Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kesalahan Desain yang Membuat Rumah Terlihat Kecil

Desain rumah harus disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya serta kondisi lingkungan. 

Selain itu, memperhatikan aspek fungsionalitas, kenyamanan, juga keamanan sehingga menciptakan desain rumah yang baik serta memberikan kenyamanan.

Jika mendesain rumah dengan salah, hal ini akan memberikan dampak merugikan, seperti membuat ruangan terlihat kecil walau sebenarnya ukurannya besar.

Dikutip dari Real Simple, Jumat (6/10/2023), berikut lima kesalahan desain yang membuat rumah terlihat kecil.

Sarah Stacey, desainer interior asal Amerika Serikat, menyarankan mempertimbangkan jumlah orang untuk furnitur yang akan diletakan.

Kemudian memilih furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan dan letakkan secara strategis, seperti di dekat dinding untuk memberi ruangan lebih banyak ruang.

Jangan takut mengurangi furnitur karena dapat membuat ruangan terasa lebih luas dan lega. Anda dapat menambahkan dekorasi sederhana dan tidak terlalu ramai untuk mengisi kekosongan tersebut. 

Memilih furnitur tanpa mengukurnya terlebih dulu 

Selanjutnya, kesalahan desain yang membuat rumah terlihat kecil adalah memilih ukuran furnitur yang salah.

Memilih furnitur tanpa mengukurnya terlebih dulu dapat menjadi kesalahan besar karena biasanya akan berakhir dengan furnitur yang terlalu besar atau kecil untuk ruangan.

Furnitur yang terlalu besar dapat membuat ruangan terasa lebih sempit, sedangkan furnitur yang terlalu kecil membuat ruangan terasa kosong dan tidak nyaman.

Untuk menghindari kesalahan ini, selalu pastikan mengukur ruangan sebelum membeli furnitur. Anda juga dapat menggunakan selotip biru untuk membuat garis besar untuk mengetahui dimensi lantai.

Hal ini akan memberikan Anda gambaran yang jauh lebih realistis tentang ukuran yang sesuai dengan ruangan. 

Jika memiliki kamar tidur kecil, lebih baik hindari meletakkan tempat tidur di sudut ruangan. Sebaliknya, letakkan tempat tidur di tengah ruangan untuk menciptakan lebih banyak ruang terbuka dan membuat ruangan terasa lebih luas. 

Dekorasi yang berantakan

Dekorasi yang berantakan juga menjadi kesalahan desain yang membuat rumah terlihat kecil, ramai, dan penuh. 

Maka itu, penting memastikan meletakkan dekorasi secara rapi dan benar selain lebih enak untuk dilihat guna membuat Anda merasa lebih nyaman.

Jika memiliki ruang yang kecil, lebih baik memilih dekorasi sederhana dan tidak terlalu ramai sehingg membuat ruangan terasa lebih luas dan lapang.  

Lampu lantai 

Terakhir, kesalahan desain yang membuat rumah terlihat kecil adalah menggunakan lampu lantai di ruanga keluarga kecil.

Lampu lantai dapat memakan terlalu banyak ruang kecil dan menghalangi pandangan. Untuk ruang keluarga kecil, sebaiknya menghindari menggunakan lampu lantai.

Sebagai solusinya, gunakan lampu meja atau lampu dinding untuk pencahayaan berlapis. Kedua lampu ini akan memakan lebih sedikit ruang dan membuat ruangan terasa lebih luas.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/06/164000376/5-kesalahan-desain-yang-membuat-rumah-terlihat-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke