Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tips Menata Ruang Tamu Outdoor agar Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memaksimalkan luas rumah, ruang tamu luar ruangan atau ruang tamu outdoor dapat menjadi area yang nyaman dan menyenangkan untuk keluarga serta tamu.

Ruang tamu tambahan tersebut dapat memanfaatkan area halaman belakang hingga balkon. Untuk menatanya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti pengaturan furnitur hingga pencahayaan.

Dikutip dari Woman and Home, Sabtu (8/7/2023), berikut sejumlah tips menata ruang tamu outdoor.

1. Pilih pengaturan sofa yang nyaman

Hadirkan kenyamanan ruang tamu dalam ruangan dengan memilih gaya furnitur luar ruangan yang sama.

Sofa berlapis kain akan secara instan menghadirkan nuansa ruang tamu dalam ruangan ke ruang sosial di halaman belakang rumah.

Sabina Miller, buying director di toko furnitur Heal's mengatakan, kunci untuk menciptakan ruang terbuka yang fungsional adalah memastikan Anda memiliki furnitur luar ruangan yang sesuai yang akan menawarkan kenyamanan dan daya tahan yang sama seperti yang Anda harapkan dari desain dalam ruangan. 

2. Tambahkan karpet luar ruangan

Karpet outdoor memiliki berbagai fungsi saat digunakan di ruang terbuka. Pertama, menambahkan pola dan warna pada lantai, baik itu patio, rumput, atau deck.

Di samping itu, terdapat elemen fungsional untuk memberikan kenyamanan di bawah kaki, karena tidak seperti di ruang tamu dalam ruangan, kaki telanjang Anda akan terpapar berbagai elemen luar ruangan.


Karpet akan menghindarkan kaki Anda dari luka bakar di permukaan lantai yang panas pada siang hari yang terik, atau dari permukaan yang licin saat hujan deras yang tiba-tiba turun.

3. Atur furnitur di sekitar meja kopi

Terapkan prinsip-prinsip penataan yang sama seperti yang Anda lakukan saat mengatur ruang tamu dalam ruangan. Sebuah meja rendah akan memberikan area luar ruang yang lebih fungsional.

Meja kopi di dalam ruangan terkadang hanya digunakan untuk menyatukan dekorasi, menyediakan titik fokus untuk mengisi ruang yang terbuang, atau sebagai tempat membaca majalah atau buku favorit.

Sebaliknya, meja kopi di ruang tamu luar ruangan lebih praktis, menyediakan tempat yang ideal untuk menempatkan barang-barang seperti perlengkapan berkebun atau makanan ringan dan minuman jika Anda sedang menjamu tamu.

4. Pencahayaan

Anda dapat mengambil inspirasi dari skema pencahayaan ambient di ruang tamu Anda untuk menghadirkan pencahayaan yang sama ke ruang luar.

Reilly Gray, pendiri toko furnitur outdoor SUNS Lifestyle mengatakan, lampu dan lentera yang bertenaga surya dan dapat diisi ulang sangat cocok digunakan di laur ruangan.

Lampu tersebut dapat dipindahkan dengan mudah, menawarkan lebih banyak fleksibilitas dan pilihan pencahayaan terarah.


Pencahayaan yang tepat memberikan kesan rumah yang sesungguhnya sekaligus memungkinkan Anda untuk menikmati ruang luar Anda lama setelah matahari terbenam, tutur Gray.

5. Tambahkan naungan

Akan ada saat-saat ketika Anda perlu menghindari sinar matahari. Untuk itu, Anda membutuhkan tempat berteduh yang sesuai.

Awning merupakan salah satu pilihan untuk menyediakan tempat berteduh.

"Pertama, Anda perlu memikirkan bagaimana Anda menggunakan ruang Anda saat ini, dan apa yang ingin Anda capai dengan memasang awning," kata James Chilton, product manager Hillarys.

Awning tersedia dalam berbagai jenis kain yang memungkinkan Anda untuk menemukan warna, pola, dan tekstur yang tepat untuk ruang Anda.

6. Membuat zona bersantai

Ketika tidak sedang menjamu teman dan keluarga, Anda dapat menggunakan ruang untuk bersantai dengan menggunakan bean bag atau bantal lain.

Sisihkan satu sudut area ruang tamu luar ruangan untuk menjadi zona bersantai. Ini akan menjadi area yang ideal untuk menikmati pengaturan yang tidak terlalu formal dibandingkan dengan susunan sofa dan meja kopi.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/08/115200276/6-tips-menata-ruang-tamu-outdoor-agar-nyaman-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke