Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Aturan Menata Ruang Keluarga yang Bikin Nyaman

Ruang keluarga yang nyaman akan membuat penghuni rumah merasa rileks dan betah saat berada dan menghabiskan waktu di sana. 

Ruang keluarga yang nyaman juga harus estetis sehingga menjadi tempat menyenangkan untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Karena itu, penting menata ruang keluarga dengan nyaman dan estetis. Dikutip dari Real Simple, Senin (2/10/2023), berikut aturan menata ruang keluarga yang dapat memberi kenyamanan menurut ahli. 

Hal ini bisa berupa televisi, jendela berukuran besar, karya seni yang mengesankan, atau barang yang menonjol lainnya.

Setelah memiliki titik fokus, bangun tata letak ruang keluarga yang nyaman. Pilih titik fokus yang menarik perhatian orang-orang yang masuk ke ruangan. 

Jika televisi sebagai titik fokus ruang keluarga, pastikan menempatkannya di tempat semua orang dapat melihatnya dengan jelas.

Begitu pun dengan karya seni, pastikan itu adalah karya seni yang Anda sukai dan akan membuat ruangan terasa lebih menarik.

Jika masih tidak yakin apa titik fokusnya, lihat sekeliling ruangan dan perhatikan detail interior dalam rumah. Perhatikan interior atau barang apa yang sekiranya paling menonjol serta dapat dijadikan titik fokus di ruang keluarga. 

Ikuti aturan 2:3 untuk sofa 

Selanjutnya, aturan menata ruang keluarga adalah mengikuti aturan 2:3 untuk sofa. Tamara Honey dari House of Honey—butik desain interior asal Amerika Serikat—mengatakan sofa merupakan salah satu barang interior terpenting di ruang keluarha. Jadi, penting mempertimbangkan ukuran sofa sebelum membelinya.

Honey menyarankan mengikuti aturan 2:3 dalam memilih ukuran sofa yang tepat. Sofa yang ideal dan dapat membuat nyaman penghuni rumah memiliki perbandingan 2:3 dengan ukuran ruang keluarga. 

Menurut Honey, sofa sebaiknya berjarak beberapa sentimeter dari dinding agar membuat penghuni mudah berjalan dan menciptakan ruang keluarga yang nyaman.

Dengan memberi ruang, penghuni rumah dapat mendapatkan akses jalan yang baik dan terasa lebih nyaman.

Honey menyarankan jarak 91-107 sentimeter di belakang sofa, tapi jarak ini bisa disesuaikan dengan ukuran sofa dan ruang keluarga. 

Selain itu, perlu  memperhatikan bahaya kebakaran kalau memiliki rumah tua dengan radiator atau ventilasi pemanas.

Jika sofa terlalu dekat dengan radiator atau ventilasi pemanas, ini dapat menimbulkan bahaya kebakaran.  

Pilih sofa serbaguna

Terakhir, aturan menata ruang keluarga adal memilih sofa serbaguna. Selain ukuran dan gaya, perlu juga mempertimbangkan kegunaan dari sofa itu sendiri. Jika  memiliki keluarga besar atau suka mengadakan acara, pilih sofa yang bisa diatur dengan mudah.

Sofa modular adalah pilihan tepat. Sofa ini terdiri atas beberapa bagian yang bisa disatukan atau dipisahkan sesuai kebutuhan dan tentunya dapat membuat nyaman.

Menurut Younis, sofa modular memberikan banyak pilihan konfigurasi. Kamu bisa mengaturnya menjadi sofa lurus, L-shape, bahkan sofa bed.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/10/02/103655376/4-aturan-menata-ruang-keluarga-yang-bikin-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke