Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menyimpan Strawberry di Kulkas dan Freezer agar Tahan Lama

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah strawberry digemari karena rasanya manis dan serbaguna. Strawberry bisa dikonsumsi segar, dijadikan bahan untuk kue, hingga diolah menjadi minuman.

Namun, jika Anda tidak ingin langsung mengonsumsi strawberry, Anda perlu mengetahui cara menyimpannya dengan benar.

Yang terbaik adalah menyimpan strawberry, tidak dicuci dan utuh, sampai Anda siap menggunakannya, saran Lynn Blanchard, direktur Better Homes & Gardens, Kamis (20/7/2023).

Berikut cara menyimpan strawberry di kulkas dan freezer agar tahan lama.

Cara menyimpan strawberry di kulkas

Penting untuk tidak mencuci strawberry sebelum disimpan di kulkas. Sebab, buah ini cenderung menyerap air, dan itu memperpendek umur simpannya, tutur Blanchard.

Perusahaanberr Driscoll merekomendasikan agar Anda menyimpan strawberry sekering mungkin selama disimpan di kulkas. Simpan di wadah tempat Anda membelinya, atau pindahkan buah strawberry ke penyimpanan dangkal dengan tisu dapur.

Taburkan strawberry di atasnya dalam satu lapisan. Tutupi dengan penutup dan letakkan di rak di dalam kulkas, saran Blanchard.

Untuk memaksimalkan rasa, keluarkan wadah berisi strawberry dari kulkas satu atau dua jam sebelum Anda berencana mengonsumsinya. Strawberry cenderung terasa paling enak pada atau di dekat suhu kamar, jelas pakar di Driscoll.

Tepat sebelum Anda berencana untuk mengonsumsi atau menggunakan strawberry dalam resep, bilas buah dengan air dingin, lalu gunakan pisau untuk membuang daun dan batangnya dengan hati-hati. Iris sesuai keinginan dan nikmati.

Cara menyimpan strawberry di freezer

Cara yang paling umum untuk menyimpan strawberry adalah dengan membekukannya secara utuh dan tanpa pemanis.bAda juga cara membekukan stroberi dengan gula.

Sebelum Anda menyimpan strawberry di freezer, cuci bersih dengan menempatkannya di saringan dan bilas dengan lembut di bawah air dingin sebelum membuang batangnya.

Jika Anda membuang batangnya sebelum dicuci, lebih banyak air dapat masuk dan memengaruhi tekstur dan rasa. Selanjutnya, sebarkan strawberry dengan hati-hati dalam satu lapisan di atas nampan atau loyang yang dilapisi dengan tisu dapur.

Tepuk-tepuk stroberi hingga kering dengan handuk bersih lainnya, atau biarkan mengering sendiri.

Atur seluruh stroberi di atas loyang kering dan bekukan sampai padat, beberapa jam sudah cukup. Ini membuat stroberi lepas, membuat pengukuran dan pencairan lebih mudah nantinya.

Anda bisa mengupas strawberry sebelum dibekukan. Jika Anda lebih suka mengiris strawberry sebelum dibekukan, abaikan langkah pembekuan di atas.

Pindahkan strawberry beku ke wadah freezer. Kantong penyimpanan silikon yang dapat digunakan kembali adalah cara yang ramah lingkungan untuk menyimpan strawberry beku.

Sisakan sedikit ruang di bagian atas kantong atau wadah karena buah dapat mengembang. Beri label kantong atau wadah dengan nama strawberry, tanggal beku, dan jumlahnya.

Simpan kantong berisi strawberry secara mendatar di dalam freezer. Anda juga bisa meletakkan kantong di atas nampan atau loyang terlebih dahulu untuk memastikan permukaannya rata.

Tambahkan kantong atau wadah berisi stroberi ke dalam freezer secara bertahap untuk memastikannya membeku dengan cepat, dan sisakan ruangan di sekitar masing-masing agar udara dapat bersirkulasi. Anda dapat menumpuk kantong atau wadah setelah buah dibekukan.

Menurut Departemen Kesehatan & Layanan Kemanusiaan AS, Anda dapat menyimpan strawberry dengan aman di dalam freezer hingga satu tahun.

Cara membekukan strawberry dengan gula

Anda juga dapat memilih untuk mempermanis strawberry sebelum membekukannya. Masukkan sedikit strawberry utuh atau irisan ke dalam kantong atau wadah freezer dan taburi sedikit dengan gula.

Ulangi pelapisan, sisakan sedikit ruang di bagian atas kantong atau wadah. Tutup dan diamkan buah selama sekitar 15 menit atau sampai berair.

Tutup wadah dan bekukan strawberry sesuai petunjuk di atas.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/20/101100376/cara-menyimpan-strawberry-di-kulkas-dan-freezer-agar-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke