Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Benda yang Harus Disingkirkan dari Dapur Minimalis, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur sering disebut sebagai jantungnya rumah. Pasalnya, dapur adalah tempat memasak dan menyiapkan makanan setiap hari, dengan penyimpanan yang kerap penuh pula.

Desain dapur minimalis saat ini banyak diaplikasikan oleh pemilik rumah, karena menghadirkan tampilan ruangan yang rapi dan bersih. Di luar desain dapur minimalis, dapur minimalis adalah tentang mengurangi kekacauan untuk mendapatkan ruang yang masuk akal.

Dikutip dari Homes & Gardens, Senin (17/7/2023), minimalisme sering kali merupakan skala. Desain minimalis ekstrim memangkas jumlah barang-barang Anda menjadi hanya barang-barang penting yang dibeli dari tempat terbaik untuk membeli peralatan dapur.

Sementara itu, desain dapur minimalis Skandinavia mesnyaratkan semua yang Anda simpan adalah barang praktis dan memiliki tujuan.

Seberapa jauh Anda memutuskan untuk menerapkan minimalisme di dapur dapat bergantung pada gaya hidup Anda dan bagaimana Anda suka memasak. Idenya adalah untuk menciptakan keseimbangan yang tajam antara dapur yang memiliki ruang yang cukup untuk berfungsi, dan juga memiliki alat yang tepat untuk memasak.

Berikut beberapa benda yang harus disingkirkan dari dapur minimalis menurut beberapa pakar dan praktisi desain interior.

1. Set pisau

Satu set pisau dapur mungkin terlihat sangat membantu Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan sekaligus. Namun, set pisau kadang berlebihan dan akan meninggalkan Anda dengan pisau yang tidak akan Anda gunakan, kata Janice Carte, koki profesional dan pendiri Tiny Spoon Chef.

Set pisau juga seringkali berkualitas lebih rendah. Sebagai gantinya, Anda harus membelanjakan uang untuk membeli pisau dapur terbaik yang Anda bisa dan jumlahnya lebih sedikit.


Jika Anda memiliki pisau dapur yang bagus dan pisau pengupas yang bagus, Anda akan siap memasak, ujar Carte.

Selama Anda mengasah pisau dan menyimpannya dengan benar dengan penutup di laci, Anda akan bisa memggunakannya selama bertahun-tahun yang akan datang dan menghemat ruang, imbuh dia.

2. Semua benda di meja dapur

Saat mencoba mempraktikkan minimalis, merapikan meja dapur sangatlah penting untuk membantu mengurangi kekacauan dan menjaga kebersihan ruangan secara visual untuk mengurangi stres.

Ini, tentu saja tidak berarti membuang segala sesuatu untuk memberi ruang, tetapi menemukan tempat di lemari untuk barang-barang yang masih Anda gunakan, dan membuang barang-barang yang tidak Anda gunakan, jelas Reba Basset, penata profesional di Revelation Organizing.

Nilailah seberapa banyak Anda menggunakan peralatan atau barang yang lebih besar. Jika menghabiskan cukup banyak ruang, maka singkirkan.

Baset menggunakan aturan yang terbaik, favorit, dan perlu saat melewati kekacauan, menjaga hal-hal yang memenuhi kriteria ini, dan menyingkirkan hal lainnya. Pikirkan kualitas daripada kuantitas di sini, saran dia.

3. Perangkat sekali pakai

Satu hal yang diminta oleh setiap pengatur rumah dan koki untuk kita singkirkan di setiap daftar periksa penataan dapur adalah perangkat sekali pakai yang sebenarnya tidak kita perlukan.

Peralatan apa pun yang hanya digunakan sekali tidak akan sehebat itu, dan Anda harus menyingkirkannya, terang Georgia Burdett, organisator profesional dan pendiri For the Love of Tidying.

Lebih baik lagi, sebelum membeli produk ini, tanyakan pada diri Anda apakah itu adalah sesuatu yang dapat Anda lihat terintegrasi ke dalam rutinitas memasak dan digunakan secara teratur, saran dia.

4. Panci dan wajan antilengket

Panci dan wajan antilengket adalah pembelian yang memikat bagi banyak orang yang mungkin tidak percaya diri bekerja dengan panci dan wajan stainless steel dan besi cor, tetapi ini adalah beberapa panci yang paling sulit disimpan karena tidak mudah ditumpuk.

Panci dan wajan antilengket menghabiskan lebih banyak ruang dan bisa menyebabkan tekanan. Untuk dapur minimalis, Carte merekomendasikan mengganti ini demi beberapa panci yang bagus.

Beli satu wajan besi cor dan pelajari cara merawatnya. Investasi sekali akan membantu Anda seumur hidup, ungkap Carte. 

5. Buku masak fisik

Buku masak bisa menjadi dekorasi dapur yang bagus, tetapi jika Anda mencari ruang yang benar-benar rapi, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menyingkirkan buku masak fisik, terutama karena kita dapat beralih ke digital dengan mudah, sebut Arianna Foster, ahli gizi dan koki.

Dengan ketersediaan berbagai aplikasi resep, e-book buku masak, dan sumber daya online, lebih mudah dari sebelumnya untuk mengakses berbagai macam resep tanpa memerlukan salinan fisik. Cukup gunakan tablet dengan wadah berdiri.

Ini tidak hanya menghemat ruang tetapi juga mengurangi limbah kertas, ucap Foster.

6. Microwave dan pemanggang roti

Basset menyatakan, untuk menciptakan dapur minimalis, Anda dapat menyingkirkan peralatan multifungsi seperti oven pemanggang roti dan rice cooker, serta peralatan tunggal seperti pemanggang roti, microwave, pembuat kopi, dan blender.

Semua peralatan ini melakukan tugas yang dapat dilakukan oleh peralatan lain, seperti menggunakan kompor, seperti memanggang atau memanaskan sisa makanan, yang membutuhkan waktu lebih lama tetapi selalu terasa lebih enak.

Alih-alih pembuat kopi, gunakan alat pour over, dan gunakan blender multiguna yang bagus yang dapat digunakan untuk semua jenis makanan, bukan blender genggam yang kurang bertenaga, saran Basset.

Tentu saja, kita memerlukan peralatan makan yang baik dan berkualitas baik juga, tetapi memiliki banyak peralatan makan dapat menjadi terlalu banyak untuk dapur minimalis, sebut Burdett.

Ini juga berlaku untuk jumlah mug dan gelas yang berlebihan, imbuh dia.

Hitung berapa banyak cangkir yang Anda dan orang lain gunakan di rumah setiap hari. Seberapa sering teman dan keluarga berkunjung? Kemudian tentukan jumlah gelas yang sesuai yang Anda butuhkan di lemari dapur.

Sebab, biasanya, orang punya terlalu banyak. Selain itu, apakah Anda perlu menyimpan set peralatan makan berisi 26 buah yang telah Anda gunakan untuk satu acara khusus dalam lima tahun terakhir?

Miliki satu, mungkin dua, set yang bagus, dan rawatlah, saran Burdett.

Apa yang harus dimiliki di dapur minimalis?

Bahkan ketika Anda ingin menciptakan dapur minimalis, sangat penting untuk tetap memiliki setidaknya satu dari setiap hal penting di dapur. Ini akan menjadi salah satu dari setiap jenis panci dan wajan, pisau, peralatan, set piring, dan peralatan dapur dasar.

Idenya adalah untuk menyingkirkan peralatan dan perangkat sekali pakai yang lebih merupakan tipu muslihat daripada fungsional.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/17/114212776/7-benda-yang-harus-disingkirkan-dari-dapur-minimalis-apa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke