Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membasmi Rayap di Rumah Pakai Petroleum Jelly, Mudah Dilakukan

JAKARTA, KOMPAS.com - Rayap adalah salah satu hama pengganggu di rumah. Rayap bertahan hidup dengan memakan serat selulosa dari kayu.

Kehadiran rayap di rumah adalah hal yang mengkhawatirkan, karena bisa merusak berbagai benda dari kayu, mulai dari perabotan hingga kusen, pintu, dan jendela. Namun, Anda bisa membasmi rayap di rumah dengan menggunakan petroleum jelly.

Dilansir House Digest, Jumat (29/9/2023), petroleum jelly adalah produk sampingan dari industri bahan bakar fosil. Bahan berlebih dimurnikan dan dimurnikan menjadi zat bening seperti lilin.

Namun, bahan ini tidak beracun untuk digunakan pada kulit, sehingga Anda akan merasa nyaman menggunakannya di rumah.

Jika Anda menghadapi masalah rayap di rumah, petroleum jelly bisa menjadi salah satu solusinya. Petroleum jelly pada dasarnya menciptakan zat licin dan tidak menyenangkan yang tidak ingin ditembus oleh rayap dan hama lainnya.

Karena petroleum jelly bukan racun, Anda tidak perlu khawatir akan membunuh serangga bermanfaat atau merugikan populasi serangga lokal dalam prosesnya.

Cara membasmi rayap di rumah pakai petroleum jelly

Langkah pertama adalah mencari tahu di mana infestasi rayap berada. Rayap berkembang biak dengan cepat, jadi penting untuk mengatasi masalah ini sesegera mungkin.

Jika rayap menyerang furnitur kayu, Anda bisa mulai dengan menggosoknya dengan petroleum jelly agar rayap tidak mengganggunya. Bahan yang lengket dan licin akan membuat penjelajahan menjadi tidak menyenangkan, bahkan ada yang mati.

Meski bukan racun, namun petroleum jelly dapat melapisi tubuh rayap dan mengganggu kemampuan bernapas.

Saat rayap sudah hilang, pastikan untuk membersihkan sisa jeli dan rayap yang mati dari furnitur Anda. Poles kayu dengan kain lembut yang lembut agar terlihat seperti baru.

Namun, cara ini akan memperbaiki gejalanya, bukan penyebab masalahnya, yakni sumber rayap di rumah.

Setelah Anda berhasil menyelamatkan apa yang langsung diserang, periksalah rumah dan coba cari tahu dari mana datangnya rayap. Kemudian Anda bisa mengoleskan petroleum jelly untuk menghalangi jalurnya agar rayap tidak masuk ke rumah.

Petroleum jelly adalah cara mengusir rayap yang murah dan mudah. Selain itu, hal ini tidak menimbulkan risiko kesehatan yang serius terhadap makhluk hidup lain di rumah.

Efektivitasnya mungkin membuat Anda bertanya-tanya apakah ada zat lengket lainnya di rumah yang memiliki efek serupa, sehingga Anda dapat menghindari insektisida beracun.

Meskipun lebih sedikit ahli yang menyebutkannya dibandingkan petroleum jelly, lidah buaya mungkin merupakan pengusir rayap yang baik. Anda dapat menggunakannya dengan cara yang sama.

Oleskan gel lidah buaya ke furnitur dan area rumah yang terserang rayap, dan gunakan untuk memblokir jalur masuk rayap.

Karena lidah buaya lebih sedikit diproses dibandingkan petroleum jelly, beberapa orang mungkin lebih menyukainya sebagai larutan yang tidak terlalu beracun.


Namun, jika Anda memiliki hewan peliharaan atau anak-anak yang penasaran, perlu diingat bahwa lidah buaya dan petroleum jelly tidak aman dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Rayap adalah serangga yang sangat tangguh, sehingga menjadikannya hama utama. Dengan solusi sederhana ini, Anda dapat menjauhkannya sekaligus menghindari biaya insektisida dan pengendalian hama.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/29/154300776/cara-membasmi-rayap-di-rumah-pakai-petroleum-jelly-mudah-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke