Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Mengatasi Pintu Kulkas yang Tidak Menutup Rapat

Hal ini dapat menyebabkan penumpukan kondensasi di dalam kulkas dan kompresor bekerja keras untuk mendinginlan kulkas atau bahan makanan yang disimpan di dalamnya. 

Selain itu, pintu kulkas tidak menutup rapat dapat merusak makanan dan miniman yang disimpan serta membuang-buang listrik.

Untungnya, masalah pintu kulkas tidak menutup rapat ini dapat diatasi dengan mudah, sama dengan menata isi kulkas.

Dikutip dari Weekand, Senin (25/9/2023), berikut cara mengatasi pintu kulkas yang tidak menutup rapat.

Anda mungkin perlu memperbaiki atau mengganti rak dan laci yang rusak jika hal ini terjadi. Posisikan ulang barang apa pun yang mungkin terlalu dekat dengan pintu, yang dapat mencegahnya menutup.

Cobalah menutup pintu kulkas lagi. Jika sudah tertutup baik, Anda bisa melanjutkannya. 

Bersihkan gasket dan engsel pintu kulkas

Selanjutnya, cara mengatasi pintu kulkas yang tidak menutup rapat adalah membersihkan gasket dan engsel pintu. Mungkin ada penumpukan kotoran yang menghalangi pintu kulkas menutup rapat.

Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk membersihkan bagian kulkas yang lain, yang mungkin memiliki lebih banyak minyak, kotoran, dan debu.

Bersihkan bagian dalam lipatan paking bergaya akordeon untuk menghilangkan semua partikel makanan dan kotoran dari permukaannya.

Seka paking hingga kering dengan kain bersih lainnya. Periksa paking untuk memastikan Anda telah membersihkannya secara menyeluruh, dan bersihkan lagi jika perlu. 

Ambil alat pengukur ketinggian dan letakkan di atas kulkas. Tarik pemanggang dari bagian bawah kulkas untuk membuka kaki dan sekrup penyetara. 

Putar kaki penyamarataan dengan tang searah atau berlawanan arah jarum jam untuk menaikkan atau menurunkan kulkas hingga gelembung pada penyamarataan berada tepat di antara dua garis vertikal.

Beberapa kulkas memiliki sekrup penyamarataan di samping kaki depan. Dalam hal ini, Anda harus memutar sekrup searah atau berlawanan arah jarum jam dengan obeng atau obeng mur hingga kulkas sejajar.

Pasang kembali pemanggang dan periksa pintu kulkas. Jika masih tidak menutup dengan rapat, Anda mungkin perlu mengganti cam penutupnya. 

Anda dapat memesan suku cadang baru yang dirancang untuk model kulkas tertentu di situs website resmi produsen. Setelah itu, mengganti komponen itu sendiri dengan mengikuti petunjuk di bawah ini. 

1. Putar termostat kulkas dan freezer ke tingkat terendah atau posisi "mati". Kosongkan isi kulkas dan pindahkan ke peti berinsulasi.

2. Lepaskan sekrup yang menahan penutup engsel ke bagian atas kulkas. Angkat penutup engsel untuk membuka engselnya.

3. Lepaskan baut yang menahan engsel ke bagian atas kulkas dengan kunci soket atau mur. Tarik engsel dari pintu kulkas. 

4. Pegang pintu kulkas dengan kedua tangan dan angkat. Pindahkan pintu kulkas ke permukaan yang rata. 

5. Cungkil cam penutup nilon dari bagian bawah pintu dengan obeng pipih. Masukkan cam penutup yang baru ke dalam pintu kulkas. 

6. Bersihkan pin engsel bawah dan cam penutup kulkas dengan air sabun hangat. Keringkan engsel dan cam, lalu lapisi permukaan cam dan pin engsel dengan sedikit petroleum jelly.

7. Letakkan pintu kulkas pada pin engsel bagian bawah. Masukkan engsel atas ke pintu kulkas dan kencangkan dengan baut yang telah Anda lepaskan sebelumnya.

Pasang kembali penutup engsel dan kencangkan dengan sekrup penutup engsel.

8.Setelah pintu kulkas tertutup kembali, pindahkan isi dari peti berinsulasi ke dalam kulkas. Putar kembali termostat kulkas dan freezer ke pengaturan semula. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/25/211500476/4-cara-mengatasi-pintu-kulkas-yang-tidak-menutup-rapat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke