Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Warna Karpet Ini Gampang Kotor dan Bikin Ruangan Tampak Kuno

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam hal pelapis lantai, karpet menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan kayu keras dan jenis lantai lainnya. Bagian bawah karpet lembut, meredam suara, memancarkan getaran hangat dan nyaman, dan harganya tidak semahal lantai kayu.

Saat Anda memutuskan untuk memasang karpet, Anda dihadapkan pada banyak pilihan warna. Namun, ada beberapa warna karpet yang dapat menyebabkan masalah.

Menghabiskan anggaran Anda untuk warna-warna karpet ini dapat menyebabkan Anda menyesali keputusan Anda di kemudian hari.

Misalnya, jika kekhawatiran Anda adalah menghindari perawatan yang tinggi, warna karpet tertentu akan menonjolkan noda dan bulu hewan peliharaan.

Tetapi jika Anda lebih khawatir tentang umur panjang, warna dan motif karpet tertentu mungkin membuat ruangan terasa kuno.

Dikutip dari House Digest, Jumat (16/6/2023), berikut beberapa warna karpet yang sebaiknya dihindari.

1. Karpet bermotif

Karpet bermotif menampilkan pola geometris dengan dua atau lebih warna kontras yang disandingkan satu sama lain. Karpet ini membuat pernyataan yang berani dan membantu mengubah ruangan biasa menjadi wilayah yang menyenangkan dan maksimal.

Namun, ada baiknya berpikir dua kali sebelum mengambil pendekatan ini. Ini mengunci Anda ke dalam desain yang terbatas.

Jadi, kecuali Anda bersedia mencurahkan waktu dan energi yang signifikan untuk mencari tahu furnitur apa yang cocok, Anda mungkin ingin memilih sesuatu yang tidak terlalu menuntut.


Itu sebabnya desainer interior Vickie Larue memperingatkan agar tidak menggunakan karpet bermotif. Sebagian besar desain motif warna sangat berani, jadi Anda harus mencocokkannya dengan furnitur Anda, kata Larue.

Warna karpet ini terkadang terlalu kuat, sehingga merusak pemandangan, terutama jika tidak seimbang dengan barang lain di ruangan, tutur dia.

Selain itu, imbuh Larue, karpet bermotif juga cepat ketinggalan zaman. Meskipun warnanya mungkin populer saat ini, warnanya mungkin terlihat tidak sesuai dalam beberapa tahun.

2. Warna trendi

Sangat menyenangkan mengikuti tren warna karena membuat Anda merasa terhubung dengan perubahan zaman dan memungkinkan Anda menjadi kreatif. Namun saat Anda memilih karpet baru, sebaiknya tahan keinginan untuk mengikuti mode.

Pemasangan karpet merupakan investasi yang besar untuk rumah, dan Anda tidak perlu mengulangi pengeluaran secara sering. Sebagian besar karpet dibuat untuk bertahan selama lima hingga 15 tahun, tergantung kualitas, bantalan, dan penggunaan.

Jadi sebelum Anda membeli karpet warna pink yang trendi, tanyakan pada diri Anda, apakah Anda akan benar-benar menyukai warna ini dalam lima tahun.

Ini mungkin menarik saat ini, tetapi tren berubah dengan cepat, ujar Brad Smith, desainer interior di Omni Home Ideas.

Menurut Smith, sebaiknya batasi warna yang lebih trendi untuk barang dekorasi yang mudah diganti, seperti bantal atau cat dinding.

3. Putih

Foto-foto cantik interior elegan dengan karpet putih menghiasi media sosial. Namun, dalam kehidupan nyata, Anda mungkin perlu berpikir dua kali sebelum memilih warna putih sebagai warna karpet, terutama di area dengan lalu lintas tinggi.

Meskipun karpet putih memancarkan keanggunan dan kemewahan, perawatannya sangat sulit.

Warna putih cenderung menunjukkan setiap titik kotoran, noda, atau perubahan warna, menjadikannya pilihan perawatan yang tinggi, ungkap Cam Dowski, investor real estat dan pendiri WeBuyHousesChicago.Co.

Artem Kropovinsky, desainer interior dan pendiri Arsight, juga menunjukkan bahwa warna putih tidak memberikan suasana yang nyaman.

Sementara warna putih dapat memberikan ruangan kesan segar dan lapang, mencocokkan elemen lain bisa menjadi tantangan tanpa membuat ruangan terasa dingin atau steril, sebut dia.

Jika hati Anda tertuju pada karpet putih, coba pasang di ruangan yang jarang dilalui. Anda bisa meletakkannya di ruang tamu, di mana anak-anak dan hewan peliharaan biasanya tidak bermain.

4. Warna pastel yang sangat muda

Serupa dengan karpet putih, pilihan dalam palet warna pastel pucat terlihat cantik saat karpet masih baru dan ditampilkan dalam foto. Namun dalam kehidupan nyata, warna pastel yang sangat muda tidak dapat bertahan dengan baik.

Sementara mereka menawarkan estetika yang segar dan bersih, warna-warna ini tidak memaafkan jika menyangkut noda atau keausan sehari-hari. Bahkan pemilik rumah yang paling teliti akan berjuang untuk membuatnya tampak murni, ucap Smith.

Selain akumulasi kotoran dan noda dari lalu lintas dan tumpahan, warna pastel kehilangan kualitas cerahnya saat terkena sinar matahari.

Karpet berwarna pastel, terutama di bawah sinar matahari kamar, cenderung memudar dari waktu ke waktu, kehilangan pesona dan semangatnya, tutur Kropovinsky.

Tetapi, desainer interior menyarankan Anda berpikir dua kali untuk memilih warna-warna cerah ini, kecuali jika Anda berencana untuk mempertahankan ruangan seperti apa adanya selama bertahun-tahun tanpa perubahan apa pun.

Meskipun warna ini mungkin tampak seperti pilihan yang menarik, mereka dapat dengan cepat memenuhi ruang dan membatasi pilihan Anda untuk perubahan dekorasi di masa mendatang, papar Smith.

Warna-warna cerah akan membuat Anda terikat pada bagian tertentu dari roda warna, yang berpotensi menghasilkan tampilan yang tidak teratur.

Jika Anda menyukai warna-warna berani dan ingin memasukkannya ke dalam desain interior ruang tamu, Anda dapat menggunakannya pada elemen selain karpet.

Memilih karpet warna netral dengan elemen dekorasi beraksen berani seringkali merupakan pilihan yang lebih ramah, terang Kropovinsky.

6. Warna yang sangat gelap

Jika Anda ingin menghindari seringnya menyedot debu dan membersihkan karpet, Anda mungkin mempertimbangkan untuk memasang karpet dengan warna gelap.

Noda dan kotoran tidak akan mudah terlihat. Namun, hasilnya akan menjadi kebalikan dari apa yang Anda harapkan.

Karpet warna gelap dapat membuat debu dan serat lebih terlihat, membutuhkan penyedotan debu secara teratur, jelas Kropovinsky.

Karpet hitam atau coklat tua akan berfungsi sebagai latar belakang yang kontras untuk menyoroti setiap puing yang dibawa oleh lalu lintas di rumah. Masalah bertambah jika Anda memiliki hewan peliharaan dengan bulu pucat.

Selain pemeliharaan yang lebih tinggi, karpet dengan warna yang sangat gelap dapat berdampak negatif pada keseluruhan suasana ruang hidup Anda.

Warna yang sangat gelap dapat membuat ruangan terasa lebih kecil dan kurang mengundang, yang mungkin tidak berfungsi di ruang yang sudah padat, papar Kropovinsky.

Sebaliknya, karpet dengan warna netral cenderung membuat ruangan terasa lebih terbuka dan nyaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/16/073100276/6-warna-karpet-ini-gampang-kotor-dan-bikin-ruangan-tampak-kuno

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke