Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Manfaat dan Cara Membuat Biopori di Rumah

Lubang tersebut dibuat dekat dengan tanaman. Kemudian, dalam lubang diisi sampah organik dan biarkan sampah tersebut terurai sempurna.

Unsur hara dari pengomposan bahan organik akan langsung dikirimkan ke akar tanaman, sehingga tanaman tumbuh subur. Pembuatan biopori di rumah ternyata mendatangkan banyak manfaat.

Dilansir dari situs milik Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, Selasa (29/8/2023), berikut ini manfaat dan cara membuat biopori di rumah dengan mudah.

Manfaat biopori

Pembuatan biopori ternyata memiliki banyak manfaat untuk manusia maupun lingkungan. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

  • Mengurangi sampah organik

Lubang biopori merupakan salah satu wadah untuk mengelola sampah organik dengan mudah. Dengan adanya biopori di rumah, maka kita tidak perlu lagi membuang sampah organik ke tempat sampah.

Seluruh sampah dapur dan sampah organik lain yang dihasilkan di rumah bisa langsung diolah menjadi kompos melalui lubang biopori tersebut.

  • Menyuburkan tanah

Letak biopori yang berada di dalam tanah membuat area tersebut menjadi subur. Pasalnya, sampah organik yang masuk dalam lubang biopori lambat laun akan membusuk dan menjadi kompos.

Kompos tersebut akan membuat tanah lebih subur. Jika ditanami, maka tanaman akan tumbuh dengan baik dan panennya maksimal.


  • Mencegah banjir

Siapa sangka jika lubang biopori sederhana bisa membantu mengurangi banjing. Hal tersebut dikarenakan biopori bisa membantu menyerap dan mengalirkan air ke dalam tanah. Dengan demikian, tidak akan terjadi genangan saat hujan turun dan banjir bisa dicegah.

  • Menyeimbangkan kadar air dalam tanah

Manfaat biopori lainnya yaitu bisa membantu menyeimbangkan kadar air dalam tanah. Manfaat ini berkaitan erat dengan aktivitas organisme dalam tanah, seperti cacing.

Pengomposan dalam lubang biopori dibantu oleh cacing. Selama pengomposan, cacing akan membuat terowongan kecil.

Terowongan tersebut ternyata bisa membantu menyerap air ke dalam tanah. Dengan demikian, kadar air akan meningkat dan bidang resapan juga juga bisa meningkat hingga 40 kali lipat.

Cara membuat biopori di rumah

Selain memiliki banyak manfaat, pembuatan lubang biopori juga tidak sulit. Berikut langkah-langkahnya.

Alat dan bahan biopori

  • Alat bor
  • Pipa PVC dan penutupnya
  • Sampah organik
  • Air

Proses pembuatan

  1. Tentukan lokasi yang akan menjadi tempat pembuatan biopori.
  2. Kemudian, siram dengan air agar tanah di tempat tersebut menjadi lebih lunak.
  3. Lubangi tanah menggunakan bor tanah. Buat lubang tegak lurus sedalam 1 meter dengan diameter kurang lebih 10 sampai 30 cm.
  4. Lapisi lubang biopori dengan paralon yang sudah beri lubang kecil-kecil.
  5. Isi sampah organik dalam lubang tersebut kemudian tutup lubang biopori dan biarkan sampah terurai menjadi kompos.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/29/214400976/mengenal-manfaat-dan-cara-membuat-biopori-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke