Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Ide Dekorasi Ruang Tamu Kecil yang Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang tamu kecil bisa memberikan tantangan tersendiri dalam hal dekorasi. Seringkali dekorasi ruang tamu kecil bisa salah jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana.

Ada banyak ide dan trik dekorasi ruang tamu kecil untuk membantu mengubah ruang kecil menjadi sesuatu yang bergaya dan canggih, apa pun bentuk dan proporsinya, dan maksimalkan ruang di ruang tamu kecil.

Jadi, apakah Anda memiliki ruang tamu kecil di apartemen atau di rumah kecil, Anda dapat membuat ruang tersebut berfungsi paling baik untuk Anda dengan gaya yang cerdas.

Dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (20/6/2023), berikut beberapa ide dekorasi ruang tamu kecil yang nyaman.

1. Karpet di ruang tamu kecil

Bagi sebagian besar dari kita, karpet adalah bagian integral dari desain ruangan, namun kadang tidak dipertimbangkan dengan baik. Selain itu, karpet seringkali merupakan pilihan yang dikompromikan.

Namun, elemen dekoratif ini jauh lebih dari sekadar keputusan dengan prioritas rendah. Memilih karpet yang tepat menjadi sangat penting untuk kesuksesan dekorasi ruang tamu kecil.

Menurut desainer interior Henriette von Stockhausen, karpet harus memiliki setidaknya tiga warna dalam desain untuk melengkapi ruangan.

James Thurstan Waterworth, pendiri Thurstan menyatakan bahwa karpet memainkan peran penting dalam bagaimana rencana desain ruang tamu akan diwujudkan, dan harus menjadi keputusan pertama Anda saat menata ruang tamu kecil.

Saat bekerja dengan ruangan yang tidak terlalu luas, Thurstan merekomendasikan kurasi yang dipertimbangkan dari barang-barang penting, memasang karpet besar sebagai jangkar untuk skema dan kemudian memulai dari sana, memilih warna dari karpet dan memperindahnya ke seluruh ruangan.

2. Jangan abaikan pencahayaan

Ruang tamu kecil mendapat manfaat dari skema pencahayaan dekoratif yang dipilih dengan baik.

Menurut Claire Sa, direktur De Rosee Sa, atmosfer dan dimensi dapat ditambahkan ke ruang tamu kecil dengan tingkat pencahayaan terkontrol yang berbeda.

Level terendah mungkin berupa lampu di meja samping, berikutnya adalah lampu di atas meja, konsol, atau bufet. Terakhir, tambahkan lebih sedikit daripada lebih banyak lampu langit-langit terarah.

Posisikan lebih dekat ke dinding dan miring menjauh dari tengah ruangan untuk menciptakan fitur yang bersinar, misalnya, karya seni dinding, saran Sa.

3. Pertimbangkan pengaturan tempat duduk

Kepraktisan adalah kunci untuk ruang tamu kecil, dan tata letak serta penempatan furnitur yang Anda pilih tidak hanya dapat mengakomodasi gaya hidup Anda, tetapi juga menyempurnakannya.

Saat menata furnitur di ruang tamu, perlu diingat bahwa sofa dan kursi harus saling berhadapan jika memungkinkan untuk membuat tempat duduk 'berbicara'.

Ketika ada orang yang datang untuk berkumpul, Anda menyadari bahwa pengaturan tempat duduk Anda sudah benar, kata desainer interior Nina Campbell.


Anda harus selalu mempertimbangkan tata letak ruang tamu kecil dari sudut pandang sosial dan praktis. Rencanakan tempat duduk dalam kelompok untuk memastikan percakapan mengalir saat Anda memiliki tamu dan pertimbangkan skala dan bagaimana bagian yang berbeda akan duduk bersama, ujar dia.

Pastikan juga bahwa tamu dapat 'pergi' dengan nyaman tanpa mengganggu arus, imbuhnya.

4. Elemen pelengkap yang lembut

Elemen dekorasi pelengkap yang lembut di rumah Anda memainkan peran penting dalam keseluruhan tampilan dan nuansa ruang, jadi pilihlah bahan, warna, dan pola Anda dengan bijak.

Desainer interior Eva Sonaike senang melibatkan seluruh anggota keluarga dalam pengambilan keputusan. Lagi pula, menata ruang tamu kecil seharusnya menyenangkan.

Ruang tamu adalah ruang komunal dan harus mencerminkan semua orang yang tinggal di rumah. Ini adalah ruangan tempat kita bersosialisasi, menghibur, dan bersantai sehingga desainnya harus fungsional, tetapi juga menyenangkan, ucap Sonaike.

Sonaike senang menggunakan pola dan warna. Misalnya, dia menggunakan bantal berpola tersebar di sofa di samping kursi sesekali dan pouf berlapis kain pilihan Anda.

Tema-tema ini kemudian dapat digaungkan dalam aksesori seperti ornamen dengan desain warna-warni, tutur dia.

5. Posisikan cermin untuk memantulkan cahaya

Cermin yang ditempatkan dengan baik akan mempercantik ruangan tanpa terlihat jelas. Bukan rahasia lagi bahwa cermin dapat digunakan untuk menciptakan ilusi ruang, tetapi berinvestasilah pada cermin yang tepat

Anna Franklin, desainer interior dan pendiri Stone House Collective menjelaskan, dalam hal fungsionalitas, cermin dapat digunakan untuk menyebarkan cahaya alami dan menciptakan ilusi ruang.

Jika Anda memiliki ruang tamu kecil, pertimbangkan untuk memasang cermin besar atau gaya bersandar pada dinding fokus.

Untuk memaksimalkan cahaya, posisikan cermin di area di mana cahaya alami bersinar untuk memantulkan cahaya ke area yang lebih redup, membuat keseluruhan ruangan terasa lebih cerah sepanjang hari, papar dia.

6. Tampilkan karya seni secara strategis

Cara karya seni ditampilkan dapat memiliki dampak yang benar-benar transformatif pada ruang tamu kecil. Menampilkan karya seni tidak hanya dapat menciptakan daya tarik visual.

Akan tetapi, jika dilakukan dengan benar, itu juga akan memicu pokok pembicaraan, dan seringkali merupakan sentuhan akhir yang dapat membantu menggabungkan keseluruhan skema desain.

Menampilkan objek dari jenis yang sama menciptakan pernyataan yang bermakna dan signifikan serta rasa pengulangan, tetapi objek tersebut tidak harus berupa karya seni yang tinggi.

Tindakan menata rak dan menyatukan objek di layar menggunakan skema warna yang kuat dapat menciptakan utas yang koheren dan dampak visual yang indah. Jangan takut untuk memasukkan banyak warna dan pola.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/20/120000276/6-ide-dekorasi-ruang-tamu-kecil-yang-nyaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke