cat hilang. 

Cara menghilangkan cat dari lantai dengan pisau serbaguna

1. Mulailah menguji metode ini di area yang tidak mencolok. Pegang pisau serbaguna pada sudut 45 derajat dan kikis cat dengan hati-hati menggunakan sapuan pendek dan lembut.

Jika cat terkelupas tanpa mempengaruhi glasir ubin, lanjutkan ke langkah berikutnya. Jika ada kerusakan yang terlihat atau cat tidak terkelupas, lakukan metode berbeda.

2. Lanjutkan dengan sapuan pendek dan lembut untuk mengikis cat hingga semua cat terangkat. Basahi kain lap bersih dengan air dan seka ubin hingga bersih.  

Cuka putih juga terjangkau dan tidak beracun untuk digunakan saat perlu menghilangkan cat dari lantai. Cara ini paling baik untuk tumpahan atau tetesan cat yang lebih kecil.

Namun, keasaman cuka putih dapat merusak ubin batu alam yang terbuat dari marmer, travertine, dan granit. Jadi, hanya gunakan cuka putih untuk menghilangkan cat dari lantai laminasi, keramik, vinil, atau porselen. Berikut caranya: 

1. Isi mangkuk atau ember besar dengan cuka putih. Tambahkan kain bersih dan biarkan terendam.

2. Angkat kain yang telah direndam dan letakkan di atas ubin yang telah dicat. Diamkan selama dua hingga tiga jam.

3. Ketika cat telah melunak, gunakan pengikis plastik untuk mengikis cat dengan sudut 45 derajat, berhati-hatilah agar tidak mengikis nat. Ulangi sampai semua cat telah dibersihkan.

4. Basahi kain lap bersih dengan air dan seka ubin hingga bersih. 

Nah, itu dia cara menghilangkan cat dari lantai. Selamat mencoba!

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/19/192700376/4-cara-menghilangkan-cat-dari-ubin-mudah-dan-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke