Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencuci Handuk dan Seprai Bersamaan, Boleh atau Tidak?

Sementara seprai sebagai pelapis untuk melindungi kasur dari berbagai kotoran yang berasal dari tubuh, seperti keringat, sisa makeup dan skincare, dan sisa kulit mati. 

Meski memiliki tujuan berbeda, handuk dan seprai sering kali dicuci bersama, baik menggunakan tangan maupun mesin cuci. 

Namun, bolehkan mencuci handuk dan seprai bersamaan? 

Ada dua argumen berbeda tentang hal ini. Beberapa orang bersikeras handuk dan seprai tidak boleh dicuci bersama.

Sedangkan, sebagian yang lain mengatakan handuk dan seprai boleh dicuci bersama. Hal ini karena tidak hanya menghemat air, tapi juga jumlah beban cuci dan waktu pengerjaan. 

Jika Anda sudah pernah melakukan hal ini, mungkin berpikir apa masalahnya jika mencuci handuk dan seprai bersamaan? 

Namun, ada beberapa alasan bagus untuk mempertimbangkan kembali teknik pencucian Anda jika selama ini mencampurkan semuanya di mesin cuci.

Cheryl Nelson, pendiri dan pemilik Prepare with Cher, mengatakan secara teknis, mencuci handuk dan seprai bersamaan boleh dilakukan, tetapi idealnya yang terbaik adalah mencuci keduanya secara terpisah.  

Dilansir dari Apartement Theraphy, Sabtu (29/7/2023), ada sejumlah alasan tidak mencuci handuk dan seprai bersamaan.  

Mendapatkan cucian lebih bersih 

Nelson mengatakan handuk berukuran besar dan seprai tidak dapat bersirkulasi dengan mudah di dalam air. Jika handuk-handuk itu menumpuk di dalam seprai, ini tidak akan membuat handuk bersih.

Menjemur seprai dan handuk secara bersamaan juga bisa menjadi masalah. "Handuk juga dapat terbungkus di dalam seprai dan tidak kering sepenuhnya sehingga menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri," imbuh Nelson.

Untuk cucian bebas kuman, Nelson mengatakan membaca label pada handuk dan seprai.

"Sebagian besar handuk (katun) dan seprai katun biasanya dapat dicuci dengan air panas dan seprai poliester dengan air hangat," ucapnya.

Namun, perlu dicatat, dapat mencuci seprai dengan air dingin, terutama jika ingin mencegah cetakan atau warna yang lebih gelap memudar.  

"Jangan pernah mencuci handuk dengan bahan halus, seperti sutra, karena gesekan handuk dengan sutra secara terus-menerus dapat merusak bahan tersebut," Nelson menjelaskan, 

Sebaiknya, mencuci seprai sutra secara terpisah dari handuk dengan siklus halus. Perhatikan juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkannya.

"Jika mengeringkan seprai dan handuk secara bersamaan, ketahuilah seprai biasanya tidak membutuhkan waktu pengeringan yang lama," ucap Nelson. 

Mencegah seprai menumpuk

Nelson menjelaskan mencuci handuk dan seprai secara terpisah juga dapat menunda penumpukan yang terjadi pada seprai dengan penggunaan berulang kali 

"Serat sintetis akan menarik serat dan serat alami akan melepaskan serat pada setiap kali pencucian dan pengeringan. Jadi, jangan mencuci handuk dan seprai bersamaan karena akan menyebabkan penumpukan," tambah Nelson.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/29/200900176/mencuci-handuk-dan-seprai-bersamaan-boleh-atau-tidak-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke