Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Bahan Alami Membersihkan Kamar Mandi dengan Mudah

Lantaran sering digunakan anggota keluarga di rumah, menjaga kebersihan kamar mandi penting dilakukan.  

Apalagi mengingat kamar mandi rentan mengalami kotor, memiliki kelembapan tinggi, serta banyak kuman dan bakteri berkembang biak.

Untungnya, membersihkan kamar mandi mudah dilakukan. Paling penting hindari menggunakan bahan pembersih kimia keras yang dapat berisiko buruk pada kesehatan.  

Nah, dilansir dari How Stuff Works, Jumat (7/7/2023), berikut lima . 

Baby oil atasi buih sabun

Buih sabu dapat mengotori beberapa permukaan dan benda di kamar mandi, seperti bathtub dan dinding. 

Baby oil dapat membantu membersihkan buih sabun. Caranya, campurkan satu bagian baby oil ke dalam empat bagian air.

Selanjutnya, gunakan corong untuk menuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot yang bersih dan semprotkan ke sisi-sisi bathtub, tapi usahakan  tidak menyemprot langsung ke dasar bathtub.

Biarkan larutan tersebut selama beberapa menit untuk melonggarkan buih sabun, kemudian bersihkan dengan kain atau spons yang bersih serta lembap. 

Untuk menghilangkan minyak yang menempel di bathtub dan membuatnya licin, seka dengan spons yang telah dibasahi cuka putih. Seperti biasa, pastikan berhati-hati saat Anda masuk dan keluar dari bathtub. 

Untuk menghilangkan sisa sabun dan noda kalsium di bathtub, wastafel, dan ubin sekitarnya, gunakan pasta yang terbuat dari krim tartar serta hidrogen peroksida 3 persen.

Dalam wadah kecil, campurkan hidrogen peroksida secukupnya ke dalam krim tartar untuk membentuk pasta kental.

Kemudian, oleskan pasta tersebut langsung ke permukaan krim tartar dan gunakan sikat berbulu halus untuk menggosok permukaannya dengan pasta tersebut.

Setelah itu, bilas permukaan bathtub dan wastafel hingga bersih dan lap hingga kering.

Jika tidak memiliki sikat berbulu halus, gunakan stoking nilon bekas. Digulung menjadi bola atau diselipkan di atas kaus kaki katun bekas (tapi bersih) yang telah digulung menjadi bola.

Nilon tersebut menjadi penggosok antigores yang sangat baik untuk membersihkan wastafel dan bathtub.  

Cola untuk bersihkan mangkuk kloset 

Minuman cola dapat digunakan untuk membersihkan kloset, bahkan membantu melonggarkan noda-noda air sadah  membandel.

Untuk memanfaatkannya, cukup kosongkan sekaleng cola ke dalam mangkuk, biarkan bekerja selama sekitar satu jam, lalu gosok dan siram.

Gunakan spons atau kain yang dibasahi dengan cuka putih untuk menyeka tetesan cola yang lengket yang mungkin tercecer di pelek atau permukaan lain di dekatnya.

Pastikan membersihkan semua cipratannya jika Anda tidak ingin ada serangga di kamar mandi. Cuka juga akan membersihkan dan mendisinfeksi permukaan-permukaan ini. 

Selain boraks, cuka putih juga dapat digunakan sebagai pembersih kloset. Tuangkan cuka ke bawah dan sekeliling bagian dalam mangkuk kloset, lalu diamkan selama 30 menit atau lebih.

Sementara itu, gunakan kain yang telah dibasahi cuka untuk mengelap tepi atas mangkuk, bagian atas dan bawah dudukan kloset, serta tutupnya.

Terakhir, ambil sikat kloset, lalu taburkan sedikit baking soda di atasnya, gosok noda yang tersisa di bagian dalam mangkuk kloset, dan siram. 

Namun, saluran pembuangan yang berfungsi baik sangat penting jika ingin menggunakan kamar mandi untuk beberapa tujuan utamanya, seperti mencuci rambut, wajah, atau tangan.

Bantu mempercepat pengurasan yang lambat dengan menuangkan 118 mililiter baking soda ke dalamnya, lalu masukkan 117 mililiter cuka putih.

Jangan membungkuk untuk melihat cara kerja pembersih saluran pembuangan ini. Sebab, kedua bahan ini saat digabungkan cenderung berbusa dan mendesis.

Meski campuran ini tidak beracun, Anda tentu tidak menginginkannya mengenai mata. Setelah sekitar 20 menit, siram saluran pembuangan dengan air yang sangat panas. 

Nah, itu dia sejumlah lima bahan alami membersihkan kamar mandi dengan mudah.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/07/084849276/5-bahan-alami-membersihkan-kamar-mandi-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke