Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Tanda-tanda Harus Mengganti Spons Cuci Piring

JAKARTA, KOMPAS.com - Spons cuci piring sangat penting untuk kegiatan memasak sehari-hari. Akan tetapi, Anda disarankan mengganti spons cuci piring secara teratur.

Faktanya, dikutip dari House Digest, Selasa (20/6/2023), disarankan untuk membuang spons dan menggantinya dengan yang baru setidaknya setiap minggu. Ini adalah sekitar waktu yang akan mulai berbau dan terasa berlendir.

Meskipun demikian, Anda dapat memperpanjang masa pakainya hingga dua minggu dengan membersihkannya secara teratur di microwave atau mesin pencuci piring.

Anda tidak disarankan menyimpan spons dapur lebih lama lagi, atau Anda meningkatkan risiko penyakit bawaan makanan dan kontaminasi silang.

Saat Anda mencuci piring, partikel makanan tersangkut di dalamnya, memberi makan mikroorganisme. Selain itu, spons cuci piring tetap lembap lama setelah Anda selesai menggunakannya, dan mereka tertutup celah-celah kecil.

Ketika Anda menggabungkan semua faktor ini, E. coli, salmonella, dan 360 jenis bakteri lainnya dapat tumbuh di spons dapur Anda, menurut sebuah penelitian dari tahun 2017.

Meskipun tidak semuanya patogen berbahaya, lebih baik menjaga spons tetap bersih daripada risiko sakit karena kotor, kata Trina McMahon, ahli mikrobiologi dan profesor di University of Wisconsin – Madison, AS.

Menggunakan sabun cuci piring dan air panas tidak cukup untuk mencucinya. Faktanya, air yang lebih hangat akan menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi bakteri untuk berkembang biak.

Cara terbaik untuk menjaga keluarga Anda aman dari potensi patogen adalah dengan mengetahui kapan saatnya mengganti spons cuci piring.

Ganti spons cuci piring jika terlihat kotor atau berbau tidak sedap

Ada banyak tanda yang harus diperhatikan pada spons cuci piring yang memberi tahu Anda sudah waktunya untuk mengganti spons cuci piring.

Anda harus menggunakan tangan, mata, dan hidung Anda untuk memutuskan apakah itu harus dibuang ke tempat sampah. Pertama, lihat spons untuk melihat apakah kotor.

Jika Anda tidak dapat memutuskan apakah cukup kotor untuk dihilangkan, Anda harus mencium baunya.

Apabila spons cuci piring memiliki bau asam, mirip dengan jamur, ini terjadi karena bakteri.

Selain itu, perhatikan bagaimana rasanya di tangan Anda saat mencuci piring. Seiring waktu, spons bisa menjadi berlendir dari bakteri dan partikel makanan di dalamnya.

Anda harus membuang spons jika Anda melihat salah satu atau semua tanda-tanda ini.

Markus Egert, profesor mikrobiologi dan kebersihan di Furtwangen University, memiliki cara yang lebih mudah untuk menguraikannya saat Anda terlambat membeli spons baru. Lihat saja di kalender.

Jika Anda telah menggunakan yang sama selama satu hingga dua minggu, saatnya untuk mendapatkan yang baru, tutur Egert.

Menggantinya begitu sering mungkin tampak sia-sia, tetapi ini akan melindungi Anda dan keluarga dari penyakit bawaan makanan. Anda dapat lebih mudah menggunakan spons baru dengan membeli sebungkus besar spons murah untuk disimpan di dapur.

Sanitasi spons untuk membuatnya lebih awet

Ada cara untuk membersihkan spons dapur agar tidak perlu sering-sering menggantinya.

Kuncinya adalah membunuh bakteri yang tumbuh di dalamnya dengan membersihkannya. Metode yang Anda pilih bergantung pada peralatan apa yang Anda miliki untuk digunakan.

Pilihan terbaik adalah mesin pencuci piring. Ini akan membunuh 99,9 persen bakteri di spons dapur, kata Marla Mock, presiden Molly Maid.

Yang harus Anda lakukan adalah meletakkannya di rak bersama dengan piring kotor Anda dan menjalankan siklus dengan fitur kering yang dipanaskan.

Cara lain untuk membunuh bakteri ada di microwave. Pertama, rendam spons dalam air sabun yang panas. Kemudian microwave selama dua menit.

Anda harus berhati-hati saat melakukannya karena api dapat menyala jika spons Anda tidak benar-benar basah.

Peringatan lain untuk opsi ini adalah tidak dapat diandalkan dalam membunuh 99,9 persen kuman seperti mesin pencuci piring. Ini karena gelombang mikro tersedia dalam berbagai kekuatan, dan spons tersedia dalam berbagai ukuran.

Terakhir, Anda bisa membersihkannya dengan larutan pemutih. Isi wadah dengan satu liter air hangat dan setengah sendok teh pemutih.

Kemudian letakkan spons di dalamnya dan pastikan sudah benar-benar basah. Setelah satu menit, Anda dapat melepasnya dan kembali mencuci piring.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/20/140000476/simak-tanda-tanda-harus-mengganti-spons-cuci-piring

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke