Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencegah Kaki Seribu Masuk ke Halaman Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaki seribu adalah serangga yang sering ditemukan di halaman rumah. Meskipun kaki seribu sering merupakan serangga menguntungkan yang memakan daun dan tanaman yang membusuk, mereka dapat menjadi hama.

Kaki seribu bisa menjadi hama ketika jumlahnya meningkat atau jika sumber makanan mereka hampir habis.

Dikutip dari House Digest, Senin (24/7/2023), kaki seribu diketahui memakan akar tomat, lobak, stroberi, kubis, jagung, kentang, wortel, dan kacang-kacangan, menyebabkan kerusakan di kebun dan halaman rumah.

Kaki seribu kadang-kadang akan mengincar bibit, memakan daun dan batang tanaman, dan akan mengejar umbi bunga dan menggali ke dalam umbi.

Kaki seribu aktif di malam hari dan menikmati lingkungan yang lembap dan gelap.

Dengan menyingkirkan tempat-tempat yang mungkin menjadi tempat persembunyiannya, seperti di bawah batu, tumpukan kayu bakar, atau tumpukan daun atau potongan rumput, Anda dapat menjauhkan kaki seribu dari halaman rumah.

Berikut beberapa cara mencegah kaki seribu di halaman rumah.

Bersihkan selokan dan genangan air

Karena kaki seribu menyukai lingkungan yang lembap, menyingkirkan genangan air akan membantu menjauhkannya. Anda mungkin perlu melihat apakah pot bunga menahan air hujan berlebih atau apakah selokan Anda tersumbat, yang dapat menahan kelembapan.

Jika Anda menggunakan alat penyiram otomatis agar rumput tetap hijau, coba atur alat penyiram untuk menyirami rumput di pagi hari.

Ini akan membantu memastikan rumput tidak basah di malam hari saat kaki seribu berkeliaran.

Arthropoda ini juga dikenal berlindung di rerumputan tinggi atau semak-semak yang tidak dipangkas. Jika Anda menyimpan tumpukan kayu, mengangkatnya dari tanah akan mencegah kaki seribu bersembunyi di sana.

Bila Anda melihat beberapa kaki seribu di halaman rumah, cukup sapu dengan sapu ke lokasi lain, seperti di dekat tempat kompos.

Kaki seribu tidak berbahaya

Kaki seribu mungkin terlihat menyeramkan karena ratusan kakinya dan tubuhnya yang berkelok-kelok dan tersegmentasi, tetapi makhluk ini cukup tidak berbahaya bagi manusia.

Meskipun mereka akan menghasilkan cairan berbau ketika ditangani yang membuat beberapa orang alergi, mereka tidak menggigit dan tidak akan mengganggu Anda jika Anda membiarkannya.

Kaki seribu juga lebih suka memakan bahan tanaman yang membusuk, dan buah-buahan serta sayuran yang tumbuh di kebun Anda adalah pilihan terakhir bagi mereka.

Daripada memusnahkan makhluk-makhluk ini, cobalah untuk mengarahkannya ke dekat tumpukan kompos.

Jika ada kaki seribu atau jika mereka tidak mau meninggalkan halaman rumah, coba sebarkan sedikit abu kayu di atas tanah. Ini membantu mengusir kaki seribu dan mencegahnya bertelur, tetapi berhati-hatilah, karena terlalu banyak abu kayu terkadang berbahaya bagi tanah.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/24/195200476/cara-mencegah-kaki-seribu-masuk-ke-halaman-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke