Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, 8 Cara Merawat Furnitur agar Tahan Lama dan Tak Cepat Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com - Furnitur adalah salah satu aspek penting di rumah dan dimaksudkan untuk digunakan dalam jangka panjang. Namun, furnitur akan bertahan lama dan tidak cepat rusak asalkan Anda merawatnya dengan baik.

Furnitur akan bertahan selama Anda membutuhkannya dengan perawatan yang konsisten dan pemeliharaan umum, kata Jenon Bailie, direktur merchandising dan desain di Room & Board, dikutip dari Real Simple, Jumat (18/8/2023).

Menurut Bailie, saat Anda menjaga furnitur tetap bersih dan memperhatikan cara pemakaiannya, Anda bisa lebih proaktif membuatnya bertahan lebih lama.

Bailie menjelaskan, ada beberapa cara merawat furnitur agar tahan lama, mulai dari perubahan kebiasaan hingga trik perawatan. Berikut di antaranya.

1. Beli furnitur berkualitas baik

Langkah pertama untuk membuat furnitur  bertahan lebih lama adalah dengan membeli furnitur yang lebih baik.

Furnitur berkualitas tinggi dapat bertahan selama beberapa dekade, sedangkan furnitur modern yang dibuat dengan harga murah dapat dengan cepat rusak.

Jika Anda memulai dengan sesuatu yang dibuat dengan buruk, itu mungkin tidak bertahan lama, bahkan jika Anda memperlakukannya dengan sangat hati-hati.

2. Perlakukan furnitur dengan baik

Karena hidup kita menjadi lebih santai dan furnitur menjadi lebih murah, banyak orang telah melupakan dasar-dasar perawatan furnitur. Gunakan furnitur seperti yang dirancang untuk digunakan.

Misalnya, sofa tidak boleh digunakan untuk anak-anak melompat-lompat, lengan kursi bukanlah tempat duduk, dan kursi makan pasti tidak untuk digunakan sebagai tangga.

Saat Anda memindahkan furnitur, angkat furnitur, bukan diseret.

3. Rawat bantal sofa

Anda perlu membalik, memutar, dan mengembang bantal sofa secara teratur, kata Bailie. Ini akan memastikan bantalan lebih rata dan mempertahankan kelembutannya lebih lama.

Sarah Rinehart Fleischer, desainer interior yang berbasis di Brooklyn menyatakan, Anda juga dapat memakai bantal dengan selalu duduk di tempat yang sama.

4. Bersihkan furnitur berlapis kain dengan vacuum cleaner

Vacuum cleaner tidak hanya untuk membersihkan lantai. Menghilangkan hal-hal seperti bulu hewan peliharaan atau debu dengan vacuum cleaner atau vacuum cleaner genggam akan mencegah kain lebih cepat rusak, terang Bailie.

Jangan lupa melepas bantalan yang longgar dan menyedot debu di bawahnya, agar remah-remah dan kotoran yang terkumpul tidak terlihat.

5. Jangan biarkan tumpahan atau noda

Jika ada makanan tumpah, selalu segera tangani, saran Fleischer.

Singkirkan noda sebanyak mungkin dengan kain kering yang bersih–dan jangan digosok, imbuh Bailie. 

Jika ragu, jangan lakukan apa pun dan hubungi seorang profesional, saran Fleischer.

6. Jauhi sinar matahari

Untuk meminimalkan pemudaran, hindari menempatkan kain pelapis di bawah sinar matahari langsung, saran Bailie. Ini mungkin berarti mengatur ulang ruangan Anda, memasang perawatan jendela tambahan, atau memasang stiker film surya di jendela.

7. Lindungi permukaan furnitur kayu

Alas piring, tatakan gelas, dan taplak meja mungkin terasa agak kuno bagi sebagian orang, tetapi itu membantu Anda menghindari kerusakan permukaan meja dengan benda panas atau lembap seperti gelas minum.

Di ruangan lain di rumah, hindari meletakkan barang-barang seperti perhiasan langsung di lemari atau meja nakas yang dapat dengan mudah menggores permukaannya.

Jika Anda menyimpan segelas air di meja samping tempat tidur, jangan lupakan tatakan gelas.

8. Berhati-hatilah terhadap pembersih kayu

Dalam hal perawatan kayu, taruhan terbaik adalah mengikuti saran pembuatnya. Bailie dan tim di Room & Board mengatakan untuk menghindari semir furnitur, karena dapat terakumulasi dari waktu ke waktu dan meninggalkan residu.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/08/18/134107176/simak-8-cara-merawat-furnitur-agar-tahan-lama-dan-tak-cepat-rusak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke