Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Kesalahan Mendekorasi Ruangan dengan Gaya Skandinavia

Selain itu, memiliki efek menenangkan serta menawarkan 'pelarian' yang nyaman dari kesibukan sehari-hari.

Namun, ada beberapa kesalahan umum yang perlu dihindari saat mendekorasi ruangan dengan gaya Skandinavia.

Dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (14/6/2023), berikut empat kesalahan mendekorasi ruangan dengan gaya Skandinavia dan cara memperbaikinya.

"Menggunakan warna netral sambil menghindari suasana minimal atau mencolok adalah sebuah tindakan penyeimbangan yang rumit," kata Deborah Bass, Pendiri Bass Interior.

Charu Gandhi, pendiri dan Direktur Elicyon, menambahkan warna netral perlu dipasangkan dengan bahan lain untuk menjadi lebih hidup, seperti kayu dan marmer. 

"Saya juga suka memadukannya dengan karpet suede dan wol. Keramik, tanah liat, dan kaca berwarna sangat bagus untuk elemen dekoratif," katanya.

Contohnya, untuk ruangan putih, mulailah mengkontraskan warna-warna terang dan gelap, lalu tambahkan warna kontras yang lebih cerah, seperti blush pink, hijau, atau greyish blue pada karya seni untuk menyesuaikan dengan palet menenangkan.

Hanya menggunakan bahan kayu

Meski desain Skandinavia menggabungkan banyak bahan alami dalam desainnya dan mengutamakan kualitas daripada kuantitas, tidak menutup kemungkinan terjadi penggunaan kayu yang berlebihan. 

Pertimbangkan menggunakan sentuhan akhir lain, seperti logam dan batu, seperti marmer, dalam desain rumah.

Hal ini untuk memecah efek kayu dan menciptakan daya tarik visual dengan tetap mempertahankan daya tarik desain Skandinavia yang ramping.

Meski gaya Skandinavia berakar pada warna-warna netral dan fungsionalitas, bukan berarti Anda harus memiliki ruang yang nyaris kosong. 

Untuk menghindari ruang yang terkesan dingin, gunakan barang-barang dekoratif yang ringan, tapi fungsional, seperti lilin, bantal-bantal bertekstur lembut, buku-buku, atau karpet dengan warna lebih hangat.

Tidak merangkul unsur alam

Orang Skandinavia memiliki apresiasi unik terhadap alam. Penting menambahkan beberapa tanaman ke dalam ruangan serta menggunakan bahan-bahan alami, seperti kayu, linen, mohair, dan rami.

"Saya berpikir tentang betapa menenangkannya hal itu untuk jiwa hanya dengan melihat tanaman hijau. Apakah itu di luar ruangan atau di dalam ruangan," ucap Desainer Maria Speake dari Retroivius Reclamation & Design.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/06/14/105200776/4-kesalahan-mendekorasi-ruangan-dengan-gaya-skandinavia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke