Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menanam Bawang Putih di Dalam Ruangan, Hemat Pengeluaran

Namun, dengan sedikit keahlian, bawang putih dapat ditanam di pot dan dalam ruangan. Ini bisa menjadi solusi sangat baik untuk petani perkotaan yang tidak memiliki ruang untuk taman luar ruangan yang luas. 

Menanam bawang putih di dalam ruangan bisa jadi lebih sulit daripada menanamnya di kebun dan sering kali bawang putih di dalam ruangan hanya ditanam untuk menghasilkan sayuran yang beraroma.

Namun, jika memiliki kesabaran untuk itu, Anda dapat menanam bawang putih hijau dan umbi di dalam ruangan untuk digunakan dalam berbagai masakan, seperti menumis sejumlah sayuran serta memasak ikan dan daging.

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (18/8/2023), berikur cara menanam bawang putih di dalam ruangan.  

Bawang putih dapat ditanam di dalam ruangan dalam pot terakota sederhana dengan kedalaman minimal 15 sentimete dan memiliki lubang drainase.

Pilih lokasi di dalam ruangan yang menerima cahaya terang selama enam hingga delapan jam setiap hari. Tanaman bawang putih tumbuh subur dengan banyak sinar matahari.

Jika cahaya terang tidak tersedia, menanam bawang putih di bawah lampu pertumbuhan adalah pilihan, tetapi tanaman tidak akan sekuat tanaman yang tumbuh di bawah cahaya alami.  

Bagaimana dan kapan menanam bawang putih di dalam ruangan? 

Waktu terbaik menanam bawang putih di dalam ruangan, tergantung pada apakah Anda ingin menanam sayuran atau umbi.

Jika puas menanam bawang putih hijau saja, Anda bisa menanam siung bawang putih di dalam ruangan kapan saja.

Namun, apabila ngin menanam bawang putih yang montok dan lezat, tanam siung bawang putih pada awal musim gugur.

Siung bawang putih yang ditanam pada musim ini akan menghasilkan umbi yang dapat dipanen pada musim semi berikutnya. 

Jika ingin menanam bawang putih untuk sayuran, tanam beberapa siung dalam satu pot, tetapi pastikan siung tidak bersentuhan.

Dalam waktu sekitar tujuh hingga 10 hari, daun bawang putih akan muncul dan Anda dapat memetiknya untuk digunakan dalam salad, tumisan, dan hidangan lainnya.

Menyisakan sekitar 2,5 sentimeter daun bawang pada siung akan mendorongnya tumbuh kembali, menghasilkan beberapa kali panen daun bawang sebelum siung habis.

Jika ingin menanam bawang putih di dalam ruangan, berikur langkah-langkah yang harus diikuti: 

Saat menanam bawang putih di dalam ruangan, Anda perlu meniru suhu dingin taman musim dingin. Siung bawang putih leher lunak dan leher keras harus didinginkan selama beberapa minggu sebelum ditanam.

Anda dapat melakukannya dengan menempatkan siung bawang putih di dalam kulkas atau memasukkannya ke pot dan meletakkan pot tersebut di luar selama beberapa minggu pada musim gugur atau musim dingin saat suhu dingin.

Periode dingin yang singkat ini mendorong siung bawang putih untuk berkecambah dan ini merupakan langkah penting menanam bawang putih di dalam ruangan.   

  • Pisahkan siung bawang putih 

Setelah mendinginkan umbi bawang putih, pisahkan siung secara perlahan dengan jari-jari, jaga kulit bawang putih tetap menempel pada siung sebanyak mungkin.

Sambil bekerja, periksa siung dan buang siung yang terlihat rusak, berjamur, atau lunak.

  • Tambahkan tanah 

Selanjutnya, isi wadah tanam dengan campuran pot standar yang memiliki drainase baik, tambahkan campuran yang cukup untuk mencapai sekitar lima sentimeter di bawah pinggiran pot. 

  • Tempatkan siung bawang putih 

Masukkan siung bawang putih dengan ujung runcing ke pot dan tekan setiap siung sekitar setengah bagian ke dalam campuran pot.

Jika ingin menanam beberapa siung bawang putih dalam satu pot, beri jarak setiap siung setidaknya 15 sentimeter. 

  • Tuangkan lebih banyak tanah 

Terakhir, cara menanam bawang putih di dalam ruangan adalah menungakan lebih banyak tanah sehingga setiap siung bawang putih tertutup sekitar 1,5 sentimeter tanah. Padatkan campuran pot dengan lembut di sekitar bawang putih dan sirami siung. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/18/205200776/cara-menanam-bawang-putih-di-dalam-ruangan-hemat-pengeluaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke